Daftar Lengkap Wisata Di Papua

Daftar Lengkap Wisata Di Papua-Papua, inilah tanah indah yang luas. Provinsi yang beribu kota di Jayapura ini memiliki hutan-hutan sangat alami dan puncak gunung bersalju menjulang tinggi di danau glasial. Papua merupakan provinsi terbesar dan paling timur di Indonesia, mencakup bagian barat pulau terbesar kedua di dunia. Papua merupakan kawasan konservasi terluas di Asia tenggara, berada pada ketinggian 0-4.884 m dpl dan tersebar di 4 Kabupaten, yaitu Kabupaten Jayawijaya, Mimika, Puncak Jaya dan Asmat.

Taman Nasional Lorentz bukanlah kawasan konservasi biasa seperti kawasan lainnya karena sejak 12 Desember 1999 PBB melalui UNESCO secara resmi menetapkannya sebagai situs alam warisan dunia karena memiliki lebih 43 jenis ekosistem, kawasan Daerah Tropis dengan gletser (Puncak Cartenz) dan Danau Habema yang menakjudkan dihiasi padang rumput alpin dan rawa-rawa.

Daftar Wisata Di Papua
Peta Papua
Taman Nasional Teluk cenderawasih memiliki biota laut dan karang yang indah. Jangan lupakan juga melihat kemeriahan budaya adat yang ditampilkan dalam Festival Lembah Baliem dan Asmat. Di sini Anda dapat melakukan kegiatan pariwisata trekking, hiking, berburu dan berpetualang. Sementara di Taman Nasional Wasur di Merauke Anda akan melihat berbagai spesies mamalia unik. Tanah dengan alam yang mengagumkan, pemandangan pantainya sangat indah, membentang luas dari rawa, padang rumput yang sejuk, dan sungai-sungai yang mengukir jurang melalui hutan lebat. Bagian pulau yang paling banyak penduduknya adalah kabupaten Danau Paniai dan Lembah Baliem di sebelah timur.

Ibu Kota provinsi Jayapura terletak di perbukitan yang menghadap laut, dan dapat diakses dengan perahu dan pesawat. Di sinilah tempat Jenderal MacArthur mengumpulkan armadanya untuk menginvasi Filipina selama Perang Dunia II. Kata Papua sendiri berasal dari bahasa melayu yang berarti rambut keriting, mengacu pada penampilan fisik suku-suku asli Papua.

Di Pulau ini sebenarnya banyak potensi wisata yang belum dieksplore, dikarenakan lokasinya jauh dari pusat perekonomian negara Indonesia. Disamping keindahan alamnya baik berupa gunung, hutan ataupun danau, budaya di pulau Papua ini juga perlu dilestarikan karena wisatawan khususnya yang dari luar negeri sangat suka akan budaya yang cenderung primitif ini.

Bagi yang suka akan wisata petualang, pulau Papua sangat cocok karena lokasinya sebagian besar masih alami dan terpencil sehingga untuk menuju ke lokasi harus melalui jalur laut/air maupun udara. Arus Wisatawan ke Papua masih terbatas, hal ini dikarenakan sarana transportasi untuk menuju objek-objek wisata tersebut belum begitu baik hingga pencapaian ke lokasi wisata tidak mudah. Hal lain karena objek-objek wisata yang ada tidak memiliki nilai spesifik dibandingkan dengan objek-objek wisata sejenis yang ada didaerah lain. Selain itu tidak diimbanginya potensi wisata pariwisata denga sarana penduduknya sehingga membuat objek wisata yang harusnya bisa menjadi konsumsi regional ternyata hanya bisa dikonsumsi secara lokal.

Berikut Beberapa Daftar Wisata Yang Berada di Papua :
  1. Taman Nasional Teluk
  2. Festival Lembah Baliem
  3. Jayapura
  4. Danau Sentani
  5. Piramida Cartenz
  6. Musium Provinsi Papua
  7. Kepulauan Raja Ampat
  8. Danau Paniani
  9. Pulau Rumberpon
  10. Monumen Perjuangan
  11. Danau Air Garam
  12. Monumen Tugu MacArthur
  13. Pantai Amai
  14. Pantai Holtekamp
  15. Lembah Balliem
  16. Danau Yamur
  17. Gunung Kwoka
  18. Gunung Wasada
  19. Danau Tigi
  20. Danau Tage
  21. Cagar Alam Lorenzt
  22. Kepulauan Yapen
Makanan ikan dan hidangan laut adalah kuliner khas daerah ini dan menjadikannya  sebagai surga bagi penikmat seafood. Ikan segar yang dibakar atau dipanggang terasa lezat, apalagi jika dinikmati sambil menyaksikan sunset. Bagi yang alergi seafood tidak perlu khawatir, karena Anda juga dapat menikmati makanan khas Papua seperti papeda atau lalapan ayam yaitu berupa ayam goreng dipadukan dengan bumbu cabai.

Masih banyak lagi daftar Wisata yang ada di papua yang mungkin belum saya sebutkan dan akan saya Updeat di masa yang akan datang atau pada artikel selanjutnya. Daftar Lengkap Wisata Di Papua yang bisa saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon