Cara Merekam Desktop Dengan Aplikasi Jing

Cara Merekam Desktop Dengan Aplikasi Jing-Jing merupakan aplikasi yang dibuat oleh TechSmith, pembuat SnagIt dan CamTasio Studio. Program ini bisa dikatakan versi lite (ringkas) kedua program itu karena mempunyai dua fitur yaitu Capture Image (PNG) dan juga Screen Recording yang menghasilkan format video SWF. Jika ingin menfokuskan video untuk web site ( dalam format SWF ), mungkin program ini cukup bagus, selain kita juga bisa mengupload hasilnya di alamat screencast.com yang menyediakan space gratis sampai 2 GB. 
"Jadi Anda telah menginstal Jing, terus apa lagi? Pelajari cara untuk mengambil capture pertama Anda, dan kami yakin Anda akan mendapatkan menguasai Jing dengat sangat cepat." Kata techsmith.com.
Hanya saja, untuk menggunakan aplikasi ini, kita harus bergabung (sign up) ke screencast.com, sehingga memerlukan koneksi internet. Meskipun ukuran aplikasi ini hanya sekitar 4.9 MB, tetapi kita harus menginstall Microsoft .NET Framework 3.0, yang ukurannya sekitar 50 MB ( untuk windows XP kebawah ). Untuk WIndows Vista sudah disertakan .NET Framework 3.0. 

Disini saya akan sedikit memberikan arahan dalam menggunakan Software ini, simak ulasan di bawah ini :

Cara Merekam Desktop Dengan Aplikasi Jing

1. Download Software nya Disini
2. Apakah Anda melihat matahari? Ini terlihat seperti gambar di bawah - yang samar tanpa kursor mouse. Ini diam-diam terselip di suatu tempat di tepi layar Anda, selalu siap ketika Anda perlu membuat sebuah Capture. (Oh, dan Anda selalu dapat memindahkan atau menyembunyikan mataharijika Anda ingin.)

Cara Merekam Desktop Dengan Aplikasi Jing

Mengambil capture pertama Anda :

Keseluruhan alur kerja adalah untuk memilih sesuatu pada layar Anda, kemudian pilih Apakah Anda ingin membuat gambar atau video. Rekam atau keterangan Seperti yang diinginkan, kemudian menyimpan atau berbagi Capture selesai Anda. Berikut ini adalah rincian yang lebih rinci.

3. Arahkan kursor ke matahari dan tiga sinar kecil akan muncul seperti gambar diatas.
  • Yang paling kiri adalah Capture . Ini adalah menu untuk memulai merekam.
  • Yang di tengah adalah History. Riwayat rekama yang Anda buat berada pada menu ini.
  • Dan yang terakhir adalah More. Ada banyak pengaturan ada pada menu ini. Misalnya, Anda dapat mengatur Hotkeys, atau membuat matahari Jing tidak muncul pada layar Anda.
  • Klik Capture .
4. Pilih area layar Anda ingin rekam.
  • Anda dapat memilih untuk merekam keseluruhan jendela Anda, sebagian saja, atau hanya suatu daerah yang Anda inginkan saja.
  • Pilih apakah Anda ingin mengambil gambar atau video. 
  • Jika Anda memutuskan untuk merekam video, Anda dapat menambahkan narasi pada video Anda  dalam merekam aktifitas di layar, itupun jika Anda punya mikrofon pada PC Anda. Video dibatasi hanya sampai durasi 5 menit saja untuk Jing. jika Anda ingin membuat video yang agak panjang dari techsmith.com, gunakan SnagIt (tidak gratis).
5.  Lakukan sesuatu dengan menangkap Anda selesai.
  • Anda bisa menyimpan Capture (rekaman Anda) ke komputer Anda.
  • Anda juga dapat menyalin gambar ke clipboard Anda. Hal ini membuat Anda mudah untuk beralih ke aplikasi lain seperti dokumen atau email dan menyisipkan gambar.
  • Berbagi kembali ke Screencast.com.
Lihat Tutorial Vidio Dibawah dari techsmith.com




Demikianlah info mengenai Cara Merekam Desktop Dengan Aplikasi Jing yang bisa saya share, Semoga Bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon