Cara Keluar Dari Googel Sanbox

Wibi Alwi Surya Kuncoro 05.31.00
Cara Keluar Dari Googel Sanbox-Untuk kita blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah google sandbox, atau mungkin juga sobat pernah mengalami google sandbox.. Memang sangat menjengkelkan ketika kita sudah berusah keras siang & malam mengoptimasi salah satu artikel dengan kata kunci yang sudah kita targetkan, akhirnya harus terperangkap & masuk ke google sandbox..kerja keras kita menjadi sia" saja semuanya..



Hal ini juga yang saat ini sedang saya alami, saya jadi lebih yakin bahwa artikel saya benar" terkena google sandbox, setelah saya mengecek langsung mempergunakan sebuah tools Google Sandbox Checker Tool, Setelah saya memasukkan URL blog saya & kata kuncinya di kolom yang sudah di sediakan, setelah beberapa saat keluar pemberitahuan kalau blog saya sedang terkena google sandbox, seperti ini penjelasannya

Tapi saya tidak akan pernah menyerah begitu saja, kejadian ini saya anggap sebagai sebuah tantangan dan menjadi pengalaman buat saya agar ke depannya bisa lebih mengerti ketentuan" yang diterapkan google. Untuk itu dengan niat & tekad yang kuat saya berusaha mencari cara keluar dari google sandbox dengan googling di google & alhamdullilllah saya mendapatkan beberapa sumber yang bisa menjelaskan apa itu google sandbox & bagaimana cara keluar dari goole sandbox. Ternyata memang banyak juga blogger yang mengalami hal yang demikian..

Tapi sebelum saya lanjutkan, saya jelaskan terlebih dahulu apa itu google sandbox. Berdasarkan situs yang selalu menjadi referensi saya "wikipedia", terdapat penjelasan seperti ini..

The Sandbox (a.k.a. Sandboxing or the sandbox effect or the Google penalty) is a name given to an observation about the way Google ranks web pages in its index. It is the subject of much debate—its existence has been written about since 2004 but not confirmed, with several statements to the contrary. (sumber wikipedia)

Mudah-mudahanan ke depannya google bisa lebih terbuka dengan membuat pernyataan resmi tentang hal ini dengan sejelas jelasnya agar kita blogger tidak harus kebingungan lagi dengan menerka nerka & mengambil kesimpulan sendiri..


Apa penyebab artikel masuk ke dalam google sanbox..!!?

Setelah sempat menganalisa artikel saya yang terkena google sandbox & dari beberapa sumber referensi lainnya , saya bisa sedikit menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah

1. Optimasi yang terlalu berlebihan..

Ini merupakan penyebab utama terkena google sandbox, misalnya terlau banyak berkomentar di blog lain/harinya atau terlau sering submit artikel ke situs sosial boomark & jejaring sosial seperti di facebook & twitter atau bisa juga karena terlalu sering melakukan ping..Yang jelas optimasi apapun secara berlebihan bisa di anggap apam oleh google, jadi sebaiknya kita memang harus lebih berhati hati dalam melakukan optimasi, upayakan optimasi sewajarnya saja agar di anggap natural oleh google..

2. Pengulangan kata kunci yang berlebihan

Menurut pengamatan saya ini juga menjadi salah satu penyebab artikel saya terkena sandbox. Pengulangan kata kunci di dalam sebuah artikel memang di perlukan untuk optimasi secara SEO, tapi jika terlalu banyak melakukan pengulangan kata kunci bisa menyebabkan google mengganggap itu sebagai spamming & google sangat tidak menyukai hal tersebut..

3. Mendapatkan backlink secara berlebihan..


Kita pasti menginginkan jika web/blog kita mempunyai backlink yang banyak, tapi jika kita melakukan & mendapatkan dengan jumlah banyak dalam satu waktu yang singkat, pasti google akan curiga & menganggap itu sebagai link spam, seperti pernyataan dari wikipedia yang menyebutkan..

Google has long been aware that its historical use of links as a "vote" for ranking web documents can be subject to manipulation, and stated such in its original IPO documentation. Over the years Google has filed a number of patents that seek to qualify or minimise the impact of such manipulation, which Google terms as "link spam".
Link spam is primarily driven by search engine optimizers who attempt to manipulate Google's page ranking by creating lots of inbound links to a new web site from other web sites that they own. Some SEO experts also claim that the sandbox only applies to highly competitive or broad keyword phrases, and can be counteracted by targeting narrow, or so-called long-tail phrases (sumber wikipedia)

Setelah saya terjemahkan kira" seperti ini artinya..

Google telah lama menyadari bahwa penggunaan historisnya link sebagai "suara" untuk dokumen web peringkat dapat menjadi subyek manipulasi, dan menyatakan dalam dokumentasi seperti IPO aslinya. Selama bertahun-tahun Google telah mengajukan beberapa paten yang berusaha untuk memenuhi syarat atau meminimalkan dampak dari manipulasi tersebut, yang Google istilah sebagai "spam link".
Spam link terutama didorong oleh pengoptimalan mesin pencari yang berusaha untuk memanipulasi peringkat halaman Google dengan menciptakan banyak inbound link ke situs web baru dari situs web lain yang mereka miliki. Beberapa ahli SEO juga mengklaim bahwa sandbox hanya berlaku untuk frase kata kunci yang sangat kompetitif atau luas, dan dapat menetral dengan menargetkan sempit, atau disebut ekor panjang frase.

Berdasarkan pernyataan dia atas kita bisa menyimpulkan bahwa google memang sangat tidak suka jika kita melakukan/mendapatkan backlink secara berlebihan (spam link) & kita di anggap memanipulasi dalam memperoleh peringkat di google

Jadi kalau menurut pengamatan & analisa saya ke 3 point tersebut yang menyebabkan artikel saya terkena sandbox..

Lalu kira" bagaimana  cara kita agar terlepas dari perangkap google sandbox..!!?

Setelah melakukan googling kesana kemari, akhirnya saya mendapatkan beberapa cara yang di anjurkan oleh teman" blogger lain & bisa saya simpulkan seperti ini..
Berdasarkan pernyataan dia atas kita bisa menyimpulkan bahwa google memang sangat tidak suka jika kita melakukan/mendapatkan backlink secara berlebihan (spam link) & kita di anggap memanipulasi dalam memperoleh peringkat di google

Jadi kalau menurut pengamatan & analisa saya ke 3 point tersebut yang menyebabkan artikel saya terkena sandbox..

Lalu kira" bagaimana  cara kita agar terlepas dari perangkap google sandbox..!!?

Setelah melakukan googling kesana kemari, akhirnya saya mendapatkan beberapa cara yang di anjurkan oleh teman" blogger lain & bisa saya simpulkan seperti ini..

1. Mengurangi aktifitas seperti pada ke 3 point yang sudah saya sebutkan di atas..

Sebaiknya kita memang mesti mengurangi segala macam optimasi agar tidak berdampak lebih buruk terhadap artikel kita..Lebih baik kita memfaatkan waktu untuk mencari jalan keluar dari google sandbox terlebih dahulu, karena jika sudah terlepas dari perangkap sandbox otomatis artikel postingan kita akan kembali tampil si halaman depan search engine google..

2. Melakukan evaluasi & pengeditan..

Jika kita sudah mengetahui penyebab dari google sandbox, berarti sudah bisa memulai evaluasi terhadap artikel yang terkena sandbox tersebut dengan mencari kesalahan" yang mungkin ada & lakukan pengeditan pada artikel tersebut dengan menambahkan atau mengurangi beberapa kalimat di artikel tersebut & mengurangi penumpukan kata kunci..

3. Tetap Mengupdate konten

Kita semua pasti tahu,jika google sangat menyukai artikel yang fresh, dengan tetap melakukan update konten google akan lebih sering mampir & merayapi halaman di web/blog kita & akan menganggap web/blog kita bisa memberi informasi yang bermanfaat & itu akan berdampak sangat baik di untuk blog kita..

4. Membuat artikel dengan tema google sandbox.

Sebaiknya persiapkan juga sebuah artikel yang membahas tentang google sandbox, contohnya seperti artikel ini. Di dalam artikel sebaiknya jangan lupa memberikan internal link ke artikel yang terkena google sandbox &i external link ke google.co.id & google.com serta ke wikipedia & Google Webmaster Guidelines. lalu submit artikel dengan tema sandbox tersebut ke add url google

5. Submit ulang sitemap web/blog anda

Upaya ini kita lakukan agar search engine google kembali merayapi semua halaman web/blog kita & ping halaman utama web/blog anda..

6. Berdo'a..

Langkah terakhir yang sebaiknya anda lakukan adalah memperbanyak berdo'a  agar artikel kita bisa segera terlepas dari perangkap google sandbox, jangan pernah mengangap remeh do'a, karena doa sudah terbukti sangat ampuh mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

Oke sobat, sekian dulu artikel Cara Keluar Dari  Google Sandbox. Mudah"an bermanfaat & artikel yang ada diblog saya ini yang sekarang sedang terkena google sandbox bisa segera keluar dari perangkap tersebut..

Sumber Referensi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon