Daftar Lengkap Wisata Di Nusa Tenggara Barat

Daftar Lengkap Wisata Di Nusa Tenggara Barat-Tidak banyak orang mengetahui tentang sejarah umum Nusa Tenggara Barat. Provinsi yang beribukotakan Mataram ini pada abad ke-19 sudah ditandai dengan adanya transisi flora dan fauna. Sebut saja Alfred Russell Wallace, Garis ini berperan sebagai batas Barat Nusa Tenggara Barat yang meliputi Pulau Lombok dan Sumbawa.

Nusa Tenggara Barat terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, memiliki luas wilayah 20.153,15 km2. Terletak antara 115° 46' - 119° 5' Bujur Timur dan 8° 10' - 9 °g 5' Lintang Selatan. Selong merupakan kota yang mempunyai ketinggian paling tinggi, yaitu 148 m dari permukaan laut, sementara Raba terendah dengan 13 m dari permukaan laut. Dari tujuh gunung yang ada di Pulau Lombok, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi dengan ketinggian 3.775 m, sedangkan Gunung Tambora merupakan gunung tertinggi di Sumbawa dengan ketinggian 2.851 m.

Daftar Lengkap Wisata Di Nusa Tenggara Barat
Peta Nusa Tenggara Barat
Di bagian Utara Nusa Tenggara Barat wilayahnya  bergunung-gunung dan dipenuhi oleh pepohonan tinggi yang lebat dan semak-semak. Sedangkan di bagian selatan, wilayahnya gersang dan dipenuhi oleh padang rumput. Nusa Tenggara Barat tidak memiliki hewan mamalia Asia, tapi memiliki hewan berkantung, kadal, burung kakatua dan nuri. Perbedaan tersebut menjadi lebih nyata di bagian lebih Timur, dimana musim kemaraunya lebih panjang, sagu dan jagung menjadi makanan pokok masyarakat Nusa Tenggara Barat dan bukan beras.

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki 2 pulau besar yaitu Pulau Sumbawa dan juga Pulau Lombok. Memang jika dibandingkan, kedua pulau ini memiliki perbedaan tempat wisata dan banyak orang yang cenderung lebih tertarik untuk datang ke pulau Lombok karena memang keindahan alam yang ditawarkan sangat mempesona. Namun meskipun demikian, bukan berarti di pulau Sumbawa tidak memiliki tempat wisata yang menarik karena pada dasarnya semua tempat wisata di Nusa Tenggara Barat sangatlah menarik untuk dikunjungi.

Pesona Objek Wisata Pantai di Lombok memang tak ada habisnya. Beragam tempat wisata dan atraksi budayanya yang dapat dinikmati. Wisatawan tinggal pilih, mau berwisata sejarah, berwisata pantai atau pun berwisata belanja. Nah berikut Daftar Wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat :

Daftar Wisata Di Nusa Tenggara Barat
  1. Pulau Lombok
  2. Taman Nasional Gunung Rinjani
  3. Gili-gili
  4. Pulau Moyo
  5. Pantai Senggigi
  6. Pantai Maluk
  7. Pantai Kuta Lombok
  8. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air
  9. Cakranegara
  10. Senaru
  11. Tetebatu
  12. Air Terjun Sendang Gile Desa Senaru
  13. Air Terjun Tiu Kelep
  14. Nanga Doro
  15. Air Terjun Benang Stokel
  16. Air Terjun Benang Kelambu
  17. Gili Bidara
  18. GIli Lawang
  19. Gili Lampu
  20. Pantai Sorga
  21. Pantai Selong Blanak
  22. Pantai Grupuk
  23. Pantai Mawi
  24. Gili Nangu
  25. Gili Sudak
  26. Gili Tangkong
  27. Hutan Monyet Pusuk
  28. Taman Narmada
  29. Taman Mayura
  30. Pura Suranadi
  31. Pura Lingsar
  32. Pura Batu Bolong
  33. Pura dan Gunung Pengsong
  34. Desa Sukarare
  35. Desa Sade dan Rambitan
  36. Tanjung Ringgit
  37. Pantai Mangsit
  38. Pantai Malimbu
  39. Tanjung Sire
  40. Dalam Loka (The Old Palace)
  41. Bala Kuning (The Yellow House)
  42. Pantai Saliper Ate
  43. Pantai Batu Kuping
  44. Pantai Tanjung Menangis
  45. Pantai Tanjung Pasir
  46. Pantai Ai Manis
  47. Istana Wisma Praja
  48. Dsn Wisata Pamulung
  49. Pantai Gua/Tanjung Pengamas
  50. Pulau Depi
  51. Pantai Maci
  52. Danau Telaga Lompa
  53. Pantai Sili
  54. Pulau Dangar
  55. Air Terjun Ai Putih
  56. Bendungan Batu Bulan
  57. Air Terjun Teba Murin
  58. Air Terjun Tiu Pasai
  59. Pulau Ngali
  60. Pantai Sekokat
  61. Sumber Air Panas Ai Panas
  62. Situs Ai Renung
  63. Gili Bedil dan Gili Keramat
  64. Pulau Satonda
  65. Gunung Tambora
  66. Pantai Lakey
  67. Pulau Gili Banta
  68. Pulau Ular
Dan Masih Banyak lagi yang belum bisa saya sebutkan. Sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia bagian timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat sangat kaya dengan berbagai obyek wisata baik berupa panorama alam maupun bangunan-bangunan peninggalan sejarah seperti Bala Kuning (The Yellow House) dan hasil kerajinan.

Makanan khas dari Nusa Tenggara Barat diantara adalah Ayam Taliwang yang berbahan dasar ayam dan disajikan bersama bumbu-bumbunya berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam. Biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya seperti Plecing kangkung. kelezatan menu yang satu ini terletak pada resepnya ng kuat dan sangat khas masakan lombok.

Selain itu ada Anda juga patut mencoba Salah satu makanan khas Sasak di Pulau Lombok yang begitu special bagi pemburu makanan kuliner adalah sate bulayak. Sate Bulayak di Lombok sebenarnya tak jauh beda dengan sate lain pada umumnya. Namun yang menjadikan sate bulayak berbeda dengan sate lainnya karena kekhasan bumbunya yang menggoda dan mengeluarkan bau sedap yang mengundang selera makan yang tinggi. Sate berbahan daging atau jeroan sapi itu dilumuri dengan bumbu khas Lombok. Pada saat makan sate khas ini biasanya diikuti oleh makanan khas lainnya menyerupai lontong yang agak bulat memanjang dikuliti daun kelapa agtau daun enau (nira) muda menjadikan rasanyapun semakin nikmat.

Lontong dimaksud oleh masyarakat Sasak dinamakan Bulayak. Jadi, bulayak sebenarnya sejenis lontong dari bahan beras yang dibungkus dengan daun enau muda dan berbentuk seperti lontong, tapi agak lebih  panjang. Sementara bahan baku sate bulayak selain daging juga bisa jeroan sapi. Ada juga Bingka Dolu Gula Merah yang begitu mengoda.

Daftar Lengkap Wisata Di Nusa Tenggara Barat di atas adalah tempat wisata yang sudah terkenal dan banyak di kunjungi. sekian tentang Wisata di Nusa Tenggara Barat, semoga dapat menjadikan salah satu buruan baru bagi Anda yang hendak menghabiskan akhir pekan ataupun Libur panjang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon