Beberapa Pandangan Yang Keliru Tentang Mac

Beberapa Pandangan Yang Keliru Tentang Mac-Setelah sebelumnya saya sudah share tentang Mengenal Sistem Operasi Dan Sejarah Macintosh dan kali ini saya akan membahas kembali beberapa mitos atau pandangan masyarakat tentang Mac. Bagi sebagian orang yang belum pernah terjun di dunia mac, pasti banyak yang beranggapan miring terhadap sistem operasi yang satu ini. Diantaranya ada yang bilang kalau software di mac itu susah didapat, harganya yang mahal, penggunaan yang rumit, dsb. Disini saya akan sedikit menjabarkan beberapa mitos yang keliru tentang mac, tentunya sejauh pengalaman saya pribadi. 

Beberapa Pandangan Yang Keliru Tentang Mac

1. Mac itu Mahal

Sebenarnya ukuran mahal untuk sebuah mac adalah relatif. Untuk masyarakat umum yang menggunakan komputer untuk kegiatan ringan seperti mengetik atau pekerjaan umum lainnya, kebanyakan akan berpikir – menggunakan pc/laptop biasa yang harganya jauh dibawah mac saja sudah cukup mumpuni kok, kenapa harus memilih mac yang lebih mahal?

Beberapa Pandangan Yang Keliru Tentang Mac
apple macbook pro
Sebenarnya mac menawarkan solusi biaya-efektif dan bisa dibilang lebih kepada investasi. Mac dirancang untuk produktivitas optimal dengan harga dan kinerja yang luar biasa. Jadi menggunakan mac, sama saja dengan menggunakan teknologi komputasi canggih yang inovatif yang kebanyakan belum ditemui di platform/vendor lain. Contohnya, macbook ada yang dibandrol seharga $1100. Harga tersebut sudah dibundling dengan salinan OS asli (MacOS) + iLife yang kalau ditotal kira2 lebih dari $200. Jadi harga macbook sendiri sekitar $900. Masih setara dengan laptop mid-end di pasaran bukan? Apalagi Mac OS merupakan os yang paling inovatif dan berkembang serta indahnya naudzubillah, hahaha worth it deh.

2. Sulit Mencari Aplikasi Mac

Nah, yang kedua ini juga pernah saya rasakan sebelum mencicipi mac. Banyak yang beranggapan bahwa mencari aplikasi di mac itu sulit dan tidak semudah di windows. Padahal nyatanya di internet maupun app store, banyak sekali aplikasi mac baik yang gratis maupun berbayar. Yang gratis pun menurut saya banyak sekali. Selain itu, kebanyakan aplikasi di mac dibuat oleh para developer yang sangat menjunjung tinggi estetika dan pedoman dari apple. Yah, sebagian besar aplikasi di mac selain powerful, juga memiliki interface/tampilan yang sangat indah dan mudah sekali untuk digunakan.

3. Tidak Ada Aplikasi/Software Bajakan di Mac

Hal ini biasanya ditanyakan oleh para maniak windows yang sering mengunduh/ menggunakan aplikasi bajakan/crack atau apalah istilahnya. Di mac apakah ada aplikasi bajakan? Tentu saja, banyak juga kok yang tersebar luas di internet. Jadi untuk anda yang berbudget kecil, jangan berkecil hati. Karena kita masih dapat menggunakan berbagai macam aplikasi bajakan juga di mac. Walaupun sebenarnya ini sangat tidak saya anjurkan.

Mac Update- Salah satu situs download aplikasi mac
Namun bagi anda yang berbudget lebih, alangkah baiknya untuk menyisihkan sedikit uang untuk membeli aplikasi yang legal. Toh harga aplikasi mac jauh lebih murah jika dibandingkan aplikasi legal di windows. Hitung2 menghargai jerih payah/keringat si developer juga kan? InsyaAllah dapat pahala itu hehe.

4. Tidak Ada Virus di Mac

Ini juga anggapan yang keliru. Sebenarnya mac bukannya tidak bisa terjangkit virus, hanya saja virus yang dibuat di platform ini jumlahnya sangat sedikit sekali (sangat+sedikit+sekali) dan jarang ditemui. Walaupun ada beberapa seperti contohnya beberapa waktu yang lalu banyak komputer mac yang terinfeksi trojan flashback. Namun apple segera merespond dengan memberikan update sistem keamanan  dalam waktu singkat.

Beberapa Pandangan Yang Keliru Tentang Mac
Ilustrasi virus mac
Jadi yang benar adalah virus di mac itu ada, tapi jumlahnya sangat sedikit sekali jika dibandingkan dengan windows yang sangat bejibun dan mengganggu produktifitas tentunya. Jadi dengan menggunakan mac, selain tampilan indah, tidak terganggu banyaknya virus (jadi jarang ditemui pengguna mac yang pernah melakukan ritual ‘install ulang’) dijamin produktivitas anda akan meningkat seperti yang saya rasakan saat bekerja menggunakan mac.

5. Aplikasi Windows/Linux Tidak Bisa Jalan di Mac

Saya dulu sering bertanya tanya, di windows biasanya pake Ms.Office (Word, Excel, Powerpoint, dsb), Adobe Photoshop, Firefox, dsb. Apa aplikasi2 windows tersebut ada dan bisa digunakan di mac? Karena takutnya banyak aplikasi yang tidak kompatibel nih.

Dan jawabannya adalah ada dan sangat bisa. Mac dirancang sedemikian rupa untuk memanjakan penggunanya. Beberapa vendor besar seperti Adobe bahkan Microsoft juga membuat aplikasi Ms.Office khusus untuk mac #nahloh. Selain itu, mac bisa diinstal sistem operasi lain semacam windows dan linux juga kok. Jadi kita bisa menjalankan aplikasi2 khusus os lain di mac juga. Tapi sebaliknya, apakah windows/linux bisa menjalankan aplikasi mac/os lain? haha.

Beberapa Pandangan Yang Keliru Tentang Mac
Microsoft Office for Mac
Selain bisa diinstal os lain, mac juga mampu menjalankan os lain tersebut tanpa menginstalnya secara permanen atau biasa dilakukan dengan metode virtualisasi desktop. Sehingga kita dapat menjalankan os lain bersamaan dengan mac, tanpa perlu booting terlebih dahulu dan memilih os yang akan dijalankan. keren kan!

6. Mac Tidak Pernah Hang/Macet

Setiap sistem operasi pasti mengalami yang namanya hang, yah namanya juga sistem buatan manusia. Biasanya hang disebabkan oleh aplikasi/program yang memiliki kode penulisan yang buruk/salah, sistem yang sudah berumur/tua, atau aplikasi yang kurang kompatibel dengan versi osnya.

Beberapa Pandangan Yang Keliru Tentang Mac
menutup paksa aplikasi mac
Sedikit perbedaannya adalah kalau di windows hang, biasanya seluruh aplikasi akan terpengaruh, kemudian lanjut ke blue screen of death (layar biru) dan ujung ujungnya restart deh. Kalau di mac, saat sebuah aplikasi mengalami hang, yang muncul adalah animasi loading di aplikasi yang bersangkutan. Sedangkan aplikasi yang lain, tidak akan terpengaruh sama sekali. Jadi kalau sebuah aplikasi hang, tinggal buka activity monitor, tutup aplikasi yang bersangkutan, launch lagi deh, beres!

7. Mac Itu Sulit Dipelajari

Mac itu sulit dipelajari? Haha, pernyataan tersebut akan segera hilang dari benak anda ketika memulai menggunakan mac. Yah, seperti yang telah saya sampaikan di artikel sebelumnya : pengalaman menggunakan macbook pro – mac didesain dengan mengutamakan keindahan serta kemudahan penggunaan (Easy to Use). Saya sendiri hanya membutuhkan waktu kurang dari seminggu untuk mempelajari sebagian besar tetek bengeknya si mac ini.

Yah, sebagian Beberapa Pandangan Yang Keliru Tentang Mac adalah pendapat saya pribadi. Tidak menutup kemungkinan, banyak juga yang memiliki anggapan lain tentang mac. Akhir kata semoga review kali ini bermanfaat. Salam Macintosh!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon