Langkah Keluar Dari Jebakan Kesibukan

Langkah Keluar Dari Jebakan Kesibukan-Kita harus meyakini bahwa waktu sangat berharga. Kita tidak akan pernah memiliki cukup waktu, dan waktu berlalu sangat cepat. Waktu tak akan terulang, dan kita tidak dapat memperlambat berjalannya waktu.

Langkah Keluar Dari Jebakan Kesibukan

Yang harus kita lakukan adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Berikut langkah-langkah sederhana yang dapat kita lakukan agar hari-hari kita tidak terbuang sia-sia.
  1. Rencanakan aktivitas siang hari pada malam sebelumnya. Pada malam hari, tulislah hal-hal yang harus kita lakukan esok hari untuk meraih tujuan yang kita tetapkan. Galilah informasi sebanyak mungkin, baik dengan menelepon maupun membaca.
  2. Buatlah prioritas. Berilah nomor setiap kegiatan dan urutkan dari yang paling sulit terlebih dahulu. Memang, kita sering kali tergoda melakukan aktivitas yang paling mudah lebih dahulu. Akan tetapi, bayangkanlah bagaimana beban pikiran tentang pekerjaan yang sulit akan selalu menghantui saat sedang melakukan kegiatan yang mudah. Bayangkan, perasaan gembira ketika pekerjaan yang sulit sudah terselesaikan, dan bayangkan motivasi yang akan kita rasakan.
  3. Tetaplah berpegang pada daftar kegiatan. Berilah tanda silang kegiatan yang kita kerjakan, jangan tergoda mengerjakan hal di luar daftar. Sering kali kita tergoda berbicara tidak penting lewat telepon dan membuka atau membaca email. Telepon memang sulit diabaikan, tapi kita bisa tetap berkonsentrasi pada pekerjaan dan membiarkan mesin penjawab telepon bekerja serta mematikan program pemberitahuan email. Aturlah waktu tersendiri untuk mengecek email, misalnya setiap dua jam sekali.
  4. Ingatlah semboyan 3 D. Do it (kerjakan), Delegate it (delegasikan), atau Dump it (tinggalkan). Tangani setiap kertas kerja hanya sekali saja. Baik sesuatu yang harus kita kerjakan sekarang, delegasikan kepada orang lain, atau singkirkan pekerjaan itu. Perlu diingat –kerjakan hanya jika kita bisa mengerjakannya.
  5. Jangan menunda-nunda. Kebiasaan menunda pekerjaan sesungguhnya ibarat pencuri waktu. Kita sering tergoda untuk menunda pekerjaan di lain waktu atau hingga memiliki waktu memikirkannya. Jangan menunda pekerjaan – kerjakan sekarang juga.
  6. Rencanakan waktu luang. Lakukan aktivitas pada periode waktu tertentu dan pada tempat tertentu. Jangan hanya pergi ke pusat kebugaran atau membuat janji dengan pelatih fitnes.
  7. Jujurlah pada diri sendiri. Ingatlah apa yang saya katakan pada bagian sebelumnya. Teruslah bertanya kepada diri sendiri, “Apakah yang sedang saya lakukan saat ini akan membawa ke arah yang ingin saya tuju?” Jika jawabannya ‘tidak’ maka gantilah aktivitas kita.

Cara-cara di atas merupakan cara paling mudah agar dapat memanfaatkan waktu Langkah Keluar Dari Jebakan Kesibukan dan kehidupan dengan lebih baik. Gunakan slogan sebuah produsen sepatu terkemuka Nike, ‘’Just do it” (Kerjakan saja!).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon