Memilih Tablet Branded Dan Lokal

Memilih Tablet Branded Dan Lokal-Penjualan perangkat pintar seperti smart phone dan tablet menurutprediksi Gartner pada tahun ini akan meningkat menjadi 1,2 Milyar diseluruh dunia, angka tersebut naik 821 juta perangkat yang diprediksi di tahun ini.

Gartner pun memprediksi bahwa 70 persen dari total penjualan perangkat pada tahun 2012 akan menjadi perangkat pintar yang merupakan smartphone dan tablet. pada 2016, dua pertiga pekerja mobile akan memiliki smartphone, dan 40 persen dari pekerja akan mobile.

Booming pengunaan tablet karena dipicu agresifitas vendor branded maupun lokal akan merilis tablet yang semakin beragam baik dalam fitur maupun harga. Kini, keberadaan tablet bisa diandalkan pengguna mobil sebagai asisten pribadi karena mampu memberikan kemudahan dalam melakukan beragam aktifitas pekerjaan seperti browsing internet, membaca buku atau majalah digital, sosial media, bermain game, presentasi serta memeriksa dan mengirim email dimanapun dan kapanpun. Nah, karena saat ini pilihan tablet begitu beragam, berikut ini tips memilih tablet brended/lokal :

Memilih Tablet Branded Dan Lokal
1. Harga

Kompetisi penjualan tablet secara global kian memanas karena banyaknya vendor yang bermain di industri ini dengan beragam tipe tablet, fitur, sistem operasi, prosesor, koneksi, dan lain sebagainya. Umumnya vendor branded menawarkan tablet dengan harga yang cukup menguras kantong yaitu dikisaran harga Rp 3 jutaan sedangkan vendor lokal umumnya menawarkan tablet dengan harga yang lebih koperatif yaitu dengan menawarkan harga kurang dari Rp 2 Juta. Nah, harga akan menjadi patokan dalam membeli tablet, jadi sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda.

2. Desain, Ukuran dan Bobot

Beragam tablet terbaruyang dirilis vendor branded dan lokal membuat pengguna harus bijak dalam memilih tablet. Faktor desain, ukuran dan bobot tabletharus disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Umumnya tablet digunakan oleh pengguna moble, sehingga pilihlah tablet yang simpel, berukuran sedang serta bobot yang ringan. Selain itu al lain yang harus diperhatikan material tablet, pilihlah material tablet yang tahan guncangan, anti debu dan air menginggat penggunaan tablet yang mobile akan rentan terhadap kondisi tersebut.

3. Sistem Operasi

Tablet terbaru yang dirilis vendor branded maupun lokal umumnya sudah mengadopsi sistem operasi terbaru. Untuk vendor branded seperti Apple telah merilis OS terbarunya iOS6 di produk ipad mini, dan kolaborasi googel dan Asus telah melahirkan Nexsus 7 yaitu tablet pertama dengan OS Android v4.1 Jelly Bean. Sementara untuk tablet yang dirilis untuk vendor lokal umumnya masih mengandalkan sistem operasi Android Ice Creame Sandwich, namun vitur yang dihadirkan lebih beragam dibanding dengan tablet besutan vendor branded, biasanya fitur yang dibenamkan adalah vitur TV analog, fitur telepon dan fitur SMS.

4. Prosesor


Performa an kinerja tablet ditentukan oleh prosesor yang digunakan sehingga prosesor disebut sebagai otaknya tablet. Semakin tinggi prosesor yang digunakan tentunya akan mempercepat performa kinerja tablet dalam menjalankan menu dan aplikasi. Untuk mendapatkan kualitas performa mumpuni, pilihlah tablet dengan kecepatan prosesor tertinggi. Berikut jenis prosesor tablet yang beredar di pasar tanah air :
  •  EXYNOS
  • TEGRA
  • SNAPDRAGON
  • MEDIATEK
5. Fitur

Fitur tablet Lokal maupun branded umumnya menghadirkan fitur yang sama diantaranya adalah
  • Jaringan Wifi dan HSDPA
  • Fitur telepon dan SMS (untuk vendor likal)
  • Dual kamera umumnya diatas 1.3 megapixsel
  • bentang layar 7 inchi-10 inchi, teknologi capasitive multitouchscreen
  • OS Android Jelly Bean (Untuk Vendor Branded), OS Android Ice Cream (Umumnya tablet yang dirilis oleh vendor lokal)
  • Prosesor 1 GHZ
  • Tv Analog, biasanya tersedia pada tablet besutan vendor lokal
  • Audio player, vidio player
  • Social networking, chatting apps
  • Game
  • Kapasitas memori internal besar
  • Audio jack universal 3.5 mm
  • Kapasitas baterai < 4000 mAH
6. Koneksi

Konektifitas tablet yang ditawarkan vendor lokal lebih beragam umumnya sudah dilengkapi fitur telepon dan SMS. Sementara untuk vendor branded umumnya hanya menawarkan koneksi wifi.

7. Kapasitas Memori

Kapasitas memori menjadi hal yang sangat krusial bagi tablet, karena ragam fitur multimedia yang dibenamkannya bermuara pada kapasitas memori. Semakin besar memori tablet yang dihadirkan maka akan mempermudah kinerja ponsel serta mampu menampung jumlah data yang cukup banyak. Umumnya tablet yang beredar saat ini, sudah dibekali kapasitas memori internal besar serta dilengkapi slot memori eksternal besar pula.

8. Baterai

Tablet besutan branded dan lokal suah menawarkan kapasitas baterai sehingga dapat menghasilkan daya tahan mumpuni, menggingat fitur yang dibenamkan sanggat  beragam. Dipasaran, tablet yang dirilis oleh vendor branded dan lokal umumnya sudah memiliki kapasitas besar yaitu diatas 4000 mAh.

9. Paket Penjualan


Untuk menarik minat konsumen, biasanya vendor branded maupun lokal menghadirkan promo, diskon serta harga spesial dengan beragam bonus baik dihadirkan dalam pameran maupun program bundling dengan operator. Nah kesempatan inilah yang harus diperhatikan oleh calon pengguna karena dengan demikian akan memperkecil budget yang akan dikeluarkan.

10. After Sales Service

Calon Pengguna tablet harus mengetahui After Sales Service atau layanan purna jual di tablet yang akan digunakannya. lokasi atau titik-titik After Sales Service terdekat dengan keberadaan lokasi pengguna, tenttunya akanmenjadi keuntungan tersendiri, karena akan mudah ketika tengah mengalamii masalah dengan tabetnya.

Rekomendasi dari saya dalam memilih tablet branded maupun lokal adalah sebagai berikut :

1. IMO Z6
2. New Smartfreen Andro Tab 7.0
3. Googel Nexsus 7
4. iPad Mini versi 16 GB
5. Samsung Galaxy Tab 10.1 (Versi 32 GB)

Nah, itulah cara memilih tablet berbranded ataupun tablet buatan lokal Indonesia, silahkan anda pilih mau yang lokal atau yang branded. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda..hehe, Semoga bermanfaat dan salam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon