Tips Cerdas Memilih Tablet Game

Tips Cerdas Memilih Tablet Game-Tak hanya sekedar sebagai alat komunikasi semata, sejatinya kemunculan tablet dengan segala fungsionalitasnya dapat mengantikan beberapa produk sekaligus. tablet dapat menggantikan fungsi notebook sebagai perangkat yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan kantor, tugas sekolah dan lain-lain. Sebagai media hiburan, tablet dapat mengantikan fungsi media player seperti vidio player, mp3 player, radio, atau tv analog.

Tips Cerdas Memilih Tablet Game
Tak hanya itu untuk membunuh waktu lusang, tablet juga bisa dijadikan teman bermain game. Meskipun tidak sepenuhnya, sedikit banyaknya tablet tablet dapat menggantikan fungsi PSP atau konsol game lain yang biasanya menemani anda disaat bermain game. saat ini banyak sekali tablet yang beredar di pasaran. Dengan segala kelebihan yang dimiliki terkadang membuat anda sebagai konsumen merasa binggung tablet mana yang layak jadi pilihan.

Saat anda memilih tablet game pastinya anda akan melihat terlebih dahulu spek apa yang dimiliki oleh tablet. Lalu spesifikasi tablet seperti apakah yang anda butuhkan supaya anda dapat nyaman bermain game di tablet kesayangan? nah dibawah ini penulis berikan beberapa kriteria dan persyaratan supaya anda dapat memilih dengan tepat tablet game. yuk, kita simak....

1. Kemampuan Procesor dan Grafis

Masalah Prosecor dan grafis punya peran penting yang bisa dijadikan klasifikasi untuk menentukan sebuah tablet game. Apabila untuk menjalankan game HD atau game hig-end. Tentu saja dibutuhkan dukungan chip procesor dan grafis yang mempuni. Game-game kelas atas biasanya butuh chipset/GPU dan sejenisnya Adreno 205, PowerVR SGX540 atau Nvidia GeForce (Nvidia Tegra). Sebuah GPU yang Oke secara langsung bertanggung jawab terhadap game play yang halus, frame rate yang tinggi, dan perpindahan antara scene yang stabil.

Game-game berbasis 3D tampil maksimal apabila perangkat dibenamkan GPU yang mantap. karena smartphone/tablet yang disuport GPU yang tinggi yang dapat mengeksekusi tampilan visual atau game 3D lebih baik dibanding perangkat yang mengunakan GPU berklasifikasi rendah Apabila dipaksa pun hasilnya tidak akan maksimal dan game 3D akan berjalan sangat lambat.
Dari sisi procesor, minimal 1 GHz dengan kriteria berbeda pada masing-masing game. Lebih baik lagi apabila sang tablet sudah support dual core apabila yang quard core. Dipastikan tablet tersebut dijamin lancar dalam memainkan beragam klasifikasi game. Seperti halnya kebutuhan untuk game 3D dan high-end, para vendor tablet telah menaruh chipset GPU yang handal dan berklasifikasi tinggi. Apabila tablet hing-end macam ipad yang dibekali kemampuan quard core graphic. Sehingga punya performa grafis mumpuni dan mampu menghasilkan visual game yang nyata dan menakjubkan layaknya perangkat konsol game atau game PC.

2. Kapasitas RAM dan ROM

Sebuah tablet game juga pastinya butuh memori yang cukup besar untuk mendukung tampilan grafis yang oke punya. Kapasitas RAM an ROM yang diperlukan juga harus mendukung. Supaya tampil oke, amunisi RAM dan ROM sebesar 1 GB jadi faktor yang harus diperhatikan. Dan rata-rata memang tablet high-end telah menyediakan dukungan spesifikasi yang cukup supaya hadir dengan tampilan grafis dan kualitas yang menawan.
Hampir sama dengan kualifikasi yang ada untuk memainkan game0game high en. Game 3D membutuhkan memori yang cukup besar apalagi dengan dukungan grafis dan tampilan yang lebih baik dibanding game-game dikelas menengah.

3. Resolusi Layar Tinggi (High Definition)

Sebenernya resolusi layar tidak terlalu menjadi faktor penentu. Namun tentu saja resolusi layar apabila sudah sekelas layar HD akan menampilkan tingkat kedalaman, ketajaman dan detail warna lebih real. Layar True HD beresolusi 720 x 1280 piksel nyatanya sangat memberikan kenyamanan saat anda sedang asyik bermain bersama tablet. Atau resolusi yang dimiliki ipad 3 karena sudah mengadopsi 1536 x 2024 piksel, rasanya game akan tampil lebih karya warna, jelas dan sangat memanjakan mata pengguna.

Untuk menampilkan tampilan game yang lebih kaya akan warna, maka resolusi layar yang dipakai jelas halus lebih baik. Paling tidak bisa mencapai ukuran HD semisal resolusi layar 800 x 1280 piksel atau 768 x 1024 piksel. Dari segi kedalaman warna, rata-rata harus berkekuatan 256 ribu warna. Atau malah lebih baik dengan 16 juta warna sehingga tablet dapat mengakomodir kemampuan bermain game secara apik.

4. Tersedia Port HMDI

Meskipun anda sudah menggunakan tablet yang paling lebar, rasa tidak puas tetap saja ada. Untuk gamer yang tidak puas dengan luasnya pandangan sangat memainkan di perangkat tablet. Dapat memainkan di perangkat HDTV. Dukungan terhadap port HMDI yang berfungsi untuk memindahkan tampilan game ke TV layar lebar (LCD TV) sangat diperlukan. Sayangnya memang untuk tablet branded harganya masih cukup mahal. Namun banyak juga pemain-pemain tablet lokal yang sudah berani memasang port HDMI dalam tablet besutanya. Beberapa tablet lokal yang sudah memasnag port HMDI diantaranya Moviemax P3, Tabulet Beat Duos, Cyrus Atom Pad atau IMO tab Z5.

5. Dukungan Vendor  Game

Faktor lain yang juga penting adalah dukungan vendor game. Yaitu adanya dukungan dari pembesut game ternama macam gameloft ataupun EA seperti yang dilakukan oleh Cryus dan IMO lewat lini produk Cyrus gamepad Honey, Cyrus Atompad dan IMO. Disini Cyrus bekerja sama dengan pihak Gameloft untuk menyertakan 10 game HD pada beberapa lini produknya. IMO sendiri memiliki tablet IMO Tab Z5 yang juga dibundling dengan game besutan Gameloft yakni Real Football 2012.

6. Dukungan Dolby Mobile

Game-game level menengah biasanya tak hanya menampilkan grafis yang menawan sehingga tampilanya terlihat baik. Namun game-game ini juga membutuhkan dukungan suara yang memadai sehingga suara yang keluar saat bermain game terasa lebih real. Untuk itu lebih baik dibutuhkan tablet yang telah mendukung peningkatan suara audio lewat fitur Dolby Mobile atau sejenisnya. Atau seperti yang dimiliki oleh beberapa tablet Samsung dengan kehadiran DNSe sound enhancement.

7. Kapasitas Baterai.

Baterai Menjadi hal yag krusial dalam mencari sebuah tablet game. Kosumsi baterai jadi lebih boros seiring dengan seringnya Anda bermain game di tablet. Makin besar kapasitas baterai yang dimiliki tentu saja lebih baik. Minimal kapasitas baterai diatas 4000-5000 mAh sehingga Anda tidak perlu terus menerus melakukan charger tablet.

Berikut Tablet yang bisa dijadikan referensi dalam memainkan game-game handal, antara lain.

1. Samsung Galaxy Note 10.1
2. Googel Nexus 7
3. New Ipad Wifi 4G
4. Cyrus GamePad Lily
5. IMO Tab Z5

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis tentang Tips Cerdas Memilih Tablet Game , kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Atau kalau ada rekomendasi yang lain bisa ditulis dikomentar. Semoga bermanfaat dan salam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon