Perkembangan Internet dari dulu hingga sekarang

Internet
Internet pada awalnya adalah sebuah proyek yang diciptakan untuk kepentingan pribadi sebuah negara. Namun saat ini sudah menjadi halayak umum. Semua orang sudah dapat menggunakan internet secara umum. Hampir semua orang juga sudah dapat mengoperasikan internet. Adapula sekarang internet yang sudah dapat dinikmati secara gratis yang disediakan oleh umum.

Jumlah pengguna internet saat ini sudah semakin bertambah dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, perkembangan internet sangat pesat. Banyak juga dampak negatif dan positif yang disebabkan perkembangan internet ini. Oleh karena itu disini saya akan sedikit menjelaskan apa saja perkembangan internet dari dulu hingga sekarang.

Awal Mula Perkembangan Internet
Awal mulanya internet adalah sebuah proyek yang didirikan ARPA untuk mengintegrasikan jaringan komunikasi yang saling menghubungkan untuk keperluan sains dan militer. Hal ini dilatarbelakangi karena kejadian perang yang saat itu melanda pada tahun 1957. Seiring dengan perkembangan internet, mulailah dibuatnya sebuah sistem-sistem yang mendukung seperti Packet Switching yang memungkinkan untuk memecah paket data menjadi lebih kecil dan kirimkan ke tujuan.

Pada sebelumnya, proyek ARPANET hanya dapat menghubungkan 4 komputer saja. Namun dengan perkembangan, ada banyak lembaga seperti Universitas yang ingin ikut. Sehingga menambah lagi yang jadi 10 komputer yang terhubung. Lalu berkembang terus menerus hingga terjalinlah banyak situs atau komputer yang terhubung.

Lalu muncullah istilah TCP/IP yang dikenal hingga sekarang. TCP/IP ini menjadi protokol utama yang disepakati untuk saling terintegrasi satu komputer dengan lainnya. Setelah muncul TCP/IP, muncullah DNS. DNS adalah sebuah sistem yang memungkinkan sebuah IP digantikan dengan sebuah nama yang mudah diingat.

Setelah itu muncullah WWW yang menjadi perubahan besar. Dengan ini, muncullah beberapa website seperti email, online shop, ataupun sebagainya. Dengan ini, maka banyak perubahan-perubahan yang terjadi.

Saat ini perkembangan internet, masih terus berlangsung. Karena masih banyak yang perlu dikembangkan untuk keperluan-keperluan yang lain. Oleh karena itu, banyak yang masih mengembangkan internet untuk hal yang lebih baik. Saat ini juga, internet sudah banyak digunakan banyak orang untuk berbagai kebutuhan seperti siswa untuk mencari tugas. Lalu untuk keperluan pendidikan yang memberikan e-learning. Atau untuk para pebisnis mengenalkan produk mereka melalui internet.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Internet dengan judul Perkembangan Internet dari dulu hingga sekarang. Anda boleh mengcopy pastenya namun tetap menaruhkan link aktif dengan URL berikut http://wibialwis.blogspot.com/2013/02/perkembangan-internet-dari-dulu-hingga.html. Jika artikel ini bermanfaat maka bagikan ke teman-teman Anda. Terima kasih!

0 comments "Perkembangan Internet dari dulu hingga sekarang", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, tinggalkan komentar yang sifatnya dapat membangun diskusi antar sesama blogger. Terima Kasih