Cara Membuat Jaringan LAN Sendiri

Wibi Alwi Surya Kuncoro 06.37.00
Cara Membuat Jaringan LAN Sendiri-Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Cara Membuat Jaringan LAN Sendiri

Karakteristik LAN sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

Teknologi LAN terdiri dari teknologi jabel (kawat terpilin, koaksial, fiber optik) atau teknologi nirkabel yang menghubungkan perangkat-perangkat computer individu, kartu-kartu jaringan (yang merupakan adapter khusus sebagai antar muka untuk kabel), dan perangkat lunak untuk mengendalikan aktivitas LAN.

Komponen LAN adalah NIC(network interface card), hub, konektor UTP(RJ-45), kabel UTP.
Fungsi dari setiap komponen:

NIC : media pengiriman data ke komputer lain, mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel, menerima data yang dikirim darui komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer.

Hub : menerima sinyal dari satu komputer dan mentransmisikannya ke komputer yang lain. Sebuah hub bisa active atau passive. Active hub bertindak sebagai repeater; ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yang diperkuat. Passive hub hanya bertindak sebagai kotak sambungan; ia membagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruhnetwork.

Kabel UTP : konektor RJ-45 berfungsi sebagai penyambung antara kabel UTP (Unsield Twisted Pair) ke Transceiver. RJ-45 dikhususkan penggunaannya untuk kabel UTP saja, biasanya konektor RJ-45 dan kabel UTP ini sering digunakan untuk keperluan jaringan komputer.

Wah jadi kepanjangan ya neranginya...hehehehe, Langsung saja sob, saya jabarkan langkahnya, semoga catatan online ini bermanfaat bagi para sobat yang baru mengenal dan akan melakukan setting wireless LAN di windows 7 sobat.

Perangkat yang dibutuhkan:

1. Dua buah Komputer / laptop / notebook (yang sudah terdapat wifi card, umumnya notebook/laptop sudah ada dari pabriknya) atau lebih.

2. Kabel Charger laptop (jika sobat menggunakan notebook/laptop) jika menggunakan baterai, dikhawatirkan lowbet pada saat pengaturan wifinya.

Cara membuat WIFI LAN di laptop Windows 7

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih caranya membuat LAN dan menyambungkannya laptop antar laptop. Maraknya orang yang mempunyai laptop saat ini, maka pasti akan jenuh jika bermain sendiri maka perlunya WIFI LAN ini, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan melalui WIFI LAN ini yaitu

  1. Dapat terhubung layaknya LAN kabel yang dipakai diwarnet.
  2. Menjadi sarana Multiplayer game bagi para gamer yang ingin bermain multiplayer seperti game Counter Strike, Warcraft, Dota, dan masih bnyak deh game Lan lainnya.
  3. Transfer data lebih mudah dan cepat
  4. Mampu menampung lebih dari 20 laptop tersambung dengan sistematis tentu kalau membuat dan membeli kabel LAN akan susah merakitnya, namun untuk WIFI LAN ini hanya diperlukan Laptop yang memiliki WIFI anda dapat terhubung dengan laptop lainnya.
Cara menghubungkannya akan sangat mudah sekali, marilah ke TKP dan perhatikan dengan seksama :

1. Pastikan anda menyalakan laptop anda dengan Windows 7
2. Pada taksbar bagian bawah terdapat wifi signal. click kiri lalu pilih Open Network and Sharing Center

Cara Membuat Jaringan Lan Sendiri

 3. Akan muncul kotak control panel, pada change your network setting pilih Set up a new connection network

Set up a new connection network

4. Pada bagian bawah terdapat Set up a wireless ad hoc (computer to computer) network
5.  Click next

Set up a wireless ad hoc




6.Isilah Ad hoc network anda sesuai dengan keinginan anda sendiri

- Name : Sesuai anda
- Security type : jika anda menggunakan pasword pakai WPA-2 Personal dan jika tidak pakai pasword anda pakai no autorizition

- Dan jangan lupa centang (V) save the network lalu clik next

WPA-2 Personal

7. Lalu Close dan lihat kembali signal wifi connection anda akan terlihat signal wifi yang anda buat.
8. Untuk laptop lain yang ingin conneksi ke laptop anda maka anda hanya konek layaknya hotspotan.

Ok, hanya ini yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan Cara Membuat Jaringan LAN Sendiri ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
3 Juni 2013 pukul 07.43 delete

Dear Mas Wibi,..
Mohon bantuannya...di kompleks saya biasa langganan jaringan kabel internet speedy..biasanya maksimal 7 rumah,..nah jaringan internet yg masuk kerumah saya dari kabel terkoneksi dgn port RJ45 lancar dan auto terkoneksi ...ke PC atau laptop,..tetapi ingin sekali saya sharekan dgn membuat sinyal wifi ke hp atau ke tablet...saya mempunyai perangkat wireles N ADSL2+modem router tetapi beberapa kali saya coba sinyal tertangkap gadget saya tetapi internet tidak bisa jalan...
mohon bantuannya..
terimakasih banyak atas jawabannya..

Reply
avatar
2 Juli 2013 pukul 23.01 delete

gan koq di hp saya jaringan wi-fi atau hotspot yang dibuat itu tidak terdeteksi ya ? bagaimana cara menampilkannya agar terdeteksi di hp atau playbook ?

Reply
avatar
4 Mei 2015 pukul 10.04 delete

Misi gan, izin share ya...

Wireless USB Adapter TP-Link + Antena
Price Rp 125.000

Deskripsi :
150Mbps wireless transmission rate
Provides two methods of operation: Infrastructure and Ad-Hoc
Quick Secure Setup, complies with WPS for worry free wireless security Supports 64/128-bit WEP
4dBi omni-directional antenna detachable Supports Windows 2000/XP/Vista OS
Seamlessly compatible with 802.11b/g/n devices




Terimakasih.... :)

Reply
avatar

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon