5 Band Terbaik Sepanjang Masa

Dalam tulisan ini saya akan merangkum 5 band terbaik menurut saya jika melihat sisi kehebatan mereka dalam lagu, musikalitas, penghargaan, serta aksi panggung mereka. Masing-masing band memiliki ciri khas sendiri dan layak disebut ‘terbaik sepanjang masa’. Berikut 5 band yang menurut saya layak disebut sebagai ‘band terbaik sepanjang masa’.

1. Queen

Band yang berasal dari London, Inggris ini layak sekali diposisikan sebagai band terbaik di urutan teratas. Dari segi lagu, mereka memiliki lagu yang sering dinobatkan sebagai lagu terbaik sepanjang masa yaitu Bohemian Rhapsody. Ciri khas musik mereka sendiri sangat beragam. Terlebih mereka punya vokalis yang begitu terkenal hebat dan begitu memiliki ciri khas yang sangat kaya dari segi teknik vokal, musikalitas, serta aksi panggung yang sangat menawan. Band ini terdiri dari sarjana-sarjana di bidang mereka sendiri. Freddie Mercury sang vokalis merupakan sarjana di bidang seni, Brian May sang gitaris saat ini merupakan dokter kehormatan phD di bidang astronomi, sang drumer Roger Taylor di bidang kesehatan (kalau tidak salah kedokteran gigi), dan sang pembetot bass John Deacon merupakan sarjana teknik elektro yang kemudian menciptakan amplifier yang sering digunakan sang gitaris di periode 70an - 80an. Setiap personil memiliki ciri khas musik tersendiri yang kemudian disatukan dalam keunikan mereka menciptakan lagu.

Lagu-lagu Queen terdiri dari unsur opera yang begitu khas dan tidak melupakan unsur rock dan rock ‘n roll sebagai unsur utamanya. Selain ketiga jenis musik tersebut, ciri khas musik heavy metal, hard rock, ballad, pop, disco, jive, blues, jazz, rock choir dan sebagainya tidak luput dari bahan dasar racikan musik mereka. Terlebih mereka punya Freddie Mercury sebagai frontman yang bisa menyanyikan aliran musik itu semua. Dia sering menciptakan musik dan lagu dengan kord-kord yang aneh dan susah sekali dimainkan dengan gitar. Freddie Mercury sangat handal bermain piano, dan kebanyakan lagunya dimainkan dengan instrumen tersebut. Setiap lagunya memiliki ciri khas yang catchy dan enak didengar. Terlebih suara gitar buatan tangan sang gitaris Brian May dan ayahnya menambah pesona musik mereka. Lagu yang dinyanyikan terdapat unsur paduan suara yang sangat menawan antara Freddie Mercury, Brian May, dan juga Roger Taylor. Ketiganya sering menambahkan sisi paduan suara dalam lagu-lagu mereka. Tidak lepas dari itu juga, sang bassis yang pendiam memainkan baris bass yang sangat enak didengar seakan berkata dengan alat musik tersebut.
Queen berdiri di London tahun 1970. Band itu awalnya bernama Smile yang terdiri dari Brian May sebagai gitaris, Roger Taylor sebagai drumer, dan Tim Staffel sebagai bass dan vokalis utama. Tim Staffel sendiri merupakan teman baik dari Freddie Mercury yang memperkenalkannya ke personil Smile lainnya. Akhirnya Tim Staffel mengundurkan diri dengan alasan ingin berkarir solo, dan Freddie Mercury mengajukan dirinya menjadi vokalis dan mengganti nama menjadi Queen. Freddie Mercury yang merupakan mahasiswa kesenian merancang lambang band tersebut menggunakan shio mereka semua.

Tahun 1971, Queen yang masih merupakan band baru mencari seorang bassis untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Tim Staffel. Setelah mengaudisi 6 orang, akhirnya John Deacon dipilih mengisi posisi tersebut sebagai orang ketujuh atau the lucky seventh. Queen pun membentuk album berjudul Queen dan merasakan sukses mulai dari album ketiga mereka, Sheer Heart Attack. Setelah itu mereka menjadi sangat terkenal bahkan di Amerika Serikat setelah merilis album A Night At The Opera yang diisi oleh lagu mahakarya mereka sebagai musisi, yaitu lagu Bohemian Rhapsody dan juga Love of My Life.

Sampai saat ini Queen masih diakui oleh band-band muda hingga musisi-musisi senior sebagai panutan dalam karya musik. Sampai saat ini juga masih berkumandang lagu We Will Rock You dan We Are The Champions. Bahkan Lady Gaga sendiri menamakan dirinya seperti itu karena terinspirasi oleh Queen dan lagunya yang berjudul Radio Ga Ga. Queen-lah yang layak sebagai band nomor 1 terbaik sepanjang masa.

2. The Beatles  

Siapa yang tidak kenal The Beatles? Band fenomenal yang dikenal seluruh penduduk bumi, bahkan kalangan muda saat ini yang notabene lahir lama setelah band itu bubar. John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan juga Ringo Starr pernah merasakan kesuksesan bersama The Beatles hingga awal tahun 1970. Lagu-lagu mereka yang juga fenomenal dikenal bagus dan enak sekali didengar. Kita pasti pernah mendengar lagu Hey Jude dan Yesterday, dan mungkin lagu-lagu hits mereka yang lain. The Beatles pada masanya sangat tenar, dan merupakan revolusi musik pada masa itu setelah Elvis Presley di tahun 1950-an. The Beatles sendiri terinspirasi dari Elvis Presley yang mereka anggap layak sebagai panutan akan musik mereka. The Beatles merupakan band yang pada saat terbentuk diisi oleh anak-anak muda berbakat di Liverpool.

The Beatles sangat menjadi salah satu band terbaik sepanjang masa. Karya-karya yang tercipta menginspirasi musisi-musisi setelahnya hingga pada saat ini. Musik yang khas, bergaya santai, keanggunan musik yang begitu luar biasa serta duet John Lennon dan Paul McCartney di hampir semua lagu mereka. Kekompakan John Lennon dan Paul McCartney dalam menciptakan hampir semua karya-karya The Beatles diakui sebagai duet pencipta lagu dan penyanyi terbaik di dunia. Kebanyakan lagu The Beatles diciptakan oleh Lennon dan McCartney yang terkenal khas dan hebat. Sifat John Lennon yang menunjukkan kritis dan sinis dipadukan dengan Paul McCartney yang lembut dan santai menambah ciri khas musik The Beatles sebagai band besar.

Pengaruh musik The Beatles begitu besar, permainan musik yang begitu menawan, serta kecerdasan seluruh personil dalam bernyanyi hingga menciptakan lagu membuat nama The Beatles layak menjadi salah satu band terbaik di dunia. Sangat disayangkan bila melewatkan lagu-lagu The Beatles dari daftar lagu favorit Anda. Keempat personil bisa bernyanyi dan punya ciri khas suara tersendiri, serta lagu-lagu yang mereka ciptakan pun sangat laris. Selain terkenal sebagai salah satu band terbaik, The Beatles juga diduga menyimpan banyak konspirasi, salah satunya konspirasi Paul McCartney.

Terlepas dari itu semua, kita patut merasa kurang bila tidak menempatkan The Beatles sebagai salah satu pengaruh musik dan inspirasi bagi kita. The Beatles layak dikenal dan dikenang, terlebih oleh seluruh karya yang menjadi warisan penting musik di dunia.

3. Led Zeppelin 

5 Band Terbaik Sepanjang Masa
Led Zeppelin terbentuk sekitar bulan September tahun 1968 di kota London, Inggris. Led Zeppelin yang terdiri dari Robert Plant sebagai vokalis, Jimmy Page sebagai gitaris, John Bonham sebagai drumer, dan John Paul Jones sebagai bassis. Kelengkingan suara Robert Plant diiringi dengan gitar keras Jimmy Page cukup membuat musik Led Zeppelin terdengar sangar, buas, ditambah aksi panggung yang liar dan berbahaya. Slogan sex, drugs, & rock ‘n roll adalah simbol rock ‘n roll yang dipopulerkan pada masa Led Zeppelin mulai menggebrak panggung demi panggung di masa kejayaannya. Led Zeppelin terkenal sangat berbahaya, di setiap konsernya cenderung terjadi seks bebas, mabuk-mabukan, kerusuhan, serta hal lain yang melambangkan keras dan kasarnya musik mereka.
Led Zeppelin menjadi musuh besar pers karena musik dan aksi panggung yang berbahaya di kalangan pemuda. Di setiap pertunjukan pasti ada saja perilaku seks bebas, alkohol, serta kerusuhan lainnya. Caci maki pers sering kali tertuju pada mereka. Tetapi masing-masing personil lebih memilih tidak menanggapi segala hal tentang cacian tersebut. Cacian tersebut semakin deras disebabkan juga perilaku sang drumer John Bonham yang sering memukul dan meludahi wartawan. Namun, musik dan lagu-lagu mereka bisa menjawab segala cacian tersebut, penikmat musik di seluruh dunia bahkan turut menikmati gelombang kerasnya musik mereka.

Led Zeppelin terdiri dari beragam unsur musik dalam setiap karyanya. Musik rock, blues, rock ‘n roll, jazz, musik India, musik Amerika Latin, pop, dan sebagainya bisa disajikan dalam setiap karya musiknya. Ditambah permainan gitar luar biasa dari Jimmy Page yang sangat merdu dan cepat dalam petikannya. Gebukan drum John Bonham juga menambah kehebatan musik Led Zeppelin yang dianggap sebagai awal terciptanya musik heavy metal. Alunan bass John Paul Jones menambah kesan hebat tersebut. Semuanya sangat lengkap dengan gairah penampilan Robert Plant ditambah suaranya yang keras dan kadang bisa lembut. Gairah rock ‘n roll begitu terasa melihat aksi Robert Plant dan band-nya, yang selalu melambangkan kerasnya musik rock selama masa kejayaan mereka. Led Zeppelin pantas sekali menjadi salah satu band terbaik sepanjang masa.

4. The Rolling Stones 

Band ini berdiri di London bulan Januari tahun 1962, jauh sebelum Queen terbentuk. The Rolling Stones yang kini terdiri dari Mick Jagger sebagai vokalis, Keith Richards sebagai gitaris, Charlie Watts sebagai drumer, dan Ronnie Wood sebagai instrumentalis dikenal sebagai awal baru musik rock ‘n roll yang keras dan fenomenal hingga saat ini. The Rolling Stones terkenal sebagai band yang sering berganti-ganti personil hingga personil tetap terdiri dari 4 orang. The Rolling Stones terkenal juga memiliki beragam aliran musik yang dimainkan dengan sangat menawan. Musik blues, rock, rock ‘n roll, dan blues rock disajikan dengan ciri khas sendiri, dengan suara Mick Jagger yang sangar namun santai dipadukan dengan alunan gitar Keith Richards yang seakan ikut bernyanyi. Paduan musik yang diberikan personil-personil The Rolling Stones yang pernah menjadi bagian memperkenalkan aliran rock ‘n roll yang keras dan memulai pertunjukan dengan berbagai kerusuhan.

The Rolling Stones yang terkenal asal-asalan dari segi penampilan para personilnya membuat gebrakan baru di dunia musik pada saat itu. The Rolling Stones dianggap bisa menyaingi The Beatles yang saat itu menjadi pendahulu mereka dengan musik-musik mereka yang akrab di telingan para pecinta musik saat itu. Kehidupan yang keras diisi dengan seks bebas, alkohol, narkoba, dan sebagainya mempengaruhi pecinta musik yang sangat mengidolai mereka. The Rolling Stones merupakan salah satu band yang sangat berbakat dan sangat menginspirasi.
The Rolling Stones sendiri masih aktif hingga kini meski personilnya sudah tidak muda lagi. Gaya blak-blakan mereka menambah kesan kasar terhadap musik rock ‘n roll yang disajikan mereka. Ketenaran, karya besar, pengaruh musik, serta kekasaran yang menjadi ciri khas membuat mereka selalu dikenang bagi para pecinta musik. Tidak salah jika saya memasukkan The Rolling Stones sebagai salah satu band terbaik sepanjang masa.

5. The Tielmans Brothers  

The Tielman Brothers adalah sebuahgrup musik asal Indonesia.Mereka adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess asal SemarangMusik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang diBelanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. The Tielman Brothers adalah yang band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones. The Tielman Brothers pernah tampil diIstana Negara JakartadihadapanPresiden Soekarno. Karier rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun1957 hijrah dan menetap diBreda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal diEropa, terutama Belanda. Di Indonesia sendiri, nama The Tielman Brothers masih menjadi nama yang asing, sebuah kenyataan yang sangat disayangkan. The Tielman Brothers dipercaya lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock sebelumThe Beatles. Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sangfrontman, bahkan dipercaya telah memopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan jauh sebelumJimi Hendrix,Jimmy Page atauRitchie Blackmore. Ada beberapa fakta yang sangat mengejutkan dari band ini. Jauh sebelum publik rock terpesona dan berdecak kagum dengan permainan gila gitaris Jimi Hendrix pada tahun 1967, salah satu personil TheTielman Brothers, Andy Tielman, sang frontman telah memulai teknik tersebut pada tahun 1956 atau 11 tahun sebelum Jimi Hendrix bereksperimen dengan gitarnya. Gaya Andy dan teknik gitarnya sangat memukau. Gitar yang dipetik menggunakan gigi, kaki, jauh mendahului Jimi Hendrix. Konon, Paul McCartney ternyata mengagumi band ini dan terinspirasi The Tielman Brothers sebelum The Beatles terkenal pada awal 1960-an. Maklumlah, The Tielman Brothers telah membawakan lagu-lagu rock n roll jauh sebelum The Beatles muncul. Saat The Beatles manggung pertama kali di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielmans Brothers yang manggung menggunakan Hofner Violin bass. Dan saat itulah untuk yang pertamakalinya Paul melihat Bass Violin Hofner. Andy Tielmans sang gitaris memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings. Fender sengaja mengirim representative-nya ke Jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.

Itulah 5 band yang menurut saya layak dianggap sebagai band terbaik sepanjang masa. Mungkin Guns N Roses, Deep Purple, Koes Plus, Black Sabbath, Van Halen, dan sebagainya juga turut menjadi bagian band-band terbaik sepanjang masa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon