Daftar Lengkap Wisata Di Kalimantan Barat

Daftar Lengkap Wisata Di Kalimantan Barat-Siapa orang yang tidak tahu dengan Provinsi Kalimantan Barat. Provinsi yang beribukota di Pontianak dengan julukan Provinsi Seribu Sungai. Mengapa bisa begitu, Itu dikarenakan mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman. Sungai-sungai itu pun menyilangi kota dimana salah satunya yaitu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Kapuas dengan panjang 1.143 km telah membagi kota menjadi dua dan menyediakan jalur transportasi penting dan bersejarah. Kalimantan Barat juga menjadi wilayah yang dilewati langsung oleh garis khatulistiwa.

Daftar Lengkap Wisata Di Kalimantan Barat
Peta Kalimantan Barat
Kalimantan Barat memiliki luas lebih dari 146.607 km² yang merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah dan memiliki kekayaan berbagai mineral serta batu permata. Kalimantan Barat tempat tepat untuk berwisata alam, agrowisata, juga wisata budaya. Di sini tersedia wisata alam berupa pemandangan alam pegunungan, pantai laut, danau musiman, hutan tropis dengan aneka ragam flora dan fauna, hingga air terjun yang indah di Pande Kembayung dan Riam Kanebak. Untuk wisata budaya, karena Kalimantan Barat memiliki latar belakang sejarah dan aneka ragam seni dan budaya yang unik dan menarik untuk disambangi.

Kalimantan Barat memiliki luas lebih dari 146.607 km² dan memiliki kekayaan berbagai mineral serta batu permata. Iklim dominan di wilayah ini adalah tropis dengan suhu udara minimum rata-rata 220,9°C dan maksimum 310,05°C. Musim hujan ringan terjadi bulan Maret-Mei sementara hujan pada November-Januari.

Meskipun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut tetapi memiliki puluhan pulau besar dan kecil. Sebagian pulau kecil tersebut tidak berpenghuni dan tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna, berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Berikut daftar wisata yang ada di Kalimantan Barat :

Daftar Wisata Di Kalimantan Barat
  1. Kota Singkawang
  2. Museum Negeri Kalimantan Barat
  3. Museum Dara Juanti Sintang
  4. Museum Kapuas Raya
  5. Istana Kesultanan Kadariah Pontianak
  6. Makam Juang Mandor
  7. Taman Alun Kapuas
  8. Sinka Island Park
  9. Pantai Pasir Panjang
  10. Pantai Kijing
  11. Pantai Tanjung Belandang
  12. Pantai Batu Payung
  13. Pantai Gosong
  14. Pantai Kura-kura
  15. Pantai Polaria
  16. Pantai Sinam
  17. Air Terjun Melanggar
  18. Air Terjun Banangar
  19. Air Terjun Riam Merasap
  20. Lawang Kuari
  21. Riam Kenebak
  22. Gua Sanjan
  23. Danau Sebedang
  24. Danau Jemelak dan Kebiau
  25. Bukit Kelam
  26. Hutan Wisata Baning
  27. Taman Nasional Danau Sentarum
  28. Taman Nasional Betung Kerihun
  29. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
  30. Taman Nasional Gunung Palung
  31. Cagar Alam Raya Pasi
  32. Cagar Alam Kepulauan Maya Karimata
  33. Pulau Randayan
  34. Pulau Temajuk
  35. Pulau Datok
Kalimantan Barat dihuni penduduk asli Dayak dan kaum pendatang dari Sumatera, juga kaum urban dari China serta daerah lainnya di Indonesia. Suku yang Dominan Besar yaitu Dayak, Melayu, dan China. Selain itu, terdapat juga suku-suku bangsa lain, antara lain Bugis, Jawa, Madura, Minangkabau, Sunda, dan Batak. 

Jika Anda berkunjung ke tempat ini jangan lewatkan menu kuliner khasnya yaitu Sambal durian atau yang biasa disebut tempoyak adalah salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang dikenal di Kalimantan dan Sumatera. Bahkan, nyatanya tidak semua kawasan di kedua pulau tersebut mengenal jenis makanan tersebut. Sebagian besar orang mungkin akan terheran-heran tentang bagaimana buah durian yang baunya menyengat dan manis itu dapat menjadi makanan yang diolah sebagai teman makan nasi. Ada juga Emping atau bisa disebut Pam terbuat dari padi ketan yang belum masak orang-orang di daerah ini menyebutnya denganpulut matak. Dan masih banyak lagi Kuliner di Kalimantan Barat yang patut Anda coba.

Demikian Artikel tentang Daftar Lengkap Wisata Di Kalimantan Barat yang bisa saya share. Semoga Bermanfaat.

Download Lengkap Koleksi Lagu Ashilla Zee

Download Lengkap Koleksi Lagu Ashilla Zee-Ashilla Zahrantiara dengan nama panggung Ashilla Zee (lahir di Banten, Indonesia, 25 Februari 1997; umur 17 tahun) adalah seorang Penyanyi berkebangsaan Indonesia. Mengawali kariernya dari ajang pencarian bakat Idola Cilik Musim Pertama. Ia merupakan salah satu pembentuk utama dari Blink salah satu girl band Indonesia, meskipun akhirnya dia keluar. Anak pertama dari 3 bersaudara ini mempunyai dua adik yaitu Shanindya Naurashalika dan Keynaya Sharlakhayyirah. Kini, ia fokus untuk bersolo karier. 


Download Lengkap Koleksi Lagu Ashilla Zee

Selepas dari Blink, Shilla kembali memakai nama panggung lamanya: Ashilla Zee atau Zee Ashilla (Zee dari Zahrantiara) Shilla sebagai penyanyi solo lebih banyak menekuni karier dengan berkolaborasi bersama musisi-musisi yang dulu sempat dia kenal. Shilla mulai menjajaki musik pop progresif dari yang sebelumnya cenderung pop rok pada Masih Cinta. Singel kedua Shilla berjudul Curiga yang rilis pada 7 Agustus 2012 di sinetron Putih Abu-Abu

Download Lengkap Koleksi Lagu Ashilla Zee

Judul Lagu Download Lirik Lagu
Masih Cinta Download Lirik Lagu
Gapai Bintangmu Download Lirik Lagu
Seluruh Nafas Ini (ft Last Child) Download Lirik Lagu
PHP Download Lirik Lagu
BIEB Download Lirik Lagu
Curiga Download Lirik Lagu
Me & You Download Lirik Lagu
The One Feat Francis Karel Download Lirik Lagu

Download Lirik Lagu

Download Lirik Lagu

Download Lirik Lagu

Download Lirik Lagu

Panduan Download : Tunggu 5 Detik dan Klik Skip Adds Dipokok Kanan atas.

Catatan : Mp3 terbaru gratis lirik cuma untuk review lagu. Maka belilah cd original atau pakai nada sambung pribadi / ring back tone ( nsp/rbt ) dari artis yang berkaitan supaya mereka terus dapat berkarya. Blog Wibialwis tidak menaruh atau menyimpan file mp3, namun seutuhnya datang dari area penyimpanan file pihak ke 3 yang tidak memiliki jalinan dengan blog ini. Semua media termasuk lirik, video klip, teks, syair lagu, dan kunci gitar / chord lagu ini, hanya untuk kepentingan promosi serta evaluasi semata.

Demikian artikel yang berjudul Download Lengkap Koleksi Lagu Ashilla Zee yang bisa saya share. Semoga lagu-lagunya bisa membuat sobat jadi terinsipirasi. Terima kasih.

Daftar Lengkap Wisata Di Bengkulu

Daftar LengkapWisata Di Bengkulu-Provinsi Bengkulu yang sama dengan nama ibu kotanya yaitu Bengkulu merupakan kota pesisir yang awalnya dikenal dengan nama Bencoolen. Objek pariwisata yang ada di propinsi Bengkulu berupa hutan hujan tropis yang juga menjadi habitat dari bunga Rafflesia Arnoldi dan Bengkulu juga mendapat julukan Bumi Rafflesia. Rafflesia Arnoldi merupakan Bunga terbesar di dunia, yang pertama kali ditemukan di propinsi Bengkulu pada 20 Mei 1818 oleh seorang gubernur jendral Inggris bernama Thomas Raffles asal Inggris dan ahli botani dr. Arnoldi.

Daftar LengkapWisata Di Bengkulu
Peta Bengkulu
Bengkulu terletak di pesisir barat Pulau Sumatra dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Bengkulu berada pada koordinat 300 45’ – 300 59’ LS dan 1020 14’ - 1020 22’ BT dengan luas wilayah 151,7 km². Penduduk yang mendiami kota ini berasal dari berbagai suku bangsa, di antaranya suku Melayu, Rejang, Serawai, Lembak, Bugis, Minang, Batak dan lain-lain.  Bengkulu memiliki obyek wisata yang beragam dari wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, dan wisata budaya.
Wisata alam yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Panjang, dimana Anda akan disambut pohon cemara rindang yang menghiasi sepanjang pantai. Ada juga Pantai Pasir Putih dekat pelabuhan Samudra Pulau Baii sekitar 19 km dari kota Bengkulu dengan pantainya yang bersih dan pasirnya yang putih. Di Pulau Tikus Anda dapat berwisata bahari sambil melihat pulau-pulau kecil yang mengitari dengan karang-karang yang indah. 

Mengapa juga tidak Anda coba ke Danau Dendam Tak Sudah yang dikelilingi oleh perbukitan kecil dengan Bukit Barisan sebagai latar belakangnya. Di sini tumbuh Anggrek air Vanda hookeriana di sepanjang danau. Ketika musim bunga, maka Anda dapat nikmati bagaimana anggrek tersebut membuat danau menjadi indah menawan dan sejuk, dan masih banyak lagi wisata-wisata yang bisa sobat kunjungi, Berikut Daftarnya :

1. Daftar Wisata yang ada di Kota Bengkulu

Daftar Wisata Sejarah kota Bengkulu
  1. Benteng Marlborough
  2. Rumah Pengasingan Bung karno
  3. Tugu Thomas Parr
  4. Rumah Ibu Fatmawati
  5. Komplek Pemakaman Kuno
  6. Rumah Gubernur Jenderal Inggris
  7. Tugu Hamilton
Daftar Wisata Alam kota Bengkulu
  1. Pantai Panjang Putri Gading Cempaka
  2. Danau Dendam Tak Sudah
  3. Kawasan Pelabuhan Pulau Baai
  4. Pantai Jakat
Daftar Wisata Bahari kota Bengkulu

Pulau Tikus dan Terumbu Karang

Daftar Wisata Budaya dan Religi kota Bengkulu
  1. Ritual Tabot
  2. Masjid Jamik
  3. Makan Sentot Alibasyah
  4. Makam Imam Senggolo
Daftar Wisata lain yang ada di kota Bengkulu
  1. Tugu Perjuangan Rakyat Bengkulu
  2. Kawasan China Town
2. Daftar Wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong

Daftar Wisata Alam yang ada di Kabupaten Rejang Lebong
  1. Danau Mas Harun Bastari - Karang Jaya
  2. Danau Talang Kering / Danau Bermanei - Tunas Harapan
  3. Telaga Putri Tujuh Warna - kaki Bukit Daun
  4. Lubuk Beso - Apur
  5. Air Terjun Tangga Seribu - Kepala Curup
  6. Air Terjun Bertingkat - Bermani Ulu
  7. Air Terjun Curug Embun - Kota Padang
  8. Air Terjun Angin - Kota Padang
  9. Air Terjun - Sindang Jati
  10. Air Terjun - Cahaya Negeri
  11. Air Terjun - Beringin  Tiga
  12. Air Terjun - Cawang
  13. Air Terjun - Kayu Manis-Sindang Kelingi
  14. Air Terjun dan Gua La - Kota Padang
  15. Gua Bukit Makmur - Selupu Rejang
  16. Bukit Kaba - Sumber Urip
Daftar Wisata Buatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong
  1. Suban Air Panas -Talang Ulu
  2. Kolam Renang Muna Tirta -Talang Ulu
  3. Bendungan Musi Kejalo-Kayu Manis - Selupu Rejang
  4. Monumen Perjuangan -Tabarenah
  5. Masjid Agung Baitul Makmur - Jl. Sukowati Curup
  6. Rumah Adat - Jl. Sukowati curup
  7. Agropolitan - Selupu Rejang
  8. Kebun The - Bukit Daun Bermani Ulu
  9. Taman Wisata Alam "Diobagite"
Daftar Wisata Cagar Budaya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong
  1. Batu Tri Sakti-Suban Air Panas
  2. Batu Panco-Desa Batu Panco
  3. Batu Lebar- Desa Seguring
  4. Batu Menangis-Suban Air Panas
  5. Batu Mandiri Dewa
  6. Batu Jemuran Dewa
  7. Batu Kelir
  8. Benteng  Bambu jaga setahun
  9. Batu Lehir Susun-Selupu Rejang
  10. Tugu Pahlawan Tabarenah
  11. Relief Perjuangan Tabarenah
3. Daftar Wisata yang ada di Kabupaten Lebong
  1. Wisata Danau Picung
  2. Wisata Air Putih
  3. Wisata Pasir Lebar
  4. Wisata Tambang Sulit
  5. Wisata Danau Tes
  6. Wisata Lobang Kaca Mata
  7. Wisata Telaga Tujuh Warna
  8. Arum Jeram Air Ketahun
  9. Air Terjun Tebing Serai
  10. Air Terjun Tik Gumaceak
  11. Air Terjun Santan
  12. Air Terjun Blau
  13. Air Terjun Bio Baes
  14. Air Terjun Uram
  15. Air Terjun Siapang
  16. Air Terjun Taman Peri
  17.  Cagar Budaya Keramat Ulu Du'es (Sultan Abdullah)
  18. Cagar Budaya Kutai Ukem (Biku Bermano)
  19. Cagar Budaya Situs Tanah Majapahit
  20. Cagar Budaya Keramat Bingin Kuning
4. Daftar Wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang
  1. Taman Kota Kepahiang (Taman Santoso)
  2. Danau Musi Ujan Mas
  3. PLTA Musi Ujan Mas
  4. Kebun Teh Kabawetan
  5. Flora Langka Amorphophallus
  6. Bunga Rafflesia Arnoldi
  7. Air Terjun Bukit Hitam
  8. Air Terjun Curug Embun
  9. Danau Suro
5. Daftar Wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara
  1. Air Terjun Kepala Siring
  2. Pantai Lais
  3. Tangga 1000 Kemumu
  4. Lebong Tandai
  5. Kereta Lori Molek
  6. Gunung Bukit Daun dan Hulu Palik
  7. Pulau Enggango
  8. Pusat Pelatihan Gajah Seblat
  9. Air Terjun Curug Sembilan
6. Daftar Wisata yang ada di Kabupaten Muko Muko
  1. Pantai Muko-muko
  2. Bendungan Air Manjunto
  3. Sungai Air Berau
  4. Pantai Batung Badoro
  5. Pantai Air Rami
  6. Danau Nibung
7. Daftar Wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah
  1. Air Terjun Embun
  2. Makam Putri Darah Putih
  3. Air Terjun Datar Lebar
  4. Dam Lubuk Serigo
  5. Puncak Liku Sembilan
  6. Air Terjun Peh
  7. Kolam Renang Belanda
  8. Benteng Coa Sako
  9. Prasasti Batu Jung
  10. Makam Raja Gogok
  11. Ritual Rojok
  12. Benteng Belanda
  13. Air Terjun Ds. Penembang
  14. Air Terjun Bio Tik Siang
  15. Arung Jeram Ds. Pagar Jati
  16. Bendungan PLTA Musi Ds. Susup Merigi Sakti
  17. Keramat Nibung
  18. Air Terjun Curug
  19. Danau Exs. Tambang
  20. Meriam Dan Kelambu Sakti
  21. Taman Hutan Raya Rajo Lelo
  22. Air Terjun Curup Sungai Tecuyong
  23. Danau Besar
  24. Pantai Sungai Suci
8. Daftar Wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan
  1. Pantai Pasar Bawah/Duayu Sekundang
  2. Sungai Manna
  3. Meriam "Honisuit" Meriam Terbesar Di Indonesia peninggalan Inggris
  4. Bendungan Air Nipis
  5. Air Terjun Geluguran
  6. Pantai Muara Kedurang
  7. Goa Suluman Kedurang
9. Daftar Wisata yang ada di Kabupaten Kaur
  1. Pantai Laguna Ujung Lancang Samudera
  2. Sungai Padang Guci
  3. Gunung Patah
  4. Asinan Gurita
  5. Pantai Linau
  6. Pantai Way Hawang
10. Daftar Wisata yang ada di Kabupaten Seluma
  1. Bendungan Seluma
  2. Pantai Seluma
  3. Susur Goa Resam
  4. Taman Buru Nasional Semidang Bukit Kabu
  5. Batu Bekinyau (Batu Berkilau)
  6. Air Terjun Resam
  7. Sungai Seluma
Daftar Wisata Alam Air Terjun yang ada di Propinsi Bengkulu
  1. Air Terjun Air Melancar - Seluma
  2. Air Terjun Air Santan - Lebong
  3. Air Terjun Batu Bekinyau - Seluma
  4. Air Terjun Batu Layang - Bengkulu Utara
  5. Air Terjun Bioa Embun
  6. Air Terjun Blitar - Rejang Lebong
  7. Air Terjun Geluguran - Bengkulu Selatan
  8. Air Terjun Kemumu - Kepahiang
  9. Air Terjun Kepala Curup - Rejang Lebong
  10. Air Terjun Kepala Siring - Bengkulu Utara
  11. Air Terjun Ketenong - Rejang Lebong
  12. Air Terjun Lubuk Resam - Seluma
  13. Air Terjun Sekudun - Rejang Lebong
  14. Air Terjun Sembilan Tingkat - Bengkulu Utara
  15. Air Terjun Semelako
  16. Air Terjun Sindang Kelingi - Rejang Lebong
  17. Air Terjun Suban - Rejang Lebong
  18. Curuk Embun - Kepahiang
  19. Curuk Sempiang - Rejang Lebong
  20. Air Terjun 9 Tingkat
  21. Air Terjun Katenong
  22. Air Terjun Geluguran
  23. Air Terjun Batu Layang
  24. Air Terjun Batu Bekinyau
  25. Air Terjun Telo Bunyuk
  26. Air Terjun Taman Peri
  27. Air Terjun Amen
  28. Air Terjun Tebing Serai
  29. Air Terjun Sekudun
  30. Air Terjun Suban
  31. Air Terjun Kemumu
  32. Air Terjun Air Santan
  33. Air Terjun Lubuk Resam
  34. Air Terjun Air Malancar
  35. Air Terjun Bioa Embun
  36. Air Terjun Siapang
  37. Air Terjun Desa Tes
  38. Air Terjun Tik Gumaceak
  39. Air Terjun Kepala Curup
Daftar Wisata di Propinsi Bengkulu Secara Keseluruhan
  1. Pantai Panjang
  2. Pantai Pasir Putih
  3. Pulau Tikus
  4. Danau Dendam Tak Sudah
  5. Tapak Padri dan Pantai Jakat
  6. Taman Hutan Hujan Tropis (Tahura)
  7. Taman Berburu Seblat
  8. Taman Wisata Konak
  9. Danau Tes
  10. Danau Gedang dan Bukit Menghijau
  11. Danau Mas Harun Bastari
  12. Danau Musi,Suro
  13. Taman Nanua
  14. Tanah Lot Lais
  15. Danau Picung
  16. Taman Wisata Dio Bagite
  17. Danau Tujuh Warna
  18. Benteng Marlborough
  19. Rumah Pengasingan Bung Karno
  20. Parr and Hamilton Monuments
  21. Museum Provinsi Bengkulu
  22. Rejang Lebong
  23. Danau Pematang
  24. Danau Tes
  25. Kolam Renang Tabarena
  26. Air Terjun Kepala Curup
  27. Sungai Air Putih
  28. Makam Sentot Alibasyah
  29. Pusat Pelatihan Gajah
  30. Gunung Kaba
  31. Suban
  32. Bunga Raflessia Arnoldy
  33. Bunga Kibut (Amorphopalus Titanuum)
  34. Anggrek air Vanda Hookeriana
  35. Kekayaan Hutan
  36. Fauna
  37. Upacara Tabut
  38. Upacara Lainnya yang mengiringi Tabut
  39. Taman Laut
  40. Taman Nasional
  41. Taman Berburu
  42. Elephant Training Center (ETC) di Seblat
Seperti halnya provinsi lain di Indonesia, Bengkulu juga memiliki masakan khas daerah yang nikmat dan terkenal, di antaranya adalah pendap, gulai tempoyak, dan bagar kambing. Sisihkan waktu Anda saat berkunjung ke Bengkulu untuk menyantap beberapa kuliner lezat tersebut.

Pendap adalah masakan lezat yang bahan utamanya olahan ikan segar yang dimasak dengan dibumbui rempah-rempah meliputi bawang putih, kencur, cabai, dicampur parutan kelapa muda. Ikan kaya bumbu ini kemudian dibungkus daun talas, lalu direbus selama tidak kurang dari 8 jam. Pendap paling enak dimakan bersama-sama sepiring nasi panas.

Gulai tempoyak atau lebih dikenal dengan tempoyak saja adalah hidangan yang terbuat dari durian segar yang difermentasi. Durian tersebut kemudian dimasak dengan menambahkan cabai dan garam. Meskipun tempoyak juga dikenal di daerah lain di Indonesia, di Bengkulu, tempoyak dicampur dengan udang dan bukannya ikan sebagaimana halnya di provinsi lain. Karena aroma tempoyak ini kuat dan menyengat, sebaiknya tempoyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam hidangan lainnya.

Sementara itu, Bagar kambing adalah daging kambing yang dimasak bersama sejumlah rempah-rempah sebagai bumbu meliputi ketumbar, pala, lada, asam, laos, bawang putih, pasta cabai, dan kelapa sangrai.

Cukup sekian artikel Daftar Lengkap Wisata Di Bengkulu, yang mana sudah panjang lebar seperti kereta apai. Semoga menambah referensi bagi Anda yang ingin berlibur dan menghabiskan akhir pekan ketika berada di Bengkulu. Semoga Bermanfaat.

Daftar Lengkap Wisata Di Papua Barat

Daftar Lengkap Wisata Di Papua Barat-Papua Barat yang berpusat atau beribukota di Manokwari memiliki Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang terletak di Kabupaten Teluk Wondama dan merupakan wisata alam utama di Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cendrawasih membentang dari timur Semenanjung Kwatisore sampai utara Pulau Rumberpon dengan panjang garis pantai 500 km, luas darat mencapai 68.200 ha, luas laut 1.385.300 ha dengan rincian 80.000 ha kawasan terumbu karang dan 12.400 ha lautan. Tentunya di sinilah jangan sampai Anda terlewat datang untuk menikmati keindahan pantai dalam wisata bahari di Raja Ampat.

Inilah tempat tepat untuk Anda menikmati keindahan alam dan bawah air yang dikenal sebagai surga bawah laut. Memiliki warisan budaya yang menarik, pemandangan situs lukisan kuno di tebing karang, atau melihat atraksi langka mamalia raksasa di sekitar perairan. Nama Papua mengacu pada sebagian barat Pulau Papua. Provinsi Papua juga dikenal dengan nama Irian Jaya Barat. Batas geografis provinsi ini adalah Samudera Pasifik di utara; Laut Seram di barat; Laut Banda di selatan; dan provinsi Papua di timur. 

Daftar Lengkap Wisata Di Papua Barat
Peta Papua Barat
Di Papua Barat juga telah ditemukan oleh tim ekspedisi speologi Perancis sebuah gua yang diklaim sebagai gua terdalam di dunia. Gua ini diperkirakan mencapai kedalaman 2000 meter. Terletak di kawasan Pegunungan Lina, Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari. Kawasan pegunungan di Papua Barat masih menyimpan misteri kekayaan alam dan keindahan yang sangat mengagumkan.

Batas geografis provinsi ini adalah Samudera Pasifik di utara; Laut Seram di barat; Laut Banda di selatan; dan provinsi Papua di timur. Secara administratif, Provinsi Papua Barat terdiri dari 8 kabupaten dan 1 kotamadya yaitu kabupaten Fak-fak, Kaimana, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Manokwari, Sorong Selatan, Sorong dan Raja Ampat serta kotamadya Sorong. Provinsi ini memiliki 103 kecamatan, 47 desa dan 1153 kampung.

Papua Barat adalah Provinsi dengan Ibu kota Manokwari, dan mempunya banyak sekali obyek wisata antara lain obyek Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Minat Khusus, Wisata Kuliner, Wisata Olah Raga, Wisata Belanja , dari sekian banyak obyek Wisata Papua Barat yang sangat terkenal yaitu obyek wisata alam Perairan Raja Ampat, Pulau Mansinam, Situs Purbakala Tapurarang, dan Teluk Triton.

Provinsi ini juga memiliki potensi sumber daya alam yang berlimpah ruah meliputi perkebunan, pertambangan, hasil hutan, dan eko-wisata. Mutiara dan rumput laut merupakan barang pokok dalam perdagangan di kabupaten Raja Ampat. Sedangkan kabupaten Sorong Selatan merupakan satu-satunya penghasil kain tenun tradisional yang unik yang disebut baju timor. Berikut Beberapa Daftar Wisata yang ada di Papua Barat :

Daftar Wisata Di Papua Barat
  1. Perairan Raja Ampat
  2. Teluk Tirton
  3. Pulau Mansinan
  4. Situs Purbakala Tapurarang
  5. Kepulauan Wayag
  6. Desa Wisata Arborek, Raja Ampat
  7. Danau Kamaka
  8. Pegunungan Tambrauw
  9. Desa Wisata Saunwandarek
  10. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
  11. Teluk Mayalibit
  12. Desa Sawinggrai
  13. Pantai Tanjung Kasuari di Kota Sorong
  14. Pantai Pasir Putih di Kabupaten Manokwari
  15. Air Terjun Sungai Karon di Kabupaten Sorong Selatan
  16. Pulau Tubir Seram di Kabupaten Fak Fak
  17. Danau Tanimaot Distrik Arandai di Kabupaten Teluk Bintuni
  18. Pantai Saonek di Kabupaten Raja Ampat
  19. Cagar Alam Jamusaba di Kabupaten Sorong
  20. Panorama Gunung Botak di Manokwari
  21. Air Terjun Tagor di Kabupaten Tagor
  22. Pantai Teluk Bintuni di Kabupaten Teluk Bintuni
  23. Pantai Sibore di Kabupaten Sorong Selatan
  24. Bendungan Sungai Prafi di Kabupaten Manokwari
  25. Pantai Pasir Putih dan Terumbu Karang di Kabupaten Teluk Wondama
  26. Goa Jepang di Kabupaten Fak Fak
  27. Pulau Buaya di Kota Sorong
  28. Pemandian Air Panas di Kabupaten Manokwari
  29. Danau Tanimut di Kabupaten Sorong Selatan
  30. Batu Lubang di Kabupaten Fak Fak
  31. Danau Kabori di Kabupaten Manokwari
  32. Air Terjun Anemun di Kabupaten Sorong Selatan
  33. Selat Dampir di Kabupaten Raja Ampat
  34. Pantai Bombara di Kabupaten Teluk Bintuni
  35. Kepulauan Wayang di Kabupaten Raja Ampat
  36. Pulau Senapan di Kota Sorong
  37. Pantai Saonek di Kabupaten Raja Ampat
  38. Taman Wisata Gunung Meja di Kabupaten Manokwari
  39. Selat Dampir di Kabupaten Raja Ampat
Kurang Lengkap jika sobat sudah berkunjung tapi tidak menikmati Kuliner yang ada di Papua Barat.  Yaitu Papeda adalah makanan khas Papua yang paling terkenal. Papeda mirip bubur dan paling enak dinikmati panas-panas. Cara memakannya ialah dengan langsung menelannya daripada mengunyahnya karena seperti lem. Papeda terbuat dari sagu yang dibuat memakan waktu cukup lama karena masyarakat Papua harus menebang pohon sagu terlebih dahulu, lalu dibelah dan dikumpulkan bagian dalamnya kemudian dimasak. Papeda akan terasa lebih lezat jika dimakan dengan kuah ikan kuning.

Nah, itulah beberapa Daftar Lengkap Wisata Di Papua Barat yang bisa sobat kunjungi saat berkunjung di pulau tersebut. Mungkin dari daftar diatas adalah sedikit dari banyaknya tempat wisata yang ada di pulau Papua khususnya di bagian barat, dan jika anda ingin berwisata di tempat lain selain tempat wisata di Pulau Papua bagian Barat, bisa anda cari disini. 

Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Utara

Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Utara-Sulawesi Utara adalah salah satu propinsi di pulau Sulawesi dengan ibukotanya di Kota Manado. Provinsi Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi. Provinsi ini di sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Gorontalo yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari provinsi Sulawesi Utara. 

Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Utara
Peta Sulawesi Utara
Propinsi Sulawesi Utara berbatasan langsung dengan Filipina utara dan Kelompok Pulau Sangir Talaud telah menciptakan jembatan ke negara tetangga Filipina. Suku Minahasa menjadi penduduk mayoritas propinsi ini. Disini sobat akan banyak menemui kuliner khas dan cenderung ekstrim bagi kebanyakan orang seperti Rintek Wuuk atau sering disebut RW atau daging anjing, daging ular, dan Paniki ( daging kelelawar ). Ada juga makanan yang sangat populer disini yaitu Midal ( bubur Manado ). Berikut Daftar Wisata yang ada di Sulawesi Utara :

Daftar Wisata Di Sulawesi Utara
  1. Taman Laut Bunaken
  2. Gunung Mahawu
  3. Pantai Likupang
  4. Kuil Ban Hin Kiong
  5. Kota Bunga Tomohon
  6. Danau Tondano
  7. Bukit Kasih
  8. Bukit Doa
  9. Pantai Malalayang
  10. Danau Linau
  11. Gunung Mahawu
  12. Sungai Nimanga
  13. Pulau Lembeh
  14. Gunung Manado Tua
  15. Batu Buaya
  16. Patung Piere Tendean
  17. Patung Wolter Monginsidi
  18. Lapangan Golf Kayuwatu
  19. Patung DR. Samratulangi
  20. Museum Provinsi
  21. Patung Toar Lumimuut
  22. Tugu Perang Dunia II
  23. Air Terjun Kima
  24. Tugu Tentara Nipon
  25. Tugu Pendaratan Batalion Worang
  26. Klenteng ban Hing Kiong
  27. Pantai Siladen
  28. Bukit Kasih
  29. Kawasan Boulevard
Mungkin masih banyak lagi, yang saya tidak sebutkan dan bagi sobat yang ingin menambahkan bisa berkomentar di kolom komentar yang sudah disediakan. Demikian artikel yang berjudul Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Utara yang bisa saya share yang bisa menemani sobat untuk menikmati liburan panjang.

Daftar Lengkap Wisata Di Sumatera Selatan

Daftar Lengkap Wisata Di Sumatera Selatan-Terbentang di kaki bukit Gunung Barisan yang megah, Provinsi ini relatif datar namun sangat subur karena banyak sungai yang membelah daratan dan bermuara di laut. Provinsi yang beribukota di kota Palembang ini memiliki tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi dan beraneka ragam, baik wisata alam, sejarah maupun budaya. Sumsel memiliki obyek wisata berupa gunung-gunung dengan flora dan fauna yang beragam, seperti Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS); sungai, danau, garis pantai yang sangat panjang. Anda daapt berkeliling mengunjungi Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau, dan Kota Pagaralam. Di sini pula tersaji aneka ragam tradisi serta budaya yang unik dan menarik.

Daftar Lengkap Wisata Di Sumatera Selatan
Peta Sumatera Selatan
Wisata alamnya adalah Danau Ranau Kabupaten Ogan Komering Ulu, Musi Rawas, dan Musi Banyuasin. Panorama pantainya antara lain pantai Parai Tenggini, pantai Matras di Pulau Bangka, dan pantai Pasir Padi di Pulau Belitung. Panorama air terjun terdapat di Kabupaten Muara Enim dan Lahat. Wisata budayanya meliputi Bukit Serelo, Gunung Dempo, Rumah Limas, pemukiman suku terasing Anak Dalam dan Kubu. Wisata sejarahnya antara lain situs Sri Wijaya berupa batu purbakala, patung kuno, dan museum di Palembang, kompleks Pemakaman di Bukit Siguntang serta Benteng Kuto Besak. Berikut Daftar Wisata Di Sumatera Selatan yang wajib sobat kunjungi :

Daftar Wisata Di Sumatera Selatan
  1. Jembatan Ampera
  2. Rumah Limas
  3. Kawah Tekurep
  4. Kerajaan Sriwijaya
  5. Masjid Agung
  6. Musium
  7. Songket
  8. Sungai Musi
  9. Punti Kayu
  10. Ukiran Kayu
  11. Benteng Kuto Besak
  12. Monpera
  13. Sabokingking
  14. Bukit Siguntang
  15. Danau Ranau
  16. Gunung Dempo
  17. Danau Ulak Lia
  18. Danau Segayam
  19. Goa Putri
  20. Arung Jeram Sungai Manna
  21. Tenun Songket Palembang
  22. Kebun Binatang Sriwijaya
  23. Air Terjun Lematang
  24. Danau Teluk Gelam
  25. Masjid Agung Palembang
  26. Candi Bumi Ayu
  27. Benteng Kuto Besak
  28. Museum Sultan Mahmud Badarudin
  29. Air Terjun Bidadari - Lahat
  30. Air Terjun Karang Dalam - Lahat
  31. Air Terjun Kerinjing - Lahat
  32. Air Terjun Lawang Agung - Lahat
  33. Air Terjun Lematang - Pagar Alam
  34. Air Terjun Mesat - Lubuklinggau
  35. Air Terjun Pelegan - Lubuklinggau
  36. Air Terjun Subik Tuha - Ogan Komering Ulu Selatan
  37. Terjun Tebat Sekedi - Lahat
  38. Air Terjun Temam - Lubuklinggau
  39. Air Terjun Tujuh Kenangan - Pagaralam
  40. Air Terjun Tujuh Panggung - Empat Lawang
  41. Curup Air Melintang - Pagar Alam
  42. Curup Lumbin - Lahat
  43. Curup Mangkok - Pagaralam
  44. Curup Pancur - Pagar Alam
  45. Curup Tenang - Muara Enim
  46. Curugh Embun,
  47. Curugh Pancur
  48. Air terjun Tujuh Kenangan
  49. Curugh Mangkok
  50. Air Terjun Kerinjing
  51. Air Terjun Lawang Agung
  52. Air Terjun Lintang (Keban)
Nikmati juga kuliner Khas Sumatera Selatan diantaranya adalah
  1. Pempek Palembang. Ini adalah salah satu makanan yang paling terkenal dari Palembang dan dapat Anda temukan di seluruh Indonesia dan telah menjadi favorit banyak orang Indonesia. Tentunya tempat terbaik untuk Anda mencicipi pempek asli adalah di Palembang. Pempek terbuat dari ikan yang telah digiling dicampur tepung terigu dan bumbu-bumbu lain. Jenis-jenis pempek palembang di antaranya adalah: pempek lenjer, kapal selam, pempek kulit, pempek adaan dan pempek lenggang, pempek keriting serta pempek panggang.
  2. Kerupuk Palembang, salah satu makanan kecil dari Palembang yang terkenal, kerupuk ini terbuat dari campuran terigu dan ikan tertentu. Biasanya terbuat dari ikan tenggiri, ikan gabus dan ikan belida.
  3. Martabak Har, terbuat dari telur dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu dan daging, lalu dibungkus adonan terigu, dicampurkan lalu digoreng. Martabak Har biasanya disajikan dengan saus yang lezat terbuat dari kentang, air dan bumbu-bumbu lainnya.
  4. Lempok Duren, terbuat dari durian dan gula. Rasanya manis dan kenyal.
  5. Tekwan, sup tradisional yang terbuat dari bola-bola ikan, pasta ikan, soun, jamur dan bengkoang  kemudian disajikan hangat-hangat.
  6. Bekasem yaitu Ikan yang diasinkan.
Makanan khas khas lainnya dari provinsi ini seperti pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes, dan tempoyak.

Provinsi Sumatra Selatan, Palembang, telah terkenal sejak sejak dahulu karena menjadi ibu kota dari Kerajaan Sriwijaya. juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika. Demikian Daftar Lengkap Wisata Di Sumatera Selatan yang bisa saya share. Semoga bermanfaat.

Daftar Lengkap Wisata Di Kalimantan Selatan

Daftar Lengkap Wisata Di Kalimantan Selatan-Provinsi Kalimantan Selatan yang beribu kota di Banjarmasin terletak di sebelah selatan pulau Kalimantan. Sebelah barat berbatasan dengan propinsi Kalimantan Tengah, sebelah timur dengan Selat Makasar, sebelah selatan dengan Laut Jawa dan di sebelah utara berbatasan dengan propinsi Kalimantan Timur.

Gunung Meratus membelah Kalimantan Selatan menjadi 2 wilayah yang berbeda. Bagian selatan provinsi adalah daratan rendah dengan sungai-sungai yang terbentang melewati menuju rawa hutan bakau yang luas sepanjang pesisir pantai dan  menjadikan tanah Kalimantan luar biasa subur.

Daftar Wisata Di Kalimantan Selatan
Peta Kalimantan Selatan
Di Kalimantan Selatan Anda dapat menikmati wisata alam yang terdiri dari banyak sungai, hutan, danau, dan pegunungan, serta wisata budaya dan sejarah berupa peninggalan beranekaragam seni dan budaya. Adapun Beberapa Daftar Wisata Di Kalimantan Selatan Adalah Sebagai Beikut :

Banjarmasin
  1. Komplek Makam Sultan Suriansyah
  2. Komplek Makam Pangeran Antasari
  3. Masjid Sultan Suriansyah
  4. Pasar Terapung Muara Kuin
  5. Museum Wasaka
  6. Kubah Surgi Mufti
  7. Kubah Basirih
  8. Makam Ratu Zaleha
  9. Banjarbaru
  10. Museum Lambung Mangkurat
  11. Pendulangan Intan Cempaka
Banjar
  1. Mesjid Agung Al Karomah Martapura
  2. Pusat Penjualan Batu Permata Cahaya Bumi Selamat Martapura
  3. Pasar Terapung Lok Baintan
  4. Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary Kelampaian
  5. Taman Hutan Raya Sultan Adam Mandiangin
  6. Lembah Kahung
  7. Rumah Bubungan Tinggi Teluk Selong Ulu di Teluk Selong Ulu, Martapura Barat, Banjar
  8. Rumah Gajah Baliku Teluk Selong Uludi Teluk Selong, Martapura, Banjar.
  9. Rumah Balai Bini Desa Teluk Selong Ulu di desa Teluk Selong Ulu, Martapura,
  10. Banjar.Rumah Palimbangan Desa Pasayangandi Pasayangan, Martapura, Banjar.
  11. Makam Datu Abulung di Martapura, Banjar.
  12. Masjid Jami Syekh Abdul Hamid Abulung di Martapura, Banjar
  13. Monumen ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Gambut, Banjar
  14. Makam Sultan Adam di Kelurahan JawaMartapura, Banjar
  15. Makam Sultan Inayatullah di Kampung Keraton Martapura, Banjar
  16. Makam Sultan Sulaiman Saidullah di Desa Lihung, Karang Intan, Banjar
Barito Kuala
  1. Jembatan Barito
  2. Jembatan Rumpiang
  3. Pulau Kembang
  4. Pulau Kaget
  5. Makam Haji Japeri
  6. Makam Panglima Wangkang diMarabahan, Barito Kuala
  7. Rumah Bulat (Rumah Joglo Desa Penghulu) di desa Penghulu, Marabahan, Barito Kuala
  8. Rumah Gajah Baliku Desa Penghulu
  9. Makam Datuk Aminin
Hulu Sungai Selatan
  1. Loksado (Wisata Alam Pegunungan dan Arung Jeram Balanting Paring (Bamboo Rafting), Balian)
  2. Masjid Su'ada di Wasah Hilir
  3. Benteng Gunung Madang di Sei Madang
  4. Makam Haji Saadudin di Taniran
  5. Makam Datu Patinggi Mandapai
  6. Makam Datu
  7. Makam Tumpang Talu
  8. Gedung Musyawaratutthalibin di Simpur
  9. Rumah Bubungan Tinggi Desa Tibung diKandangan
  10. Rumah Bubungan Tinggi Desa Baruh Kambang di Negara, Daha Selatan
  11. Rumah Bubungan Tinggi Desa Habiraudi Daha Selatan
  12. Rumah Perjuangan di Karang Jawa,Kandangan
  13. Rumah Perjuangan di Durian Rabung
  14. Rumah Bersejarah di Simpur
  15. Monumen 17 Mei di Ni'ih
  16. Tanuhi (Kolam Renang dan Pemandian Air Panas Alami)
Hulu Sungai Tengah
  1. Wisata Pagat
  2. Pemandian Air Panas Hantakan
  3. Gua Liang Hadangan
  4. Canting Langit
  5. Wisata Lok Laga Haruyan
  6. Masjid Keramat Pelajau
  7. Makam 23 Pejuang
  8. Makam Pangeran Kacil
  9. Makam Tumenggung Jayapati
  10. Maulid Nabi Muhammad
  11. Taman Makam Pahlawan Pagat
  12. Taman Makam Pahlawan Birayang
Hulu Sungai Utara
  1. Candi Agung Amuntai di Paliwara
  2. Makam Datu Sulaiman
  3. Masjid Jami Sungai Banar
  4. Masjid Basar Pandulangan
Tapin
  1. Goa Batu Hapu
  2. Candi Laras di Kecamatan Candi Laras Selatan
  3. Masjid Al-Mukarromah di Banua Halat Kiri, Tapin
  4. Makam Datu Sanggul di Tatakan
  5. Masjid Gadung Keramat
  6. Rumah Bubungan Tinggi Desa Lawahan
Kotabaru
  1. Gunung Bamega
  2. Makam Ratu Intan di Bakau, Pamukan Utara, Kotabaru
  3. Kompleks Makam Raja-raja Kotabaru diPulau Laut Utara
Tanah Laut
  1. Gunung Kayangan
  2. Pantai Takisung
  3. Pantai Swarangan
  4. Pantai Batakan
  5. Benteng Tabanio
  6. Makam Keramat Istana
  7. Makam Datu Ingsat
Tanah Bumbu
  1. Makam Syekh Haji Muhammad Arsyad
  2. Makam Pangeran Agung
Tabalong
  1. Masjid Pusaka Banua Lawas
  2. Makam Datu Harung di Pembataan
  3. Makam Gusti Buasan di Tabalong
  4. Makam Penghulu Rasyid di Banua Lawas
  5. Makam Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari di Kelua
  6. Masjid Jami Puain Kanan di Tanta
  7. Goa Babi di Desa Randu, Muara Uya
Soto Banjar adalah makanan khas daerah ini. Beberapa bumbu yang digunakan adalah adalah cengkeh, biji pala dan kayu manis.

Keanekaragaman kue disini juga tidak kalah enaknya seperti roti goreng dengan beragam isiannya. Ada juga kue ketan pisang yang wajib Anda cicipi.

Itulah Daftar Lengkap Wisata Di Kalimantan Selatan yang mungkin bisa sobat kunjungi di akhir pekan atau musim libur panjang. Nama-nama tempat wisata di atas adalah nama tempat wisata yang sudah ternama yang mungkin bisa menjadikan referensi baru destinasi bagi Anda.

Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata

Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata-Selain Shaheer Sheikh yang memerankan tokoh Arjuna dalam serial Mahabharata di ANTV, ada satu aktor ganteng lagi yang sering membuat kaum perempuan menjerit-jerit histeris, karena melihat tubuhnya yang sangat macho. Ya, siapa lagi kalau bukan Saurav Gurjar, pemeran tokoh Bima dalam serial televisi yang lagi digandrungi di Indonesia itu.

Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata
Dalam dunia pewayangan, Bima atau disebut juga Werkudara digambarkan sebagai sosok bertubuh besar dan kuat. Orang Jawa bilang otot kawat balung wesi (otot seperti kawat, tulang seperti besi). Gambaran seperti itulah yang membuat Saurav Gurjar terpilih memerankan tokoh Bima dalam serial TV yang sedang laris-manis: Mahabharata. Bukan tanpa alasan jika Saurav memiliki tubuh besar dan berotot. Maklum saja, sebelum menjadi aktor televisi India, dia memang dikenal sebagai pegulat, meneruskan tradisi dalam keluarganya. Ayah dan paman Saurav semasa muda juga seorang pegulat. Tetapi Saurav bukan hanya pegulat. Dia juga seorang atlet kick-boxing, bahkan pernah meraih medali emas dalam kejuaraan nasional (semacam PON).

Lahir pada 26 september, Saurav Gurjar mempunyai badan kekar. Badan yang bagus itu ia dapatkan dari latihan Gym dan mengontrol makanan. Saurav Gurjar adalah seorang vegetarian yang setiap harinya bisa menghabiskan 1 liter susu dan berkilo-kilo buah.

Pada tanggal 3 dan 10 oktober 2014, Saurav Gurjar dan pemain pandawa lainnya hadir di Indonesia untuk melakukan show. Acara ini sangat meriah dengan dukungan berbagai artis. Masyarakat pecinta Serial Mahabharata juga tidak melewatkan momen special ini. Untuk melihat biodata lengkap Saurav Gurjar yuk kita simak.

Biodata Saurav Gurjar

Berikut ini biodata singkat mengenai Saurav Gurjar, Sang Bima yang gagah perkasa:

Nama : Saurav Gurjar
Tanggal lahir : 26 September
Umur: 27 tahun
Status : Lajang
Profesi: Aktor
Agama : Hindu
Domisili : Mumbai
Kota asal : Gwalior
Berat badan: 135 kg
Tinggi badan: 186 cm

Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima

Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata

Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata


Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata

Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata

Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata

Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata

Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata

Gimana ??
Macho' kan si Pemeran Bima ?? Kalian pengen gak seperti Saurav Gurjar. Jangan lupa makan dan olah raga kayak Saurav Gurjar biar bisa seperti dia.

Demikian Biodata dan Foto Saurav Gurjar Pemeran Bima Mahabarata . Bagaimana pendapat anda tentang badan Sauvar Gurjav? Keren dan macho pastinya. Yuk simak terus Foto dan biodata terbaru pemeran Mahabharata disini.

Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Selatan

Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Selatan-Dari beberapa tempat wisata yang ada di Indonesia yang sudah saya share seperti Daftar Wisata yang ada di Bali, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Provinsi Sulawesi juga banyak menyimpan potensi-potensi wisata yang unik, menarik dan beragam, seperti yang ada di Sulawesi Selatan yang beribu kota di Makassar ini merupakan bagian syah dari kesultanan Republik Indonesia. Provinsi Sulawesi Selatan terletak di 0°12' - 8° Lintang Selatan dan 116°48' - 122°36' Bujur Timur. Luas wilayahnya 45.764,53 km². Provinsi ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat dan Laut Flores di selatan.

Daftar Wisata Di Sulawesi Selatan
Peta Sulawesi Selatan
Luas dari wilayah Makassar sekitar 175,77 km persegi dengan jumplah penduduk sekitar 1,4 juta jiwa. Kota Makassar juga terkenal dengan angkutan tradisionalnya yaitu becak. Dengan popularitas jumplah yang mencapai 1.500 unit. Pemerintah setempat memberlakukan becak sebagai sarana pendukung pariwisata dan memang khusus beroperasi di sekitar kawasan wisata. Tarif naik becak tergantung dari kesepakatan Anda dengan pengayuh, jadi Anda dapat negosiasi terlebih dahulu sebelum pengayuh mengantarkan Anda untuk berkeliling menggunakan becak. 

Kota Makassar merupakan salah satu kota besar di Indonesia dari segi aspek pembangunan. Mayoritas penduduk kota Makassar adalah suku Makassar, Bugis, Toraja, Buton, Mandar, Jawa, dan Tionghoa.

Salah satu kebiasaan yang cukup dikenal di Sulawesi Selatan adalah Mappalili. Mappalili (Bugis) atau Appalili (Makassar) berasal dari kata palili yang memiliki makna untuk menjaga tanaman padi dari sesuatu yang akan mengganggu atau menghancurkannya. Mappalili atau Appalili adalah ritual turun-temurun yang dipegang oleh masyarakat Sulawesi Selatan, masyarakat dari Kabupaten Pangkep terutama Mappalili adalah bagian dari budaya yang sudah diselenggarakan sejak beberapa tahun lalu. Mappalili adalah tanda untuk mulai menanam padi. Tujuannya adalah untuk daerah kosong yang akan ditanam, disalipuri (Bugis) atau dilebbu (Makassar) atau disimpan dari gangguan yang biasanya mengurangi produksi.

Selain kota dengan sejuta kuliner, kota Makassar juga bisa memanjakan Anda dengan ragam wisata yang unik dan menarik. Berikut Daftar Wisata di Sulawesi Selatan :

Wisata Yang Populer Di Makassar
  1. Pantai Losari
  2. Fort Rotterdam
  3. Pantai Akarena
  4. Pulau Laelae
  5. Pulau Khayangan
  6. Pulau Samalona
  7. Benteng Sombaopu
  8. Pantai Barombong
  9. Makam Raja-Raja Tallo
  10. Makam Sjekh Jusuf (Gowa)
  11. Pelabuhan Paotere
  12. Taman Makam Pahlawan
  13. Trans Studio (Indoor Theme Park terbesar di dunia)
  14. Bantimurung, (Kabupaten Maros)
  15. Malino, (Kabupaten Gowa) Desa wisata Delta Lakkang
Objek wisata di kabupaten Gowa
  1. Kawasan Dataran Tinggi Malino
  2. Air Terjun Malino
  3. Kawasan Bendungan Bili-bili
Objek Wisata di Kabupaten Bulukumba
  1. Pantai Tanjung Bira : Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang jernih dan halus layaknya tepung. Pulau ini lokasinya di Kec. Bonto Bahari sekitar 46 Km jika dari Kota Bulukumba.
  2. Tana Beru Tempat Pembuatan
  3. Perahu Phinisi : Berlokasi di Pesisir pantai pada kelurahan Tana Beru yang jaraknya sekitar 25 Km kalau dari Kota Bulukumba. Tana Beru sudah dikenal sebagai sebuah tempat untuk pembuatan perahu atau sebuah kapal tradisional Phinisi.
  4. Kawasan Adat Ammatoa : Keindahan alam yang berwujud kelestarian kawasan hutan adalah ciri khas dari sebuah daerah adat ini, dan budaya dari masyarakat dengan hidup yang akan jauh dari sebuah hidup modern. Tempat ini lokasinya di Desa Tana Toa kec. Kajang yang jaraknya kurang lebih sekitar 56 Km jikalau Anda dari Kota Bulukumba, dengan memiliki fasilitas diantaranya tempat penerimaan tamu.
Objek Wisata di Kabupaten Maros
  1. Air Terjun Bantimurung : Kawasan ini lokasinya berada di Lembah Bukit Kapur atau Karst yang sangat curam dengan mempunyai vegetasi tropis yang subur, selain mempunyai air terjun yang sangat spektakuler juga menjadi sebuah habitat yang begitu ideal bagi berbagai macam spesies dan kupu-kupu, disini juga terdapat sebuah gua yang namanya gua mimpi dengan memiliki stalaktif dan stalaktimitnya yang sungguh menakjubkan sehingga jikalau Anda sedang berada di gua tersebut akan serasa seperti dalam sebuah mimpi.
  2. Salukang Karang : merupakan sebuah gua yang terbesar yang memiliki panjang kurang lebih sekitar 12 Km sayangnya tidak semua wisatawan akan diperbolehkan untuk masuk ke gua ini. Tempat ini juga disebut dengan nama Taman Prasejarah Leang-Leang dan lokasinya berada pada deretan bukit kapur yang begitu curam.
  3. Gua Pattunuang : objek wisata ini mempunyai kekayaan akan stalaktif dan stalakmit yang sangat menakjubkan dan juga panorama alam yang ada disekitarnya sangat cantik dan indah.
  4. Leang Panninge : adalah sebuah gua yang memiliki stalaktif dan stalakmit yang juga dapat memberikan sebuah kenyamanan tersendiri karena gua ini memiliki diameter yang lapang.
  5. Cagar Alam Karaenta : Tempat wisata lain yang lokasinya juga di Desa Samangki adalah Cagar Alam Karaenta yang juga merupakan sebuah kawasan dari hutan lindung. Salah satu daya tarik dari kawasan ini yaitu karena mempunyai gua yang dengan panjang kurang lebih sekitar 2.200 meter dan merupakan sebuah habitat alam yang ideal untuk kera dengan jenis Macaca Maura yang sudah tergolong langka.
Daftar Objek Wisata di Kabupaten Pangkajene Kepulauan
  1. Pulau Kapoposan : Pulau ini adalah salah satu dari sebuah gugusan kepulauan spermode, Pulau ini mempunyai gugusan terumbu karang yang sangat padat dan indah. Untuk dapat menikmati pemandangan dari alam bawah lautnya Anda dapat melakukan diving. Pulau ini lokasinya di Desa Mattiroujung Kecamatan Luikang Tupabiring.
  2. Kawasan Karst : Merupakan sebuah Kawasan yang terletak disepanjang perjalanan menuju ke Kab. Maros dan Peng Kep. Karst berbentuk sebuah gunung batu kapur dengan berbagai macam bentuk dan model.
  3. Waterboom : Adalah Kawasan daerah yang terletak kurang lebihnya adalah sekitar 4 Km jika Anda dari arah Kota Pangkep. Letaknya tepat berada di bawah kaki bukit karst Mattampa.
Objek Wisata di Pare-pare
  1. Pantai Lumpue
  2. Objek Wisata Gua Tompangnge juga sudah biasa disebut dengan nama gua kelelawar
  3. Water Boom Pare Pare
  4. Sumur Jodoh
  5. Kawasan Hutan Jompie
Objek Wisata di Kabupaten Barru
  1. Taman Laut Mallusetasi : Lokasinya di Kelurahan Bojo Baru.
  2. Pantai Labuangnge : Lokasinya di Kelurahan Bojo Baru.
  3. Pantai Lapakak : Lokasinya di Kelurahan Bojo Baru.
  4. Air Terjun Wae Saie : Lokasinya di Kelurahan Lompo Riaja.
  5. Sumber Air Panas Kalompie : Lokasinya di Desa Galung Kecamatan Barru.
Objek Wisata di Kabupaten Luwu
  1. Pantai Lalombo : adalah sebuah objek wisata yang berada di Kabupaten Luwu. Pantai ini jaraknya sekitar 3 Km jika Anda dari Pusat Kota Palopo, kawasan wisata ini mempunyai hamparan pasir putih yang indah dan daya tarik tersendiri yang mempesona. Pada kawasan ini juga terdapat berbagai fasilitas olahraga pantai seperti halnya lapangan volly pantai, area untuk memancing dan juga menyelam.
  2. Pantai Bone Pute : Lokasinya di Kecamatan Larompong.
  3. Gua Liang Andulan : Lokasinya di Desa Siteba Kecamatan Lamasi.
  4. Wisata Alam Latuppa : Lokasinya di Kecamatan Wara.
Objek Wisata di Kabupaten Pinrang
  1. Pulau Kamarrang : Lokasinya di Kelurahan Ujung Labuang.
  2. Pantai Kappe : Lokasinya di Desa Data,Kecamatan Duampanua.
  3. Pantai Wae Tuwo : Lokasinya di Desa Wae Tuwo.
  4. Air Terjun Karawa : Lokasinya di Kelurahan Betteng.
  5. Air Terjun Kalijodoh : Lokasinya di Kelurahan Betteng.
  6. Pemandian Air Panas Sulili : Lokasinya di Kelurahan Maminasse.
  7. Pemandian Air Panas Lemosusu : Lokasinya di Kelurahan Maminasse.
Objek Wisata di Kabupaten Soppeng
  1. Panorama Alam Kelelawar : Sejak Dahulu burung kalong memang sudah menghuni Pusat Kota Watansoppeng dan uniknya lagi kalau mereka hanya ingin berdiam diri dan bergantungan pada pepohonan yang lokasinya berada di jantung kota.
  2. Gua Coddang Citta : Gua ini lokasinya berada di Desa Citta Kecamatan Liliraja yang jaraknya sekitar 36 Km menuju arah sebelah timur dari Kota Watansoppeng. Merupakan wujud dari salah satu fenomena alam yang terbentuk pada kawasan batu gamping karst sekitar jutaan tahun lalu.
  3. Pemandian Alam Lejja : Lokasinya di Desa Bulu Kec. Marioriawa yang jaraknya sekitar 45 Km jika Anda dari Kota Watansoppeng.
  4. Pemandian Alam Ompo : Sebuah tempat wisata pemandian yang terletak di Kelurahan Ompo Kec. Labata yang berjarak sekitar 4 Km menuju arah sebelah utara jika dari Kota Watansoppeng.
Objek Wisata di Kabupaten Sinjai
  1. Pulau Burungloe
  2. Pulau Liang liang
  3. Pulau Kambuno
  4. Pulau Kodingare
  5. Pulau Batanglampe
  6. Pulau Katingdoang
  7. Pulau Katanalo 1
  8. Pulau Katanalo2
  9. Pulau Larearea.
Objek Wisata di Kabupaten Enrekang
  1. Buttu Kabobong (Bambapuang) yang lokasinya berada di Bambapuang kec. Anggeraja yang berjarak kurang lebih sekitar 17 Km dari Kota Enrekang.
Objek Wisata di Kabupaten Bone
  1. Pantai Tanjung Palette : Lokasinya berada di Desa Palette Kec. Tanete Riattang yang jaraknya kurang lebih sekitar 33 Km menuju ke arah selatan Kota Bone.
  2. Gua Mampu : Lokasinya berada di Desa Labbeng.
  3. Gua Cempalagi : Lokasinya berada di Desa Mallari.
  4. Pantai Ancue.
Objek Wisata di Kabupaten TanaToraja
  1. Ke'te Kesu : Lokasinya berjarak sekitar 5 Km jika Anda dari tetangga Rantepao. obyek wisata ini sangat mempesona dan berada di desa ini yang berupa tongkonan, lumbung padi serta bangunan megalit yang berada di sekitarnya. Kawasan perkampungan ini juga sudah terkenal akan seni ukirannya dan juga merupakan sebuah tempat yang menarik untuk Anda yang ingin berbelanja cenderamata.
  2. Londa : Merupakan sebuah tebing yang curam, di tebing tersebut terdapat banyak sekali lubang mayat (Liang).
  3. Pallawa : Lokasinya berada sekitar 12 Km menuju ke Utara dari Rantepao, Tongkonan atau sebuah Rumah Tradisional Pallawa merupakan salah satu tongkonan yang juga menarik, dan letaknya diantara pohon-pohon bambu yang berada di puncak bukit.
  4. Batu Tumonga : merupakan sebuah kawasan pegunungan yang indah dan letaknya berada sekitar 1300 m diatas permukaan laut. Para kawasan ini Anda bisa menemukan kurang lebihnya ya sekitar 56 batu menhir yang berada dalam 1 lingkaran dengan sekitar 4 pohon pada bagian tengah, kebanyakan batu menhir ini berketinggian antara 2-3 m.
  5. Lemo : Pada pemakaman Lemo ini Anda bisa melihat indahnya hamparan persawahan dan sebuah kuburan tebing (Liang) dengan bentuk makamnya yang sederhana seperti sebuah rumah kecil yang permanen atau Patane.
  6. Borik : tempat ini merupakan sebuah lapangan pesta untuk para bangsawan yang ada di Tana Toraja dan pada tengah-tengah lapangan ini terdapat banyak berbagai batu menhir yang tingginya kurang lebih sekitar 3-7 m dan besar lingkarannya kurang lebihnya sekitar 2-5 m.
Objek Wisata di Kabupaten Takalar
  1. Pulau Sanrobengi.
  2. Pulau Lihukan : Lokasnya berada di kawasan Pantai Bira.
  3. Pulau Selayar : Lokasnya berada di arah tenggara dari daratan semenanjung Sulawesi Selatan.
  4. Benteng Bontobangun.
Objek Wisata di Kabupaten Jeneponto
  1. Pulau Harapan : Lokasnya berada di Desa Mallasoro di arah sebelah barat Kabupaten Jeneponto.
  2. Air Terjun Boro : Lokasnya berada di Kecamatan Kelara,
  3. Pantai Birtaria Kassi : Lokasnya berada di Kecamatan Tamalatea.
Objek Wisata di Kabupaten Banteng
  1. Pantai Marina Korong Batu : Salah satu wisata pantai ini Lokasnya berada di Desa Baruga kec. Pa'jukukang yang berjarak sekitar 19 Km jika Anda dari Kota Bantaeng.
  2. Air Terjun Bissapu : Jika Anda ingin melakukan perjalanan untuk menuju air terjun ini alangkah baiknya jika dilakukan pada waktu pagi hari, Pada sepanjang jalan ini Anda bisa merasakan hawa udara yang sejuk dan juga pemandangan alam yang indah dengan pepohonan hijau berada dikanan kiri jalan.
  3. Hutan Wisata Gunung Loka : Lokasnya berada di Desa Bonto Marranu, Kecamatan Uluere.
  4. Pantai Tope Jawa : Lokasnya berada di Desa Topejawa.
  5. Pantai Tanakeke.
Sulawesi Selatan juga merupakan surga bagi pecinta kuliner. Mulai dari seafood, Chinese food atau makanan yang paling terkenal yaitu soto makasar. Sop saudara mirip dengan soto tapi rasanya lebih tawar daripada. Konro juga salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang terkenal lezat. Untuk cemilan, Anda mungkin ingin mencoba jalangkote, sejenis kue kering dengan isi yang lezat dan dimakan dengan saus cabai. Untuk makanan penutup, cobalah pisang epe, yaitu pisang yang disiram saus gula merah, biasanya dicampur nangka atau durian. Es palung butu, terbuat dari irisan pisang, es batu, santan, dan sirup merah, rasanya segar dan lezat. Pisang hijau adalah pisang yang dilapisi adonan terigu dan daun pandan, Dipotong lalu disiram sirup cocopandan.

Itulah beberapa Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Selatan yang membuat sobat tidak ingin meninggalkan kota Makassar, dengan banyaknya wisata yang harus sobat nikmati.