Akibat Pengguna Narkoba

Akibat Pengguna Narkoba-Di negara Indonesia, Narkoba sudahlah tidak asing lagi di kalangan masyarakat.

Hukum Penjara Diganti Rehabilitasi

Model pemidanaan korban pengguna narkoba di lembaga pemasyarakatan (lapas) sebaiknya segera diakhiri dan dialihkan ke tempat-tempat rehabilitasi. Terobosan ini selain dapat mengobati pengguna jugamenutup pasar narkoba di lapas yang sekarang mulai merebak. Jadi harus ada keberanian para hakim untuk melakukan terobosan memberi keputusan para pengguna narkoba untuk direhabilitasi, bukan dijebloskan ke tahanan sebagai narapidana.

Akibat Pengguna NarkobaHakim juga harus berani menjatuhkan hukuman berat mafia dari pengedar, penyelundup dan pembuat narkoba. Mereka tetap dipenjara dilapas dengan pengawasan yang ekstra ketat. Mereka jangan diberi sedikitpun ruang untuk berkomunikasi dengan orang lain. “Bagi yang terkena hukuman mati tetap harus dilaksanakan. Jadi tidak mengabulkan grasi bagi terpidana mati narkoba.
Sementara ini ada 54 yang dijatuhi hukuman mati, diantaranya ada yang mengajukan kasasi, kemudian PK-nya ditolak dan 4 orang mengajukan grasi ke Presiden.

Untuk memperlancar penempatan korban pengguna naarkoba ditempat rehabilitasi perlu adanya refisi Undang-Undang Narkotika dan UU Psikotropika. Refisi dilakukan terhadap pasal-pasal yang masih mengkriminalisasi pengguna narkoba.

Sementara masih terjadi dualisme, ada hakim yang menjatuhkan hukuman pengguna narkoba ke dalam sel, ada juga yang ke tempat rehabilitasi.

Ada 359 ribu pengguna narkoba yang dijebloskan di lapas, sementara 138 ribu direhabilitasi. Disejumlah kota sekarang sudah memiliki tempat rehabilitasi narkoba. Sekarang tinggal mengamankan agar mereka tidak mudah berhubungan dengan orang lain. Ini untuk menghindari agar rehabilitasi tidak menjadi pasar baru narkoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
3 Juli 2013 22.52 delete

wah..bahaya nih kalau pake narkoba..followback ya gan

Reply
avatar
11 Juli 2013 22.03 delete

mantap gan lanjuttt smpe dapet pr

Reply
avatar

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon