Kanker Payudara Pada Laki-Laki

Wibi Alwi Surya Kuncoro 21.27.00
Kanker Payudara Pada Laki-Laki-Menurut US National Cancer Institute, kanker payudara laki-laki paling sering terjadi pada pria antara usia 60 dan 70. Faktor risiko itu mencakup paparan radiasi, riwayat keluarga kanker payudara, mutasi genetik, dan memiliki tingkat estrogen yang tinggi, yang dapat terjadi dengan penyakit seperti sirosis atau sindrom Klinefelter.

Tips Kesehatan dan Pengobatan untuk kanker payudara laki-laki biasanya adalah mastektomi, yaitu operasi untuk mengangkat payudara. Dimungkinkan untuk melakukan konservasi payudara "lumpectomy" untuk mengurangi bekas luka, namun. Dr Golshan dan rekan-rekannya melakukan serangkaian tujuh lumpectomies dalam orang dari 1996 hingga 2005, yang menurutnya mungkin satu-satunya seri dari konservasi payudara operasi pada pria yang pernah dilakukan.

Pengobatan lain mungkin termasuk radiasi, kemoterapi/terapi hormon. Sebagian besar tumor payudara pada pria adalah estrogen reseptor positif, kata Dr Golshan, yang berarti mereka menanggapi estrogen-blocking obat yang membantu untuk memblokir penyebaran kanker. Namun dalam penelitian Dr Greif, hanya 41% laki-laki diobati dengan obat anti-estrogen. Hal ini menunjukkan pengobatan kanker payudara pada pria, seperti kesadaran akan penyakit pada umumnya, mungkin masih memiliki beberapa penangkapan dan temuan lainnya.

Gejala Payudara Pada Laki-Laki

Kanker Payudara Pada Laki-Laki
1. Massa Payudara 

Jika Anda seperti kebanyakan pria, Anda mungkin belum pernah mempertimbangkan adakah kemungkinan memiliki kanker payudara. Meskipun tidak umum, sangat mungkin. "Setiap massa baru di daerah dada seorang pria perlu diperiksa oleh seorang dokter," kata Lichtenfeld.

Selain itu, The American Cancer Society mengidentifikasi beberapa tanda-tanda yang mengkhawatirkan yang melibatkan payudara yang pria maupun perempuan yang harus diperhatikan. Mereka termasuk:

· Kulit lesung atau kerutan

· Penarikan kembali putting

· Kemerahan atau sisik pada puting atau kulit payudara

· Keluarnya puting

Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter Anda tentang salah satu tanda-tanda ini, mengharapkan dia untuk mengambil sejarah yang cermat dan melakukan pemeriksaan fisik. Lalu, tergantung pada penemuannya, dokter dapat meminta mammogram, biopsi, atau tes lainnya.

2. Rasa Sakit
Kanker Payudara Pada Laki-Laki
Saat mereka menua, orang sering mengeluh lebih sakit dan nyeri. Tetapi rasa sakit, mungkin juga hanya seperti samar-samar, bisa menjadi gejala awal kanker meskipun kebanyakan keluhan nyeri bukan dari kanker.

Setiap rasa sakit yang berkelanjutan, menurut American Cancer Society, harus diperiksa oleh dokter Anda. Dokter dapat melihatnya dengan cermat, mendapatkan lebih banyak rincian, dan kemudian memutuskan apakah pengujian lebih lanjut diperlukan, dan jika demikian iya maka apa jenisnya. Jika itu bukan kanker, Anda akan tetap mendapatkan keuntungan dari kunjungan ke dokter. Itu karena dokter dapat bekerja sama dengan Anda untuk mencari tahu apa yang menyebabkan rasa sakit dan membantu Anda untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selanjtnya.

3. Perubahan Dalam Testis

Kanker Payudara Pada Laki-Laki
Kanker testis terjadi paling sering pada pria usia 20-39. American Cancer Society merekomendasikan bahwa laki-laki harus mendapatkan ujian testis oleh dokter sebagai bagian dari pemeriksaan rutin terkait kanker. Dan beberapa dokter menyarankan pengujian diri secara bulanan.

Yu mengatakan kepada WebMD bahwa menjadi waspada akan gejala testis yang menyusahkan antara pengujian adalah bijaksana. "Setiap perubahan dalam ukuran testis, seperti pertumbuhan atau penyusutan," Yu mengatakan, "harus menjadi perhatian." Selain itu, pembengkakan atau benjolan tidak boleh diabaikan. Juga tidak boleh ada perasaan berat dalam skrotum. Beberapa kanker testis terjadi dengnan sangat cepat. Jadi deteksi dini adalah terutama dan penting. Yu ingat seorang pemuda yang menunggu hingga testis berubah menjadi seukuran jeruk sebelum datang untuk meminta bantuan. "Jika Anda merasa adanya gumpalan keras [di testis], segera langsung minta untuk diperiksa," kata Yu.

Dokter Anda akan melakukan pengujian testis dan penilaian secara keseluruhan atas kesehatan Anda. Jika dicurigai adanya kanker, tes darah dapat dilakukan. Anda dapat menjalani pemeriksaan USG skrotum. Dokter Anda mungkin juga memutuskan untuk dilakukan biopsi, mengambil sampel kecil jaringan testis untuk diperiksa apakah terdapat kanker.

4. Perubahan dalam Kelenjar Getah Bening

Jika Anda melihat adanya benjolan atau pembengkakan di kelenjar getah bening di bawah ketiak atau di leher - atau di mana pun - itu bisa menjadi alasan sebuah keprihatinan, kata Hannah Linden, MD. Linden adalah onkologi medis dan profesor kedokteran di University of Washington School of Medicine. Dia juga bergabung sebagai anggota asosiasi dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, Washington, "Jika Anda memiliki kelenjar getah bening yang akan semakin membesar, dan itu sudah lebih dari sebulan, temui dokter Anda," katanya.

Dokter akan memeriksa dan mengetahui jaringan-jaringan terkait yang bisa menjelaskan mengapa adanya pembesaran kelenjar getah bening tersebut, seperti infeksi. Jika tidak ada infeksi, biasanya seorang dokter akan meminta Anda untuk biopsi.

 5. Demam

Jika Anda mempunyai demam yang tidak jelas, hal itu mungkin menunjukkan kanker. Bisa juga tanda pneumonia atau penyakit lainnya yang memerlukan perawatan.

Kebanyakan kanker akan menyebabkan demam pada beberapa titik. Sering kali, demam terjadi setelah kanker telah menyebar dari situs aslinya dan menyerang kebagian lain dari tubuh. Tetapi bisa juga disebabkan oleh kanker darah seperti limfoma atau leukemia, menurut American Cancer Society. Lebih baik untuk tidak mengabaikan demam yang tidak dapat dijelaskan. Periksakan ke dokter Anda untuk mencari tahu apa yang mungkin menyebabkan hal itu terjadi dan jika ada maka apa yang harus dilakukan.

6. Kehilangan Berat Badan Tanpa Mencoba

Kehilangan berat badan yang tak terduga adalah sebuah keprihatinan, kata Lichtenfeld. "Sebagian besar dari kita tidak kehilangan berat badan dengan mudah." Dia berbicara tentang lebih dari sekadar beberapa kilogram dari program latihan yang ditingkatkan atau kurang makan karena jadwal yang sibuk. Jika seorang pria kehilangan lebih dari 10% dari berat badannya dalam waktu yang pendek seperti hitungan minggu, saatnya untuk menjumpai dokter, katanya.

Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik umum, mengajukan pertanyaan tentang diet dan olahraga, dan bertanya tentang gejala lainnya. Berdasarkan informasi, dokter akan memutuskan apakah tes lainnya diperlukan.

7. Sakit Perut dan Depresi Yang Menggigit

"Setiap orang yang punya rasa sakit dibagian perut dan merasa tertekan membutuhkan pemeriksaan," kata Lichtenfeld. Para ahli telah menemukan adanya kaitan antara depresi dan kanker pankreas. Gejala lain dapat termasuk sakit kuning atau perubahan warna pada tinja, sering kali warna abu-abu.

Mengharapkan dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan fisik dengan cermat dan mengambil sejarah kesehatan Anda. Dokter mungkin kemudian memerintahkan Anda untuk melakukan tes seperti sinar-X dada, CT scan, MRI, dan, mungkin, scan dan tes lainnya.

8.  Kelelahan (Fatigue)

Kelelahan adalah gejala yang tidak jelas lainnya yang bisa menunjukkan adanya kanker pada pria. Namun, sejumlah masalah lainnya juga bisa menyebabkannya. Seperti demam, kelelahan dapat terjadi setelah kanker sudah tumbuh. Tetapi mungkin juga bisa terjadi di awal kanker seperti leukemia atau bersama dengan beberapa kanker kolon atau lambung, menurut American Cancer Society.

Jika Anda sering merasa sangat lelah dan tidak membaik setelah istirahat, periksakan ke dokter Anda. Dokter akan mengevaluasi berikut gejala lainnya dalam rangka untuk menentukan apa yang menyebabkannya dan apa yang bisa dilakukan tentang hal itu.

 9. Batuk

Batuk dicurigai?, tentu saja, disertai pilek, flu, dan alergi. Mereka juga kadang-kadang sebagai efek samping dari obat. Tetapi batuk yang sangat berkepanjangan - didefinisikan sebagai yang berlangsung lebih dari tiga atau empat minggu - tidak boleh diabaikan, kata Ranit Mishori, MD, asisten profesor dan the family medicine clerkship at Georgetown University School of Medicine in Washington, D.C. Batuk semacam itu diperingatkan supaya berkunjung ke dokter. Itu bisa menjadi gejala kanker, atau dapat menunjukkan beberapa masalah lain seperti bronkitis kronis atau acid reflux.

Dokter akan mengambil sejarah kesehatan dengan teliti, memeriksa tenggorokan anda, memeriksa paru-paru anda apakah berberfungsi dengan baik, dan, terutama jika Anda seorang perokok, mungkin diminta untuk melakukan sinar-X. Setelah penyebab batuk teridentifikasi, dokter akan bekerja sama dengan Anda untuk menentukan rencana pengobatan.

10. Kesulitan menelan

Beberapa pria dapat melaporkan kesulitan menelan tetapi kemudian belajar untuk membiasakan hidup dengan hal itu, kata Lichtenfeld. "Seiring waktu, mereka mengubah diet mereka dengan makanan yang lebih encer. Mereka mulai untuk minum lebih banyak sup." Tetapi kesulitan menelan, katanya, bisa menjadi tanda seseorang menderita kanker GI, seperti kanker dibagian kerongkongan.

Biarkan dokter Anda tahu bahwa Anda mengalami kesulitan untuk menelan. Dokter akan mengambil sejarah kesehatan Anda dengan teliti dan mungkin meminta Anda untuk melakukan sinar-X dada. Mungkin juga dokter akan merujuk Anda ke dokter spesialis untuk endoskopi bagian atas untuk memeriksa kerongkongan dan bagian atas saluran pencernaan.

11.  Perubahan pada Kulit 

Anda harus mewaspadai tidak hanya pada perubahan dalam tahi lalat - yang terkenal potensial sebagai tanda kanker kulit - tetapi juga perubahan pada pigmentasi kulit, kata Mary Daly, MD. Daly adalah seorang onkologi dan kepala departemen clinical genetics di the Fox Chase Cancer Center di Philadelphia.


Dia juga mengatakan bahwa jika tiba-tiba mengembangkan perdarahan pada kulit atau sisik berlebihan adalah alasan yang terbaik untuk memeriksakannya ke dokter Anda. Sulit untuk mengatakan berapa lama yang terlalu lama untuk mengamati perubahan pada kulit, tetapi kebanyakan ahli mengatakan tidak perlu menunggu lebih lama daripada beberapa minggu.

Untuk mengetahui apa yang menyebabkan perubahan itu, dokter akan mengambil sejarah kesehatan dengan teliti dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter mungkin juga memerintahkan untuk melakukan biopsi untuk menyingkirkan kanker.
12. Darah Dimana Tidak Seharusnya

"Setiap kali Anda melihat darah keluar dari bagian tubuh di mana Anda belum pernah melihatnya sebelum ini, temui dokter," kata Lichtenfeld. "Jika Anda mulai batuk atau muntah darah, terdapat darah di usus, atau darah dalam urin, sudah waktunya untuk mengunjungi dokter."

Mishori bilang itu adalah sebuah kesalahan untuk menganggap darah yang ada didalam tinja hanya dari wasir. "Itu bisa dari kanker usus besar," katanya.

Dokter akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tentang gejala-gejala yang Anda alami. Dokter juga dapat memerintahkan untuk melakukan tes seperti kolonoskopi, yang mana pemeriksaan pada usus besar ini menggunakan sebuah tabung fleksibel panjang dengan kamera di salah satu ujungnya. Tujuan dari kolonoskopi adalah untuk mengidentifikasi tanda-tanda kanker atau pra-kanker atau untuk mengidentifikasi apa lagi yang mungkin yang menyebabkan perdarahan.

13. Perubahan pada Mulut

Jika Anda merokok atau mengunyah tembakau, Anda perlu waspada terutama untuk setiap bercak putih di dalam mulut atau bintik-bintik putih di lidah Anda. Perubahan tersebut mungkin menunjukkan leukoplakia, sebuah daerah pra-kanker yang dapat terjadi akibat iritasi yang berkelanjutan. Kondisi ini dapat berkembang menjadi kanker mulut.

Anda harus melaporkan perubahan ini ke dokter atau dokter gigi. Dokter gigi atau dokter akan mengambil sejarah kesehatan Anda dengan teliti, memeriksa perubahan, dan kemudian memutuskan tes lain apa yang mungkin diperlukan.

14. Masalah Urinary

Sebagai laki-laki yang telah berusia, masalah perkencingan menjadi lebih sering, kata Yu. Dia berbicara tentang dorongan atau rasa ingin buang air kecil yang lebih sering, rasa terdesak, dan perasaan tidak sepenuhnya telah mengosongkan kandung kemih. "Setiap orang akan mengembangkan masalah ini ketika ia semakin tua," katanya. "Tapi jika Anda perhatikannya dan menjadi keprihatinan Anda, Anda harus meminta bantuan." Itu terutama berlaku jika gejala-gejala menjadi lebih buruk.

Dokter Anda akan melakukan pengujian dubur digital, yang akan memberitahukan kepadanya apakah kelenjar prostat membesar. Sering kelenjar membesar sebagai seorang pria usia. Biasanya ini disebabkan oleh kondisi noncancerous yang disebut benign prostatic hyperplasia atau BPH. Dokter Anda juga dapat memerintahkan untuk melakukan tes darah untuk memeriksa tingkat antigen spesifik prostat atau PSA. PSA adalah suatu protein yang dihasilkan oleh kelenjar prostat, dan tes digunakan untuk membantu menentukan kemungkinan adanya kanker prostat. Jika dokter memperhatikan adanya kelainan pada prostat atau jika PSA lebih tinggi daripada seharusnya, dokter Anda dapat merujuk Anda ke urolog dan mungkin meminta Anda untuk melakukan biopsi.

15. Gangguan Pencernaan

Banyak orang, terutama ketika usia mereka bertambah tua, terpikir "serangan jantung" ketika mereka mendapatkan pencernaan yang buruk, bahkan jika mereka baru saja makan dan minum dalam perjalanan mereka untuk menonton Super Bowl. Tetapi gangguan pencernaan terus-menerus bisa menunjukkan adanya kanker kerongkongan, tenggorokan, atau perut dan harus dilaporkan kepada dokter Anda.

Dokter akan mengambil sejarah kesehatan dengan teliti dan mengajukan pertanyaan tentang episode pencernaan. Berdasarkan sejarah dan jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan, dokter akan memutuskan tes apa yang diperlukan.

Demikian info tentang Kanker payudara pada laki-laki yang bisa admin bagikan. semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon