Cara Mempercepat Koneksi Internet

Wibi Alwi Surya Kuncoro 18.56.00
Cara Mempercepat Koneksi Internet - Jaringan Internet yang lelet atau lemot memang sangat menjengkelkan, dalam kasus seperti ini, banyak pengguna internet yang menyalahkan operator atau "ISP" tempat berlangganan internet tadi. Operator tempat anda berlangganan internet tadi tidak seharusnya disalahkan, karena operator sudah berupaya keras memberikan yang terbaik untuk para pelanggannya. Lagipula, seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memang merupakan Negera dengan Koneksi Internet terlambat kedua setelah India pada kawasan Asia Pasifik.

Akamai Technologies Inc sebagai Penyedia layanan cloud global telah merilis laporan State of the Internet edisi terbaru untuk kuartal III 2013. Laporan tersebut berisi data-data mengenai kecepatan koneksi internet, jumlah traffic, adopsi broadband, dan serangan cyber dari hasil survei 122 negara di seluruh dunia yang tergabung dalam Akamai Intelligent Platform.



State of the Internet kali ini melaporkan bahwa angka kecepatan koneksi internet dunia telah meningkat sebesar 10 persen dibanding kuartal lalu menjadi 3,6 megabit per detik (Mbps). Jumlah yang merupakan rata-rata global itu masih lebih tinggi dibandingkan kecepatan koneksi internet Indonesia yang pada kuartal ini tercatat sebesar 1,5 Mbps.

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Angka tersebut mendudukkan Indonesia di posisi kedua terbawah di antara negara-negara Asia Pasifik, dalam hal kecepatan koneksi internet rata-rata. Di wilayah ini, Indonesia hanya lebih tinggi dari India yang mencatat angka 1,4 Mbps.

Cara Mempercepat Internet

Nah terus bagaimana Alternatif untuk mempercepat koneksi internet yang lambat? Silahkan disimak baik-baik tips yang ada dibawah ini.

1. Menggunakan Modem yang Cepat

Modem jelas sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet anda. Silahkan bandingkan kecepatan ketika anda menggunakan modem 7.2 Mbps dengan ketika anda menggunakan modem 100 Mbps. Mana yang lebih cepat? Pasti modem 100 Mbps.

2. Menggunakan Antena Penguat Sinyal

Antena, pasti anda sudah tahu dengan benda yang satu ini, antena berfungsi sebagai penangkap sinyal. Penggunaan antena modem hanya dikhususkan bagi anda yang memiliki jaringan yang lemah. Mungkin saja dengan jaringan yang lemah membuat koneksi internet anda melambat. Silahkan mencoba Antena Powerfull Super Gain untuk mengatasi masalah ini. Masih bingung bagaimana bentuk dari Antena ini, silahkan lihat [disini]

3. Menggunakan USB Extender

Dengan USB Extender modem tidak akan langsung tercolok ke USB yang ada pada laptop atau komputer anda, sehingga mencegah kemungkinan modem akan panas dan mengakibatkan koneksi internet yang tidak akan stabil.

4. Mengatur gpedit.msc dan regedit 

Mengatur gpedit.msc untuk mempercepat koneksi internet.
Silahkan jalankan perintah yang ada dibawah ini :

Start -> Run -> ketik gpedit.msc -> Local Computer Policy -> Computer Configuration -> Administrative Templates -> Network -> QOS Packet Scheduler -> Limit Reservable Bandwidth ->  Pilih Disable.

Mempercepat koneksi internet dengan DNS cache

Silahkan salin kode yang ada dibawah ini kedalam Notepad, kemudian simpan dengan nama bebas dengan format .reg , Misalnya simpan dengan nama dnscache.reg . Jangan lupa pada pilihan Save As Notepad, pilih all files, kemudian baru simpan dengan nama yang tadi.
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
“CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001
“CacheHashTableSize”=dword:00000180
“MaxCacheEntryTtlLimit”=dword:0000fa00
“MaxSOACacheEntryTtlLimit”=dword:0000012d
Untuk point nomor 1, anda tidak diwajibkan untuk memakai modem dengan kapasitas/kecepatan 100 Mbps, anda juga bisa memakai modem dengan speed yang lebih rendah, misalnya 28 Mbps, 42 Mbps dll.  Itulah sedikit tips Bagaimana Cara Mempercepat Internet yang dapat wibialwis infokan kepada para pembaca semua. Semoga dengan tips-tips diatas bisa mengatasi masalah internet lambat yang anda alami.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon