Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia ini merupakan langkah awal bagi anda yang mungkin ingin belajar dan memcari informasi seputar pertanian di Indonesia. Karena Situs Jokowarino.com merupakan penyedia informasi mengenai pertanian yang bisa anda manfaatkan untuk potensi pertanian di tempat anda masing-masing. Karena menggingat Indonesia merupakan Negara Agraris yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencahariaan di bidang pertanian atau bercocok tanam dan pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditi ekspor, antara lain padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, cabai, ubi, dan singkong. Di samping itu, Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya, antara lain karet (bahan baku ban), kelapa sawit (bahan baku minyak goreng), tembakau (bahan baku obat dan rokok), kapas (bahan baku tekstil), kopi (bahan minuman), dan tebu (bahan baku gula pasir).

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia-Seperti yang saya kutip pada situs (Wikipedia) bahwa pengertian pertanian itu adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Pertanian dalam pengertian yang luas mencakup semua kegiatan yang melibatkan pemanfaatan makhluk hidup (termasuk tanaman, hewan, dan mikrobia) untuk kepentingan manusia. Dalam arti sempit, pertanian diartikan sebagai kegiatan pembudidayaan tanaman.

Untuk misi pertanian Indonesia sendiri adalah menjadi pertanian tangguh dan modern berbasis pada pengelolaan sumberdaya alam dan genetik secara berkelanjutan yang menjamin ketahanan, keamanan dan mutu pangan, penyediaan bahan baku industri dan kesejahteraan petani, serta berdaya saing global. Untuk mencapai visi tersebut pastilah membutuhkan strategi yang harus banyak didikung oleh beberapa pihak yang berkompeten dibidangnya, meliputi :

  1. Pengembangan Sumberdaya Manusia
  2. Penyempurnaan Kelembagaan Petani dan Pertanian
  3. Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi.
  4. Peningkatan Nilai Tambah Produk Pertanian
  5. Usaha untuk Kemandirian Pangan
  6. Pengelolaan Lingkungan Hidup yang Produktif dan Lestari
  7. Penyempurnaan Sistem Pemasaran Produk Pertanian
  8. Kebijakan Makro yang Mendukung Pertanian

Jadi untuk menghadapi tantangan dan pola pertanian di masa mendatang dengan adanya Pertanian Teknologi Tinggi tidak akan bisa bertahan hanya dengan pola seperti pertanian saat ini (Konvesional). Untuk menjawab tantangan yang dihadapi dimasa mendatang, alangkah baiknya kita harus banyak referensi dan Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia  adalah salah satu Jawabanya.

Baca Juga artikel lainya :


Mengenal Jokowarino.com ?



Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Jokowarino.com adalah Situs penyedia pembelajaran online yang membahas tentang seputar tutorial pertanian, tips pertanian, dan trik pertanian di indonesia yang  gratis di akses oleh siapa saja. Bisa dikatakan bahwa ini sangatlah berguna terutama untuk anda seorang Petani Indonesia.  

Pengetahuan akan bidang pertanian mungkin tidak semua orang memilikinya. Maka dari itu jika anda benar-benar ingin belajar silahkan anda membaca Tutorial Pertanian yang sudah disediakan  di situs tersebut. Tidak menutup kemungkinan anda akan lebih banyak pengetahuan dan referensi dalam aspek pertanian. Selain situsnya bisa diakses melalui website, jokowarino.com atau Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia juga bisa diakses melalu gadged maupun smartphone milik anda.

Apakah Perlu Membaca Di Jokowarino.com ?


Sebenarnya mudah saja, semua itu tergantung dari kemauan anda masing-masing, terkait mencari ilmu dalam hal pengetahuan pertanian yang sudah dibagi secara gratis ini kenapa tidak kita mempelajarinya, terlebih bagi anda seorang petani. Siapa tahu berguna bagi anda di tahun yang akan datang.  Penyebab perkembangan pembangunan pertanian di Indonesia ini tidak lain adalah karena masyaraktnya yang miskin harta dan miskin ilmu pengetahuan. Penduduk yang relatif memiliki kemiskinan ilmu pengetahuan kurang peduli dan memiliki kesadaran yang rendah akan  arti lingkungan yang sehat dan bersih. Untuk itu pengetahuan sangatlah penting bagi kelangsungan hidup manusia. Maka Jokowarino.com adalah salah satu tempat bacaan online yang memberikan banyak manfaat untuk anda.

Jika anda seorang petani di Indonesia, Jokowarino.com sangat cocok untuk memulai metode pembelajaran pertanian dengan tujuan yang tidak lain adalah ingin memiliki kualitas dan hasil panen yang mampu bersaing. Karena sejumlah Tips Pertanian bisa anda temukan dan bisa dipelajari sesuai dengan muatan-muatan yang ada dalam situs tersebut.

Informasi Apa Saja Yang Bisa Kita Dapat ?


Tidak banyak situs ataupun website yang memberikan informasi mengenai pertanian di indonesia ini. Maka dari informasi yang diberikan pada situs ini bisa anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain membahas tentang ilmu pertanian, Jokowarino.com juga memberikan beberapa fungsi dan manfaat tumbuhan-tumbuhan, membahas tentang dunia perikanan dan peternakan, dan lainya yang mungkin akan membuat anda jauh lebih mempunyai refersensi dalam menjalankan usaha ataupun menjadikan usaha anda lebih maju dari tahun sebelumnya. Sejumlah Trik Pertanian yang di berikan juga akan menambah nilai dan potensi usaha ataupun mata pencaharian anda dalam bidang pertanian.

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Karena melihat kondisi dan masalah dalam pertanian tanaman pangan saat ini sudah tidak lagi bersahabat dengan petani. Kondisi yang sangat memprihatinkan tersebut antara lain adalah:

  1. Lahan untuk pertanian tanaman pangan terus menyempit.
  2. Produktivitas lahan yang rendah dan mengalami levelling off.
  3. Lemahnya sumberdaya manusia dalam bidang pertanian, kelembagaan petani dan kelembagaan penyuluhan
  4. Sistem agribisnis yang belum berfungsi dengan baik karena tidak terintegrasinya sistem agribisnis hulu-hilir, rantai tata niaga yang panjang dan sistem pemasaran yang belum adil, dan keterbatasan akses terhadap layanan usaha, terutama permodalan.
  5. Kebijakan makro seperti halnya fiskal, peraturan ekspor dan impor, perpajakan, kebijakan industri dan perdagangan, sering kali kurang memihak sektor pertanian.
  6. Konsumsi beras per kapita tinggi (127 kg/kapita/tahun) dan usaha diversifikasi beras masih belum berhasil.
  7. Jaminan penyediaan pangan dari produksi dalam negeri menurun.
  8. Ada masalah lingkungan karena aktivitas pertanian yang tidak ramah lingkungan, seperti pencemaran tanah dan air oleh pestisida dan pupuk anorganik yang digunakan secara berlebihan, emisi gas methan dari sawah dan pembakaran lahan, erosi yang parah pada lahan pertanian terutama daerah aliran sungai (DAS) curam akibat pengelolaan yang tidak tepat.

Jadi demikianlah artikel review kontes seo dan informasi yang bisa saya berikan tentang Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia. Semoga bisa dijadikan tempat referensi dalam mencari informasi mengenai pertanian yang ada di Indonesia. Saya ucapkan terima kasih sudah bersedia berkunjung dan membaca artikel ini.

Update : Karena pada situs Jokowarino.com megalami masalah dan data-data yang terdapat pada situs tidak bisa dikembalikan, maka situs Jokowarino.com mempunyai tampilan baru dan alamat baru yaitu Jokowarino.id. Bagi peserta yang sudah mengikuti kontes Seo dengan kata kunci "Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia" tidak perlu merubah kata kunci tersebut namun hanya merubah anchor text dengan Backlink Jokowarino.id. Terima kasih

Wibi Alwi Surya Kuncoro, biasa di panggil Wibi, Hoby saya adalah menjelajahi internet, main game, Dengerin Musik, menulis, Travelling, Adventure, mencari ilmu pengetahuan dan semua yang berkaitan dengan Komputer dan Internet serta perkembangan jaman dan pengetahuan. Salam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
10 September 2015 18.36 delete

Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

Reply
avatar

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon