Daftar Lengkap Wisata Di Maluku

Daftar Lengkap Wisata Di Maluku-Ibu kota Maluku adalah Ambon yang bergelar atau memiliki julukan sebagai Ambon Manise, kota Ambon berdiri di bagian selatan dari Pulau Ambon yaitu di jazirah Leitimur. Nama Maluku diperkirakan berasal dari Arab yaitu ‘Jazirat al-Muluk’, yang berarti tanah banyak raja. Hal ini dimungkinkan karena Maluku memiliki kerajaan-kerajaan seperti Ternate, Tidore, Bacan, dan lain-lain.

Maluku atau yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas dan Molukken adalah provinsi tertua yang ada di Indonesia, lintasan sejarah Maluku telah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah seperti kerajaan Mesir yang dipimpin Firaun. Bukti bahwa sejarah Maluku adalah yang tertua di Indonesia adalah catatan tablet tanah liat yang ditemukan di Persia, Mesopotamia, dan Mesir menyebutkan adanya negeri dari timur yang sangat kaya, merupakan tanah surga, dengan hasil alam berupa cengkeh, emas dan mutiara, daerah itu tak lain dan tak bukan adalah tanah Maluku yang memang merupakan sentra penghasil Pala, Fuli, Cengkeh dan Mutiara. Pala dan Fuli dengan mudah didapat dari Banda Kepulauan, Cengkeh dengan mudah ditemui di negeri-negeri di Ambon, Pulau-Pulau Lease (Saparua, Haruku & Nusa laut) dan Nusa Ina serta Mutiara dihasilkan dalam jumlah yang cukup besar di Kota Dobo, Kepulauan Aru.

Daftar Wisata Di Maluku
Peta Maluku
Maluku memiliki taman bawah laut yang sangat indah, pantai tropis menawan, dan pegunungan vulkanik yang dikelilingi hutan. Maluku adalah propinsi tertua di Indonesia dengan Ibukota Ambon. Suku bangsa Maluku didominasi oleh suku bangsa Melanesia Pasifik yang masih berkerabat dengan Fiji, Tonga dan beberapa bangsa kepulauan yang tersebar di kepulauan Samudra Pasifik. Mayoritas penduduk di Maluku memeluk agama Kristen dan Islam. Dalam masyarakat Maluku dikenal suatu sistem hubungan sosial yang disebut Pela dan Gandong. Saat ini ikan dan produk laut lainnya merupakan sumber utama pendapatan masyarakat Maluku. Ada juga nikel, minyak, mangan, dan berbagai jenis kayu sebagai komoditas daerah.

Sejak zaman purba kala, Maluku diakui telah memiliki daya tarik alam selain daripada rempah-rempahnya. Terdiri dari ratusan kepulauan membuat Maluku memiliki keunikan panorama disetiap pulaunya dan mengundang banyak turis asing datang untuk mengunjungi bahkan menetap di kepulauan ini. Selain objek wisata alam, beberapa peninggalan zaman kolonial juga merupakan daya tarik tersendiri karena masih dapat terpelihara dengan baik hingga sekarang. Bahkan dibeberapa daerah, pariwisatanya sudah terkenal sampai ke mancanegara. Beberapa dari objek wisata terkenal di Maluku antara lain :

Daftar Wisata Di Maluku
  1. Pulau Banda
  2. Pantai Ora
  3. Pantai Ngurbloat
  4. Pulau Pombo
  5. Pantai Nastepa
  6. Pulau Marsegu
  7. Danau Tolire
  8. Taman Nasional Manusela
  9. Benteng Amsterdam
  10. Benteng Belgica
  11. Benteng Victoria
  12. Istana Kesultanan Ternate
  13. Masjid Wapauwe
  14. Taman Laut Manuala
  15. Pantai Pasir Panjang
  16. Pintu Kota, Ambon
  17. Benteng Duurstede, Saparua
  18. Banda Neira, Banda
  19. Pantai Hunimoa, Ambon (Pantai Liang)
  20. Pantai Ngur Sarnadan (Pasir Panjang), Kai
  21. Pantai Ngurtafur, Pulau Warbal, Kai
  22. Gua Ohoidertavun di Letvuan, Kai
  23. Sawai, Seram Utara
  24. Leksula, Buru
  25. Pantai Latuhalat, Ambon
  26. Tanjung Marthafons, Ambon
  27. Air Terjun Waihetu, Rumahkay, Seram
  28. Pantai Hatuurang
  29. Pantai Lokki, Seram
  30. Pantai Englas, Seram
  31. Pantai Labuan Aisele, Seram Utara
  32. Pantai Ora, Saleman, Seram Utara
  33. Pulau Kasa, Seram
  34. Pulau Tiga
  35. Pulau Luciapara
  36. Pulau Ay, Run dan Rozengain (Hatta), Kepulauan Banda
  37. Weluan, Kep. Tanimbar
  38. Pulau Bais
  39. Tanjung Sesar, Seram
  40. Pulau Panjang, Pulau Lulpus dan Pulau Garogos
  41. Gunung Booi
  42. Kilfura, Seram
  43. Pantai Soplessy, Seram
  44. Pantai Manuala
  45. Gua Lusiala, Seram
  46. Pantai Kobisadar
  47. Ahuralo, Amahai
  48. Batu meja masahatu, hualoy-seram
  49. Gua Hutan Kartenes
  50. Goa Akohy di Tamilouw, Seram
  51. Benteng Titaley, Seram
  52. Danau Binaya, Piliana
  53. Tawiri, Ambon
  54. Pemandian Air Panas Tulehu, Ambon
  55. Sungai kali ama,hualoy-seram
  56. pantai maruru,hualoy-seram
  57. Monumen Pattimura di Lapangan Merdeka
  58. Pantai Lelisa
  59. Museum Siwalima
Jangan lewatkan makanan khas dari maluku, jika Anda sudah berada di sini. Makanan khas Maluku diantaranya adalah Papeda sama seperti yang ada di Papua. Selain Papeda ada juga Ikan Asar, Sagu dan Asida.

Nah itulah beberapa Daftar Lengkap Wisata Di Maluku yang bisa saya share. Sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia bagian timur, Propinsi Maluku sangat kaya dengan berbagai obyek wisata baik berupa panorama alam maupun bangunan-bangunan peninggalan sejarah seperti Masjid Kuno Desa Hila dan hasil kerajinan. Daftar tempat wisata di Maluku di atas adalah tempat wisata yang sudah terkenal dan banyak di kunjungi. sekian tentang Wisata di Maluku, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon