Daftar Lengkap Wisata Di Banten

Daftar Lengkap Wisata Di Banten-Pada awalnya kawasan Banten adalah bagian dari Propinsi Jawa Barat, yang kemudian dipisahkan sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. yang sekarang menjadi salah satu Propisi yang ada di pulau Jawa dan pusat pemerintahan Banten berada di Kota Serang.

Propinsi Banten terletak di ujung barat Pulau Jawa dan memiliki posisi yang sangat strategis serta mempunyai potensi ekonomi yang sangat besar baik dari skala lokal, regional, nasional, bahkan skala internasional. Fasilitasi terhadap pergerakan barang dan penumpang yang dari dan ke pusat-pusat kegiatan nasional, wilayah, maupun lokal yang ada di Propinsi Banten menjadi sangat penting dalam upaya untuk mendukung pengembangan pekonomiam di kawasan Propinsi Banten.

Daftar Wisata Di Banten
Peta Banten
Wilayah Banten terletak di antara 5º7'50"-7º1'11" Lintang Selatan dan 105º1'11"-106º7'12" Bujur Timur, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2000 luas wilayah Banten adalah 9.160,70 km². Provinsi Banten terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa.

Wilayah laut Banten merupakan salah satu jalur laut potensial, Selat Sunda merupakan salah satu jalur lalu lintas laut yang strategis karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru dengan kawasan Asia Tenggara misalnya Thailand, Malaysia, dan Singapura. Di samping itu Banten merupakan jalur penghubung antara Jawa dan Sumatera. Bila dikaitkan posisi geografis dan pemerintahan maka wilayah Banten terutama daerah Tangerang raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) merupakan wilayah penyangga bagi Jakarta. Secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri. Wilayah Provinsi Banten juga memiliki beberapa pelabuhan laut yang dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung kelebihan kapasitas dari pelabuhan laut di Jakarta dan ditujukan untuk menjadi pelabuhan alternatif selain Singapura.

Wilayah Banten terletak di antara 5º7'50"-7º1'11" Lintang Selatan dan 105º1'11"-106º7'12" Bujur Timur, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2000 luas wilayah Banten adalah 9.160,70 km². Provinsi Banten terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa.

Wilayah laut Banten merupakan salah satu jalur laut potensial, Selat Sunda merupakan salah satu jalur lalu lintas laut yang strategis karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru dengan kawasan Asia Tenggara misalnya Thailand, Malaysia, dan Singapura. Di samping itu Banten merupakan jalur penghubung antara Jawa dan Sumatera. Bila dikaitkan posisi geografis dan pemerintahan maka wilayah Banten terutama daerah Tangerang raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) merupakan wilayah penyangga bagi Jakarta. Secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri. Wilayah Provinsi Banten juga memiliki beberapa pelabuhan laut yang dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung kelebihan kapasitas dari pelabuhTempat-tempat wisata yang menarik dan dapat anda temukan di banten sudah sangat terkenal di Indonesia, berikut ini adalah tempat wisata paling menarik dan sudah terkenal di banten yang dapat anda kunjungi.

Daftar Wisata Di Banten
  1. Desa Kanekes (Suku Baduy)
  2. Damai Indah Gold & Country Golf
  3. Taman Nasional Ujung Kulon
  4. Masjid Agung Banten
  5. Pulau Peucang
  6. Pantai Sawarna
  7. Pantai Tanjung Lesung
  8. Pantai Carita
  9. Pantai Anyer
  10. Pantai Karang Bolong
  11. Pulau Dua atau Pulau Burung
  12. Pulau Umang
  13. Gunung Krakatau
  14. Rawa Dano
  15. Kang dan Nong Banten
Dan Masih Banyak lagi yang mungkin Admin belum sebutkan. Daftar wisata di Banten di atas saya rasa sudah cukup untuk mewakili deretan obyek wisata yang ada di banten. Perlu sobat ketahui Masyarakat Banten adalah suku Sunda yang religius meski terkadang masih percaya dengan tradisi dan adat lama.

Di antaranya yang masih memegang teguh tradisi adalah masyarakat Baduy atau orang Kanekes (Urang Cibeo ) yang mendiami kaki pegunungan Kendeng di desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, berjarak sekitar 40 km dari kota Rangkasbitung. Orang Kanekes 'dalam' tidak mengenal budaya tulis, sehingga adat istiadat, kepercayaan, dan cerita nenek moyang hanya tersimpan di dalam tuturan lisan saja.

Kepercayaan masyarakat Kanekes disebut Sunda Wiwitanyang berakar pada pemujaan kepada arwah nenek moyang (animisme) yang selanjutnya selanjutnya dipengaruhi oleh agama Budha, Hindu, dan Islam.  Inti kepercayaan tersebut adalah ketentuan adat mutlak yang dianut dalam kehidupan sehari. Isi terpenting dari 'pikukuh' (kepatuhan) Kanekes tersebut adalah konsep "tanpa perubahan apapun", atau perubahan sesedikit mungkin. Bagi sebagian kalangan, kepercayaan yang dianut masyarakat adat Kanekes ini mencerminkan kepercayaan keagamaan masyarakat Sunda secara umum sebelum masuknya Islam.

Wisata di Banten tidak hanya dengan berjalan-jalan dan menikmati kota yang dikenal sebagai kota industri ini. Nyatanya ada beragam wisata kuliner Banten yang unik dan lezat. Sambil menikmati alam di Banten, akan terasa lengkap jika anda juga menikmati kuliner khas Banten. Diantara ada Sate Bebek Khas Cibeber, Sate Bandeng Khas Banten, Rabeg Khas Serang, Nasi Sumsum Khas Serang Banten, Nasi Uduk Empal Daging, Rabeg, Jojorong, Cuwer, Gipang, Lemeng, dan masih banyak lagi.

Saya rasa sudah cukup artikel yang berjudul Daftar Lengkap Wisata Di Banten yang mungkin bisa menambah referensi bagi Anda. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon