Bebek Suwar Suwir Bale Raos

Wibi Alwi Surya Kuncoro 04.29.00
Bebek Suwar Suwir Bale Raos- Kita pasti pernah berandai-andai ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi raja dan ratu. Sekarang hal itu bisa saja kita dapatkan dengan mendatangi langsung Resto Bale Raos. Walaupun tak sepenuhnya bisa menjadi raja dan  ratu, tetapi paling tidak kita juga bisa menikmati makanan favorit mereka. Karena resto ini memang menawarkan semua makanan kegemaran para Raja dan Ratu di Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bebek Suwar Suwir Bale RaosResto ini masih berada diseputaran Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jl. Magangan Kulon 1, tepat bersebelahan dengan toko cinderamata Sarinah, dekat dengan Tamansari dan Pasar Burung Ngasem. Suasana keratonnya sangat terasa dan kental sekali. Sebagai contoh, sebelum memasuki area parkir restoran saja kita diwajibkan untuk mematikan mesin motor dan menuntun motor sampai area parkir. Tidak boleh dinaiki walaupun motor sudah dalam keadaan mati. Ini salah satu aturan yang memang ada dalam wilayah keraton.

Bebek Suwar Suwir Bale RaosMenu yang paling terkenal di resto ini adalah Bebek Suwar-Suwirnya, yang merupakan makanan favorit dari Sultan Hamengku Buwono IX. Bebek goreng yang kemudian dagingnya di iris-iris disajikan bersama dengan irisan nanas goreng dan saus kedondong parut yang dimasak bersama rempah-rempah. Sangat menggugah selera, rasa saus mampu mengimbangi aroma tajam daging bebek.
Selain Bebek Suwar-Suwir, ada banyak menu lain yang ditawarkan. Seperti Lombok Kethok (makanan favorit Sultan HB VII-IX), Semur Piyik (makanan favorit Sultan HB IX), Urip Urip Gulung (makanan favorit Sultan HB VII), Sanggar (makanan favorit Sultan HB VIII – HB X), Soup Timlo (makanan favorit Sultan HB X), Gecok Ganem (makanan favorit Sultan HB IX) dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk pilihan minumannya juga cukup banyak, yang paling terkenal adalah Beer Jawa kesukaannya Sultan Hamengku Buwono VIII, dan juga Es Camcau. 
Bebek Suwar Suwir Bale Raos

Resto yang buka dari jam 09.30 – 21.30 WIB (kecuali hari Senin hanya dari jam 09.30 – 15.00 WIB) mempunyai kapasitas lumayan besar, mampu menampung hingga 200 orang. Bale Raos mematok harga untuk makanan berkisar antara Rp 15.000 – Rp 44.000, sedangkan untuk minuman sekitar Rp 6.000 – Rp 12.000. Selain menikmati hidangan yang khas, pada hari-hari tertentu dapat dihadirkan live gamelan dan tarian jawa klasik (beksan), dan setiap Sabtu malam Bale Raos akan menyajikan live performance musik keroncongan. Benar-benar terasa nikmat menjadi raja dan ratu walaupun hanya semalam ditempat ini.

Specifications

  • Menu Andalan: Bebek Suwar-Suwir (Rp 20.000) & Beer Jawa (Rp 7.500)
  • Jam Buka: 09.30 – 21.30 (kecuali hari Senin jam 09.30 – 15.00)
  • Alamat Lokasi: Jl. Magangan Kulon 1, Kecamatan Kraton, Yogyakarta Telp.(0274) 415550

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon