Manfaat Belajar Menggambar Bagi Perkembangan Anak

Manfaat Belajar Menggambar Bagi Perkembangan Anak-Menggambar adalah suatu aktivitas yang sangat menyenangkan. Ingatkah Anda sewaktu kecil pernah mencorat-coret tembok? Wahh kalau saya, sewaktu masih kecil kata orang tua saya sering sekali corat-coret tembok, tembok pada kotor karena saya corat-coret menggunakan Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak atau pulpen. Itulah “masterpiece” awal saya hehhe, sayangya tidak ada dokumentasinya.

Manfaat Belajar Menggambar Bagi Perkembangan Anak


Ternyata banyak manfaat belajar mengganbar bagi anak kita, mungkin selama ini kita menganggap bahwa menggambar hanya suatu kebiasaan selingan bagi anak di samping belajar yang lain. Tentu ingat jika anak-anak di waktu kecil biasanya mereka akan tertarik dengan atau crayon dan peralatan menulis lainnya bahkan dengan senyuman penuh kegembiraan mereka memakai alat-alat tersebut untuk mencoret-coret dinding rumah,terkadang kita sebagai orang tua sering melakukan suatu kesalahan pada anak dengan memarahi atau melarang anak untuk melakukan hal itu.

Nah ketika seorang anak belajar menggambar, maka akan ada banyak hal yang membuat perkembangan si anak menjadi lebih baik. Prosesnya, Membuat Anak Menyukai Baca Tulis Sejak Usia Dini mencakup perkembangan pada aspek visual, pengetahuan, mental, motorik dan komunikasi. Manfaat belajar menggambar bagi anak sangat banyak sekali jika Parents telah mengetahui manfaatnya. Mungkin mulai sekarang kita bisa memberikan media Staedtler Pensil yang tepat bagi anak kita atau kita mencari solusi agar saat anak mencoret-coret dinding tidak menyebabkan dinding kotor. Biar anak-anak bisa bebas mencoret-coret Staedtler Pensil dinding maka kita sediakan dinding khusus untuk di coret-coret dan hendaknya dinding itu kita lapisi whiteboard besar sehingga anak akan merasa puas melihat hasil karyanya Staedtler Pensil dan lebih semangat berkarya karena tidak ada yang melarang atau memarahinya sehingga kreatifitas anak kitapun akan berkembang dengan pesat.

Proses tersebut secara lebih jauh dapat dibagi menjadi  5 aspek besar, yaitu:
  1. Aspek Visual. Aspek visual yang berkembang meliputi kemampuan merekam, kemampuan Melatih Emosi Anak Dengan Gambar membedakan bentuk, jarak dan proporsi, serta kepekaan terhadap warna. Anak kecil sangat menyukai gambar bentuk dan juga warna, biarkanlah mereka mengeksplore gambar apa saja dengan berbagai warna.
  2. Aspek pengetahuan. Aspek pengetahuan adalah tentang kreativitas Staedtler Pensil dan teknik-teknik menggambar, misalnya mulai diberitahu tentang gambar kotak, lingkaran, garis dan gabungan dari ketiga hal tersebut bisa membentuk objek, misalnya gambar kucing. Anak kecil senang sekali ketika diajarkan dengan penuh kesabaran.
  3. Aspek mental. Aspek mental adalah kemampuan mengelola berbagai perasaan dan keinginan yang ada dalam dirinya untuk mencapai tujuan tertentu. Aspek mental yang turut berkembang melalui belajar menggambar meliputi peningkatan konsentrasi, kesabaran, daya tahan.
  4. Aspek motorik. Aspek motorik mencakup segala hal yang berkaitan dengan pergerakan si anak, yaitu mengenai koordinasi gerak kecepatan, kelenturan, dan kekuatan si anak. Seiring dengan berjalannya waktu, semuanya akan berkembang semakin baik.
  5. Aspek komunikasi. Menggambar adalah salah satu bentuk komunikasi karena melalui gambar anak dapat berekspresi dengan bebas, menuangkan segala imajinasinya yang tak terbatas oleh kata-kata. Kita sebagai orang tua pun dapat melatih mereka agar berkomunikasi juga secara verbal dengan meminta si anak menjelaskan apa yang digambarnya. Sangat menyenangkan bukan?
Saat anak kita pertama kali memegang alat tulis maka akan timbul kesadaran pada dirinya bahwa ia mampu membentuk sesuatu, nah tugas kita adalah memberi dukungan positif pada anak sehingga anak akan menangkap bahwa hal tersebut adalah hal yang positif untuk di lakukan, jika Parents melakukan sebaliknya memarahinya maka akan membuat anak kita tidak berkembang dan ia menganggap hal tersebut sebagai tindakan negatif akhirnya ia tidak suka menggambar Staedtler Pensil lagi. Kemampuan anak untuk menggambarkan suatu objek atau sebagainya di kemudian hari menjadi bekalnya untuk lebih mudah dalam belajar menulis, ekspresi dan apresiasi terhadap lingkungan dan kemampuan visualisasi sangat baik untuk perkembangan kecerdasan yang lebih tinggi. Dengan menggambar bisa meningkatkan daya fikir kreatif anak.

Dengan kita membiarkan anak kita berkreasi dalam menggambar maka akan menumbuhkan rasa percaya diri anak sehingga ia merasa mempunyai harga diri dan kebebasan dalam berekspresi dan berkarya Manfaat Belajar Menggambar Bagi Perkembangan Anak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon