Cara Mencari Proxy Sendiri Di Hidemyass

Gara-gara Smartfren gangguan cukup lama, beberapa hari ini harus disibukkan mencari proxy sendiri agar tetap bisa internetan. Sebab pakai Smartfren ini kalau kemarin-kemarin sih cuma bisa akses situs lokal saja, sedangkan akses situs luar seperti Facebook, Twitter, Google, dan teman-temannya tidak bisa sama sekali. Bahkan blog sendiri pun tidak bisa diakses. Kebetulan kan Blog Teknik IT dihosting di Hawkhost jadi menggunakan server USA. Jadi dalam beberapa hari kemarin cuma bisa buka Kaskus doank, yah lihat-lihat informasi seputar perkembangan Smartfren yang semakin lama semakin tidak benar saja.

Sambil main-main di forum Kaskus ternyata banyak juga teman-teman yang share proxy bagus sehingga dengan proxy tersebut kita bisa akses situs luar. Walaupun agak lemot setidaknya bisa buka Facebook. Dan memang benar, setelah menggunakan proxy ternyata Facebook bisa diakses dan blog inipun bisa terbuka dari laptop saya menggunakan modem Smartfren.

Penggunaan proxy ini sebenarnya cuma untuk keadaan darurat saja. Jadi jangan keseringan menggunakan proxy, apalagi kita tidak tahu darimana asal proxy tersebut. Bagi yang sekedar browsing-browsing saja tidak masalah asal jangan digunakan untuk transaksi online. Sebab menggunakan proxy ini diibaratkan kita meminjam komputer teman. Ya kalo komputer teman kita tersebut aman dari keylogger, kalau dipasangin keylogger? Apa tidak data-data yang kita masukkan selama berinternet bisa terekam di komputer tersebut?

Makanya tidak disarankan anda bertransaksi online menggunakan proxy, pokoknya yang berbau duit. Atau anda online Facebook dan buka email sekalian, wah bahaya nanti, bisa-bisa akun Facebook anda dihack orang yang punya proxy tersebut.

Oh ya ini ada pengalaman saya kemarin saat Smartfren gangguan. Nah saat itu saya menggunakan proxy yang diberikan teman-teman di forum kaskus. Pas waktu itu tidak sadar kalau sedang menggunakan proxy. Saya transaksi online lewat Paypal, eh besoknya akun Paypal saya bermasalah. Bukan limit sih tapi ada peringatan bahwa telah terjadi unusual login. Saya disuruh verifikasi nomer rekening Bank, pas waktu itu nomer rekening yang saya daftarkan telah saya tutup dan saya sendiri lupa nomer rekeningnya, terpaksa harus menghubungi langsung di Bank nya.

Selesai verifikasi nomer rekening kemudian disuruh mengganti password dan pertanyaan keamanan, habis itu masih lagi disuruh menambahkan CC/VCC, kebetulan masa aktif VCC Paypal saya sudah expired, terpaksa beli VCC lagi di forum Ads-id. Setelah add VCC baru akun Paypal saya diaktifkan lagi. Agak ribet sih tapi Alhamdulillah bisa balik lagi soalnya saldo Paypal saya masih ada $65, lumayan kan.

Nah itu sedikit pengalaman bagaimana resikonya menggunakan proxy jika digunakan untuk bertransaksi online.

Sekarang kembali ke topik yaitu mencari proxy di Hidemyass. Hidemyass menyediakan proxy-proxy gratis dari berbagai negara. Anda tinggal milih saja di sana. Untuk masalah proxy mana yang cepat sih ya tergantung juga, harus cobain satu-satu. Proxy di sini bukan untuk mempercepat koneksi internet loh, tapi untuk memperlancar koneksi interne, loh sama kah? Pokoknya seperti yang saya sebutkan di atas tadi, menggunakan proxy sama saja meminjam komputer orang lain.

1. Kunjungi Hidemyass.com kemudian pilih tab IP: Port Proxies




2. Pilih negara, misal saja pilih Indonesia, untuk port centang saja All port, yang lain ikuti saja gambar di bawah. Untuk Speed dan Connection time pilih yang Fast saja, kemudian klik tombol Update Results

3. Akan ditampilkan daftar proxy baru yang berasal dari negara Indonesia



Anda bisa memilih salah satu dan coba sendiri bagaimana pengaruhnya terhadap koneksi internet anda. Biasanya yang saya pilih pertama adalah yang Speed bar nya mendekati penuh. Kemdian masukkan proxy tersebut pada browser anda, pengguna browser Firefox sudah saya jelaskan sedikit cara memasukkan proxy pada Firefox, bisa anda baca lagi DI SINI.

Proxy yang anda dapatkan ini gratis, jadi sewaktu-waktu tidak berfungsi lagi, jadi anda cari lagi proxy yang lain. Jika pengen lebih aman sih saya sarankan menggunakan VPN, tapi ya harus bayar sih biasanya bulanan.

Oh ya satu lagi, proxy ini juga bisa menyembunyikan identitas kita. Jadi saat kita berselancar internet menggunakan misal proxy Amerika maka IP yang kedetek adalah IP Amerika, bukan IP komputer kita. Gunakan proxy ini sebijak mungkin dan seaman mungkin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon