Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Selatan

Wibi Alwi Surya Kuncoro 14.25.00
Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Selatan-Dari beberapa tempat wisata yang ada di Indonesia yang sudah saya share seperti Daftar Wisata yang ada di Bali, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Provinsi Sulawesi juga banyak menyimpan potensi-potensi wisata yang unik, menarik dan beragam, seperti yang ada di Sulawesi Selatan yang beribu kota di Makassar ini merupakan bagian syah dari kesultanan Republik Indonesia. Provinsi Sulawesi Selatan terletak di 0°12' - 8° Lintang Selatan dan 116°48' - 122°36' Bujur Timur. Luas wilayahnya 45.764,53 km². Provinsi ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat dan Laut Flores di selatan.

Daftar Wisata Di Sulawesi Selatan
Peta Sulawesi Selatan
Luas dari wilayah Makassar sekitar 175,77 km persegi dengan jumplah penduduk sekitar 1,4 juta jiwa. Kota Makassar juga terkenal dengan angkutan tradisionalnya yaitu becak. Dengan popularitas jumplah yang mencapai 1.500 unit. Pemerintah setempat memberlakukan becak sebagai sarana pendukung pariwisata dan memang khusus beroperasi di sekitar kawasan wisata. Tarif naik becak tergantung dari kesepakatan Anda dengan pengayuh, jadi Anda dapat negosiasi terlebih dahulu sebelum pengayuh mengantarkan Anda untuk berkeliling menggunakan becak. 

Kota Makassar merupakan salah satu kota besar di Indonesia dari segi aspek pembangunan. Mayoritas penduduk kota Makassar adalah suku Makassar, Bugis, Toraja, Buton, Mandar, Jawa, dan Tionghoa.

Salah satu kebiasaan yang cukup dikenal di Sulawesi Selatan adalah Mappalili. Mappalili (Bugis) atau Appalili (Makassar) berasal dari kata palili yang memiliki makna untuk menjaga tanaman padi dari sesuatu yang akan mengganggu atau menghancurkannya. Mappalili atau Appalili adalah ritual turun-temurun yang dipegang oleh masyarakat Sulawesi Selatan, masyarakat dari Kabupaten Pangkep terutama Mappalili adalah bagian dari budaya yang sudah diselenggarakan sejak beberapa tahun lalu. Mappalili adalah tanda untuk mulai menanam padi. Tujuannya adalah untuk daerah kosong yang akan ditanam, disalipuri (Bugis) atau dilebbu (Makassar) atau disimpan dari gangguan yang biasanya mengurangi produksi.

Selain kota dengan sejuta kuliner, kota Makassar juga bisa memanjakan Anda dengan ragam wisata yang unik dan menarik. Berikut Daftar Wisata di Sulawesi Selatan :

Wisata Yang Populer Di Makassar
  1. Pantai Losari
  2. Fort Rotterdam
  3. Pantai Akarena
  4. Pulau Laelae
  5. Pulau Khayangan
  6. Pulau Samalona
  7. Benteng Sombaopu
  8. Pantai Barombong
  9. Makam Raja-Raja Tallo
  10. Makam Sjekh Jusuf (Gowa)
  11. Pelabuhan Paotere
  12. Taman Makam Pahlawan
  13. Trans Studio (Indoor Theme Park terbesar di dunia)
  14. Bantimurung, (Kabupaten Maros)
  15. Malino, (Kabupaten Gowa) Desa wisata Delta Lakkang
Objek wisata di kabupaten Gowa
  1. Kawasan Dataran Tinggi Malino
  2. Air Terjun Malino
  3. Kawasan Bendungan Bili-bili
Objek Wisata di Kabupaten Bulukumba
  1. Pantai Tanjung Bira : Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang jernih dan halus layaknya tepung. Pulau ini lokasinya di Kec. Bonto Bahari sekitar 46 Km jika dari Kota Bulukumba.
  2. Tana Beru Tempat Pembuatan
  3. Perahu Phinisi : Berlokasi di Pesisir pantai pada kelurahan Tana Beru yang jaraknya sekitar 25 Km kalau dari Kota Bulukumba. Tana Beru sudah dikenal sebagai sebuah tempat untuk pembuatan perahu atau sebuah kapal tradisional Phinisi.
  4. Kawasan Adat Ammatoa : Keindahan alam yang berwujud kelestarian kawasan hutan adalah ciri khas dari sebuah daerah adat ini, dan budaya dari masyarakat dengan hidup yang akan jauh dari sebuah hidup modern. Tempat ini lokasinya di Desa Tana Toa kec. Kajang yang jaraknya kurang lebih sekitar 56 Km jikalau Anda dari Kota Bulukumba, dengan memiliki fasilitas diantaranya tempat penerimaan tamu.
Objek Wisata di Kabupaten Maros
  1. Air Terjun Bantimurung : Kawasan ini lokasinya berada di Lembah Bukit Kapur atau Karst yang sangat curam dengan mempunyai vegetasi tropis yang subur, selain mempunyai air terjun yang sangat spektakuler juga menjadi sebuah habitat yang begitu ideal bagi berbagai macam spesies dan kupu-kupu, disini juga terdapat sebuah gua yang namanya gua mimpi dengan memiliki stalaktif dan stalaktimitnya yang sungguh menakjubkan sehingga jikalau Anda sedang berada di gua tersebut akan serasa seperti dalam sebuah mimpi.
  2. Salukang Karang : merupakan sebuah gua yang terbesar yang memiliki panjang kurang lebih sekitar 12 Km sayangnya tidak semua wisatawan akan diperbolehkan untuk masuk ke gua ini. Tempat ini juga disebut dengan nama Taman Prasejarah Leang-Leang dan lokasinya berada pada deretan bukit kapur yang begitu curam.
  3. Gua Pattunuang : objek wisata ini mempunyai kekayaan akan stalaktif dan stalakmit yang sangat menakjubkan dan juga panorama alam yang ada disekitarnya sangat cantik dan indah.
  4. Leang Panninge : adalah sebuah gua yang memiliki stalaktif dan stalakmit yang juga dapat memberikan sebuah kenyamanan tersendiri karena gua ini memiliki diameter yang lapang.
  5. Cagar Alam Karaenta : Tempat wisata lain yang lokasinya juga di Desa Samangki adalah Cagar Alam Karaenta yang juga merupakan sebuah kawasan dari hutan lindung. Salah satu daya tarik dari kawasan ini yaitu karena mempunyai gua yang dengan panjang kurang lebih sekitar 2.200 meter dan merupakan sebuah habitat alam yang ideal untuk kera dengan jenis Macaca Maura yang sudah tergolong langka.
Daftar Objek Wisata di Kabupaten Pangkajene Kepulauan
  1. Pulau Kapoposan : Pulau ini adalah salah satu dari sebuah gugusan kepulauan spermode, Pulau ini mempunyai gugusan terumbu karang yang sangat padat dan indah. Untuk dapat menikmati pemandangan dari alam bawah lautnya Anda dapat melakukan diving. Pulau ini lokasinya di Desa Mattiroujung Kecamatan Luikang Tupabiring.
  2. Kawasan Karst : Merupakan sebuah Kawasan yang terletak disepanjang perjalanan menuju ke Kab. Maros dan Peng Kep. Karst berbentuk sebuah gunung batu kapur dengan berbagai macam bentuk dan model.
  3. Waterboom : Adalah Kawasan daerah yang terletak kurang lebihnya adalah sekitar 4 Km jika Anda dari arah Kota Pangkep. Letaknya tepat berada di bawah kaki bukit karst Mattampa.
Objek Wisata di Pare-pare
  1. Pantai Lumpue
  2. Objek Wisata Gua Tompangnge juga sudah biasa disebut dengan nama gua kelelawar
  3. Water Boom Pare Pare
  4. Sumur Jodoh
  5. Kawasan Hutan Jompie
Objek Wisata di Kabupaten Barru
  1. Taman Laut Mallusetasi : Lokasinya di Kelurahan Bojo Baru.
  2. Pantai Labuangnge : Lokasinya di Kelurahan Bojo Baru.
  3. Pantai Lapakak : Lokasinya di Kelurahan Bojo Baru.
  4. Air Terjun Wae Saie : Lokasinya di Kelurahan Lompo Riaja.
  5. Sumber Air Panas Kalompie : Lokasinya di Desa Galung Kecamatan Barru.
Objek Wisata di Kabupaten Luwu
  1. Pantai Lalombo : adalah sebuah objek wisata yang berada di Kabupaten Luwu. Pantai ini jaraknya sekitar 3 Km jika Anda dari Pusat Kota Palopo, kawasan wisata ini mempunyai hamparan pasir putih yang indah dan daya tarik tersendiri yang mempesona. Pada kawasan ini juga terdapat berbagai fasilitas olahraga pantai seperti halnya lapangan volly pantai, area untuk memancing dan juga menyelam.
  2. Pantai Bone Pute : Lokasinya di Kecamatan Larompong.
  3. Gua Liang Andulan : Lokasinya di Desa Siteba Kecamatan Lamasi.
  4. Wisata Alam Latuppa : Lokasinya di Kecamatan Wara.
Objek Wisata di Kabupaten Pinrang
  1. Pulau Kamarrang : Lokasinya di Kelurahan Ujung Labuang.
  2. Pantai Kappe : Lokasinya di Desa Data,Kecamatan Duampanua.
  3. Pantai Wae Tuwo : Lokasinya di Desa Wae Tuwo.
  4. Air Terjun Karawa : Lokasinya di Kelurahan Betteng.
  5. Air Terjun Kalijodoh : Lokasinya di Kelurahan Betteng.
  6. Pemandian Air Panas Sulili : Lokasinya di Kelurahan Maminasse.
  7. Pemandian Air Panas Lemosusu : Lokasinya di Kelurahan Maminasse.
Objek Wisata di Kabupaten Soppeng
  1. Panorama Alam Kelelawar : Sejak Dahulu burung kalong memang sudah menghuni Pusat Kota Watansoppeng dan uniknya lagi kalau mereka hanya ingin berdiam diri dan bergantungan pada pepohonan yang lokasinya berada di jantung kota.
  2. Gua Coddang Citta : Gua ini lokasinya berada di Desa Citta Kecamatan Liliraja yang jaraknya sekitar 36 Km menuju arah sebelah timur dari Kota Watansoppeng. Merupakan wujud dari salah satu fenomena alam yang terbentuk pada kawasan batu gamping karst sekitar jutaan tahun lalu.
  3. Pemandian Alam Lejja : Lokasinya di Desa Bulu Kec. Marioriawa yang jaraknya sekitar 45 Km jika Anda dari Kota Watansoppeng.
  4. Pemandian Alam Ompo : Sebuah tempat wisata pemandian yang terletak di Kelurahan Ompo Kec. Labata yang berjarak sekitar 4 Km menuju arah sebelah utara jika dari Kota Watansoppeng.
Objek Wisata di Kabupaten Sinjai
  1. Pulau Burungloe
  2. Pulau Liang liang
  3. Pulau Kambuno
  4. Pulau Kodingare
  5. Pulau Batanglampe
  6. Pulau Katingdoang
  7. Pulau Katanalo 1
  8. Pulau Katanalo2
  9. Pulau Larearea.
Objek Wisata di Kabupaten Enrekang
  1. Buttu Kabobong (Bambapuang) yang lokasinya berada di Bambapuang kec. Anggeraja yang berjarak kurang lebih sekitar 17 Km dari Kota Enrekang.
Objek Wisata di Kabupaten Bone
  1. Pantai Tanjung Palette : Lokasinya berada di Desa Palette Kec. Tanete Riattang yang jaraknya kurang lebih sekitar 33 Km menuju ke arah selatan Kota Bone.
  2. Gua Mampu : Lokasinya berada di Desa Labbeng.
  3. Gua Cempalagi : Lokasinya berada di Desa Mallari.
  4. Pantai Ancue.
Objek Wisata di Kabupaten TanaToraja
  1. Ke'te Kesu : Lokasinya berjarak sekitar 5 Km jika Anda dari tetangga Rantepao. obyek wisata ini sangat mempesona dan berada di desa ini yang berupa tongkonan, lumbung padi serta bangunan megalit yang berada di sekitarnya. Kawasan perkampungan ini juga sudah terkenal akan seni ukirannya dan juga merupakan sebuah tempat yang menarik untuk Anda yang ingin berbelanja cenderamata.
  2. Londa : Merupakan sebuah tebing yang curam, di tebing tersebut terdapat banyak sekali lubang mayat (Liang).
  3. Pallawa : Lokasinya berada sekitar 12 Km menuju ke Utara dari Rantepao, Tongkonan atau sebuah Rumah Tradisional Pallawa merupakan salah satu tongkonan yang juga menarik, dan letaknya diantara pohon-pohon bambu yang berada di puncak bukit.
  4. Batu Tumonga : merupakan sebuah kawasan pegunungan yang indah dan letaknya berada sekitar 1300 m diatas permukaan laut. Para kawasan ini Anda bisa menemukan kurang lebihnya ya sekitar 56 batu menhir yang berada dalam 1 lingkaran dengan sekitar 4 pohon pada bagian tengah, kebanyakan batu menhir ini berketinggian antara 2-3 m.
  5. Lemo : Pada pemakaman Lemo ini Anda bisa melihat indahnya hamparan persawahan dan sebuah kuburan tebing (Liang) dengan bentuk makamnya yang sederhana seperti sebuah rumah kecil yang permanen atau Patane.
  6. Borik : tempat ini merupakan sebuah lapangan pesta untuk para bangsawan yang ada di Tana Toraja dan pada tengah-tengah lapangan ini terdapat banyak berbagai batu menhir yang tingginya kurang lebih sekitar 3-7 m dan besar lingkarannya kurang lebihnya sekitar 2-5 m.
Objek Wisata di Kabupaten Takalar
  1. Pulau Sanrobengi.
  2. Pulau Lihukan : Lokasnya berada di kawasan Pantai Bira.
  3. Pulau Selayar : Lokasnya berada di arah tenggara dari daratan semenanjung Sulawesi Selatan.
  4. Benteng Bontobangun.
Objek Wisata di Kabupaten Jeneponto
  1. Pulau Harapan : Lokasnya berada di Desa Mallasoro di arah sebelah barat Kabupaten Jeneponto.
  2. Air Terjun Boro : Lokasnya berada di Kecamatan Kelara,
  3. Pantai Birtaria Kassi : Lokasnya berada di Kecamatan Tamalatea.
Objek Wisata di Kabupaten Banteng
  1. Pantai Marina Korong Batu : Salah satu wisata pantai ini Lokasnya berada di Desa Baruga kec. Pa'jukukang yang berjarak sekitar 19 Km jika Anda dari Kota Bantaeng.
  2. Air Terjun Bissapu : Jika Anda ingin melakukan perjalanan untuk menuju air terjun ini alangkah baiknya jika dilakukan pada waktu pagi hari, Pada sepanjang jalan ini Anda bisa merasakan hawa udara yang sejuk dan juga pemandangan alam yang indah dengan pepohonan hijau berada dikanan kiri jalan.
  3. Hutan Wisata Gunung Loka : Lokasnya berada di Desa Bonto Marranu, Kecamatan Uluere.
  4. Pantai Tope Jawa : Lokasnya berada di Desa Topejawa.
  5. Pantai Tanakeke.
Sulawesi Selatan juga merupakan surga bagi pecinta kuliner. Mulai dari seafood, Chinese food atau makanan yang paling terkenal yaitu soto makasar. Sop saudara mirip dengan soto tapi rasanya lebih tawar daripada. Konro juga salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang terkenal lezat. Untuk cemilan, Anda mungkin ingin mencoba jalangkote, sejenis kue kering dengan isi yang lezat dan dimakan dengan saus cabai. Untuk makanan penutup, cobalah pisang epe, yaitu pisang yang disiram saus gula merah, biasanya dicampur nangka atau durian. Es palung butu, terbuat dari irisan pisang, es batu, santan, dan sirup merah, rasanya segar dan lezat. Pisang hijau adalah pisang yang dilapisi adonan terigu dan daun pandan, Dipotong lalu disiram sirup cocopandan.

Itulah beberapa Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Selatan yang membuat sobat tidak ingin meninggalkan kota Makassar, dengan banyaknya wisata yang harus sobat nikmati.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon